Home Mahasiswa Belajar

5 Jurus Memilih Prodi Impian Jelang SNMPTN 2016

928
BAGIKAN

Selain menyiapkan ujian nasional (UN), saat ini siswa-siswi kelas XII SMA/sederajat mulai disibukkan dengan persiapan masuk perguruan tinggi. Apalagi, pekan depan pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 sudah mulai dibuka.

Jelang SNMPTN, tak semua siswa sudah mantap dalam menentukan pilihan, baik jurusan maupun perguruan tinggi. Bagi yang masih merasakan hal tersebut, tak usah khawatir. Berikut ini tim unjkita.com berikan beberapa jurus ampuh bagi kamu untuk membantu menentukan pilihan di SNMPTN 2016.

1. Minat dan Ketertarikan

Di perguruan tinggi, kamu akan mempelajari secara spesifik jurusan atau prodi yang dipilih. Oleh karena itu, ketahuilah passion dan minatmu. Pilih prodi yang bisa menyalurkan potensi yang dimiliki, sehingga dalam kurun empat tahun masa studi kamu tak merasa menyesal atau salah jurusan. Masa kuliah akan menyenangkan jika dapat mempelajari hal yang disukai.

2. Detail Prodi dan Universitas

Setelah menentukan prodi yang diminati, cari tahu informasi mengenai kampus yang menyediakan prodi tersebut. Cek akreditasi perguruan tinggi, maupun prodinya. Pertimbangkan juga letak kampus, apakah kamu harus kos atau tidak. Jika punya kenalan senior atau saudara yang berkuliah di sana, kamu juga bisa menanyakan secara rinci untuk menambah informasi, seperti dosen-dosen, lingkungan kampus, serta lulusannya.

Baca Juga :

5 Program Studi Saintek Yang Paling Diminati di UNJ

5 Program Studi Soshum Yang Paling Diminati di UNJ

3. Biaya Kuliah

Biaya kuliah adalah salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan sebelum mendaftar kuliah. Saat ini pemerintah maupun swasta banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Jika mengalami kesulitan dalam pembiayaan kuliah, segera cari tahu program pemerintah, baik bidikmisi atau beasiswa lainnya.

4. Konsultasi

Sebelum mengambil keputusan, konsultasikan pilihanmu kepada guru dan orangtua. Dengarkan nasihat dan masukan-masukan dari mereka. Ingat, peminat SNMPTN sangat banyak sehingga kamu harus bijak dalam memilih jurusan dan kampus yang memungkinkan dan sesuai dengan kemampuanmu.

5. Prospek Karier

Dalam memilih prodi, pastikan jurusan tersebut punya prospek karier menjanjikan saat kamu lulus nanti. Tidak bisa dimungkiri saat ini persaingan kerja semakin ketat sehingga apa pun jurusan yang diambil harus dijanani secara maksimal supaya bisa memberi nilai tambah saat berburu kerja nanti.

Itulah lima jurus memilih prodi jelang SNMPTN UNJ 2016. Ada yang semakin tertantang untuk menjadi bagian dari mahasiswa UNJ? Saatnya dari sekarang perbanyak belajar dan berdoa, agar Tuhan memberikan program studi yang terbaik untuk kamu.

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.