Home Mahasiswa Komunitas

Merajut Inspirasi Bersama Lingkar Inspirasi UNJ

2369
BAGIKAN

Komunitas Lingkar Inspirasi UNJ lahir dari sebuah kegamangan. Lingkar Inspirasi UNJ hadir dari sebuah keinginan atas perubahan. Berawal dari keresahan empat orang perempuan terhadap kapasitas diri yang dimiliki mahasiswa UNJ, juga atas dasar keinginan perbaikan terhadap generasi berikutnya.

Mahasiswa UNJ harus berprestasi. Mahasiswa UNJ harus punya kapasitas keilmuan. Begitulah dua kalimat yang menjadi ‘pegangan’ mereka. Hingga akhirnya kesepakatan dibuat, komunitas Lingkar Inspirasi UNJ. Keempat perempuan itu adalah Ervina Maulida (FE 2009), Sarah Saskia (FIP 2008), Mimi Nurhajizah (2008), Cakti Woro Andini (FIP 2008) dan Evi Syahida (FMIPA 2009) yang tak lain dan tak bukan merupakan co-founder komunitas Lingkar inspirasi UNJ.

Start To Inspire
Start To Inspire

Tepat pada tangal 14 April 2014 diadakan peluncuran komunitas yang dibarengi dengan seminar beasiswa bekerjasama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Ketua umum pertama terpilih, yaitu Ervina Maulida. Acara ini sukses menghadirkan ratusan peserta, melejitkan nama Lingkar Inspirasi (LI) untuk kali pertama. Saat itu juga LI mengadakan open recruitmen anggota. Keanggotaan LI bersifat terbuka. Mereka yang tertarik bergabung, cukup mendaftarkan dirinya di narahubung yang telah diberikan. Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan antara lain kelas simulasi TOEFL dan essay coaching clinic.

Seminar Beasiswa LPDP

 

Berlanjut di tanggal 19 September 2014, LI mengadakan kegiatan bernama Training Potensi Diri.  Acara ini dimaksudkan agar mahasiswa UNJ khususnya para mahasiswa baru mengetahui potensi dirinya untuk dapat dikembangkan. Tak ayal, ratusan maba menghadiri acara yang digelar di Aula Perpustakaan UNJ tersebut. Sebulan berselang, pada pertengahan Oktober 2014, tonggak kepemimpinan LI dialihkan dari Ervina Maulida ke Evi Syahida.

Setiap dua pekan sekali LI mengadakan kumpul guna berbagi info mengenai peluang kompetisi, sharing kisah inspiratif dan lain sebagainya. Kegiatan besar LI berlanjut pada Januari 2015 yaitu Festival Studi Luar Negeri (FSLN). Kegiatan ini bekerjasama dengan PPI Dunia. Rangkaian acaranya meliputi talkhsow, sosialisasi, workshop dan open stand PPI yang ada di berbagai negara. FSLN terbilang sukses, dilihat dari antusiasme peserta yang mencapai ratusan orang bahkan tak sedikit di antaranya berasal dari luar UNJ.

Kumpul rUtin 2
Kumpul Rutin Lingkar Inspirasi

Pasca FSLN, diadakanlah pengaturan sistem kepengurusan di LI meliputi ketua umum, divisi humas, divisi program dan divisi kaderisasi. Para cofounder terdahulu bertindak sebagai steering committee bagi komunitas ini. Visi dari LI adalah membentuk mahasiswa UNJ dengan kapasitas keilmuan di bidangnya masing-masing dengan misinya adalah mengadakan kegiatan atau pelatihan yang relevan dengan bidang keilmuan dan memberikan informasi terkait beasiswa dan peluang prestasi. Tagline kami adalah ‘Saatnya Menginspirasi’ dengan hashtag #UNJInspiratif.

Kunjungan Tokoh Inspiratif

Kegiatan Training Potensi Diri yang tahun lalu diadakan, tahun ini diadakan dengan nama yang berbeda yaitu Start To Inspire. Hingga saat ini ada dua program kerja besar LI yaitu Start To Inspire dan Festival Studi Luar Negeri. Sementara itu non program kerjanya antara lain adalah update seputar peluang kompetisi, pelatihan/seminar/workshop dan beasiswa bagi mahasiswa UNJ yang dipegang oleh divisi humas serta family gathering oleh divisi kaderisasi.

Festival Studi Luar Negeri 2015

Tidak mudah memang mendirikan sebuah komunitas, sekalipun masih di lingkup kampus. Namun yang jauh lebih tidak mudahnya adalah menjaga agar komunitas tersebut tetap berdiri dan bermanfaat. Kami bukanlah kumpulan orang-orang yang terikat kaku. Kami disatukan oleh kesamaan visi, misi dan mimpi untuk berjuang dalam berkarya, berprestasi dan melahirkan inspirasi. Melalui kumpulan yang notabene diidentikkan dengan lingkaran, diharapkan akan mampu melahirkan inspirasi. Itulah kenapa komunitas ini dinamakan Lingkar Inspirasi UNJ.

LI baru saja merekrut tim pengurus website LI (jurnalis, marketing, admin, desainer grafis dan web developer), selain sebagai sarana penghubung LI dnegan pihak eksternal juga sebagai sarana publikasi karya tulis pengurus LI serta mahasiswa UNJ secara umum. Juga di Februari 2016 LI akan kembali menyelenggarakan Festival Studi Luar Negeri 2016.

Segera Hadir FSLN 2016
Coming Soon… Festival Studi Luar Negeri 2016

Ingin tahu lebih banyak mengenai komunitas Lingkar Inspirasi UNJ? Follow twitter kami @Linspirasi dan like fanspage Facebook kami Lingkar Inspirasi UNJ serta web kami www.lingkarinspirasiunj.com (masih dalam tahap konstruksi).

Evi Syahida
General Leader Lingkar Inspirasi UNJ

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.