Home Inspirasi 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Relawan

5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Relawan

473

Satu dekade ini banyak banget kegiatan sosial yang diinisiasi oleh anak muda. Gak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia anak muda berlomba-lomba menjadi pelopor kegiatan membantu orang lain.

Pernah dengar sociopreneur? yup simpelnya adalah gabungan dari social dan entrepreneur. Sekarang anak muda gak di dorong hanya memperkaya diri dengan menjadi entrepreneur, tetapi melalui sociopreneur mereka juga harus memberikan dampak sosial yang baik bagi lingkungan di sekitarnya.

Situasi seperti ini telah membuat habit baru bagi anak muda zaman now untuk banyak terlibat dalam kegiatan kerelawanan. Banyak banget lho manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika beraktifitas menjadi relawan. Ada banyak manfaat dan pengalaman hidup tak terlupakan yang hanya bisa kamu dapatkan ketika menjadi relawan. Apa aja tuh?

Hidup Lebih Bahagia

“Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu jam, tidur siang. Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu hari, pergilah memancing. Jika kamu menginginkan kebahagiaan untuk satu tahun, terimalah warisan. Jika kamu ingin kebahagiaan seumur hidup, bantulah seseorang.” Begitu kata sebuah pepatah Tiongkok.

Kebahagiaan gak selalu bicara soal materi sob. Kebahagiaan juga dapat kamu dapatkan dengan cara menjadi relawan. Kata “terima kasih” yang terucap tulus dari orang-orang yang kamu bantu akan memberikan semangat & kebahagiaan yang luar biasa.

Jaringan Manusia Langit

Apapun kegiatanya jaringan adalah salah satu manfaat yang didapatkan. Namun jaringan kerelawanan yang kamu dapatkan kualitasnya tentu sangat spesial.

Jaringan ini adalah kumpulan manusia-manusia langit yang rela meluangkan waktunya untuk berkorban & berbagi kepada orang lain

Biasanya relawan adalah orang-orang yang disiplin, peka rasa, dan punya pemaknaan hidup yang sangat dalam. Mereka juga siap bahu-membahu bersamamu di waktu sulit. Simpelnya jaringan ini siap bersamamu dalam suka dan duka.

Sehat Fisik & Mental

Dalam dunia kesehatan, penelitian menyebutkan orang orang tua yang tetap meluangkan waktunya menjadi relawan akan mempunyai fungsi fisiologis tubuh yang menjadi lebih baik, awet mudah, dan lebih sehat.

Kesehatan yang mereka dapatkan diakibatkan dari rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu oranglain.

Karena faktanya, berfikir positif akan mempengaruhi hormon dan membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas. Investasi yang cukup menggiurkan kan, kamu bisa mendapatkan kesehatan batin, baik dia masa muda atau di masa tua.

Pengalaman Berharga, dan Melihat Perspektif Baru

Relawan Banjir Pacitan Dompet Dhuafa

Ketika kamu menjadi relawan, kamu akan menjalani aktivitas yang sangat berbeda dengan keseharian. Jika kamu menjadi relawan kebencanaan, kamu akan merasakan langsung bagaimana hidup sulit di pengungsian, makan seadanya di dapur umum, merasakan kekeringan air, tidur di tempat yang tak nyaman dan tentunya berinteraksi dengan para korban.

Pengalaman-pengalaman yang hanya bisa kamu dapatkan ketika menjadi relawan ini akan memberikanmu perenungan yang mendalam dan perspektif baru dalam menghadapi persoalan hidup yang akan datang.

Melatih Diri Menjadi Orang Baik

Kegiatan kerelawanan adalah aktivitas yang baik, bersama orang-orang baik, tujuan yang baik, dengan harapan menghasilkan yang baik-baik pula.

Sifat-sifat mulia seperti pengorbanan, keberanian, kejujuran, dll akan ditempa selama kamu mengikuti kegiatan kerelawanan. Seorang relawan pasti telah berani meluangkan waktu, mengorbankan kenyamananya, bahkan tak jarang relawan turut juga berdonasi harta.

Mengikuti kegiatan menjadi relawan adalah proses diri kamu untuk menjadi lebih baik. Semakin banyak kegiatan yang kamu ikuti akan membuat karaktermu semakin matang dan dewasa. Siap menjadi lebih baik?

Gimana bermanfaat bangetkan? terus dimana kamu bisa mencari kegiatan kerelawanan? kamu bisa langsung cari tahu ke website komunitas/yayasan yang kamu ingin ikuti kegiatanya, atau kamu bisa cek website crowdsourcing kerelawanan seperti indorelawan.

“Suatu bangsa tidak akan maju sebelum ada diantara bangsa itu segolongan guru yang suka berkorban untuk keperluan bangsanya!” M.Natsir

Komentar Kamu?