Home Mahasiswa Komunitas

Merajut Ukhuwah dalam Dakwah Bernuansa Ilmiah Bersama Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FE UNJ

1774
BAGIKAN

“Bangkitlah, Bangkitlah Pemuda Mulia. Bersatu pada lintasi khatulistiwa. Majulah wahai Ekonom Rabbani, Bisa! Mari sembuhkan ekonomi dunia.”

Sepenggal bait lagu Mars Ekonom Rabbani yang selalu dikumandangkan dalam setiap agenda Dakwah Ekonomi Islam. Berjuang bersama, kokohkan barisan, perkaya ilmu intelektual, tingkatkan ruhiyah, dan siap berjuang secara jamaah untuk bumikan ekonomi Islam.

PENGURUS KSEI
Pengurus KSEI FE UNJ

Badan Semi Otonom Kelompok Studi Ekonomi Islam (BSO KSEI) FE UNJ bersama 154 KSEI di seluruh Indonesia dan FoSSEI (Forum Silahturahim Studi Ekonomi Islam), siap berjuang bumikan Ekonomi Islam. Insyaa Allah.

BSO KSEI berdiri tanggal 18 Desember 2000 dan menjadi BSO di Jurusan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial. Pada tanggal 2 Mei 2005, Jurusan Ekonomi berdiri menjadi Fakultas Ekonomi, seiring dengan berdirinya Fakultas Ekonomi, BSO KSEI UNJ menjadi salah satu Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) FE UNJ. Hingga tahun 2015, BSO KSEI UNJ tetap menjadi Ormawa terbaik di FE UNJ karena berhasil melahirkan kader-kader Ekonom Rabbani yang prestatif.

Pada pelaksanaan programnya, BSO KSEI memiliki Visi yaitu Membangun dan Membumikan Ekonomi Islam, dengan beberapa misi yang mengikutinya. Dengan semangat juang yang tinggi, BSO KSEI memperkuat barisan dengan motto yang selalu di sematkan yaitu “Meraih Mardhotillah, Berjuang Syiarkan Ekonomi Syariah”.

BSO KSEI juga merupakan rumah yang nyaman bagi kader-kader Ekonom Rabbani yang siap berjuang menggapai kejayaan Ekonomi Islam melalui goresan pena, andil dalam konferensi, serta public speaking sebagai penunjang prestasi para punggawanya. BSO KSEI memiliki budaya organisasi, diantaranya Ikhlas, Profesional, Ukhuwah, Inovatif, Ta’awun, Tawazun, Jama’ah, Cerdas, dan Kreatif. Mari do’akan agar BSO KSEI terus melahirkan prestasi dan menelurkan kader-kader Ekonom Rabbani yang siapkan sembuhkan ekonomi dunia.

BSO KSEI memiliki beberapa program kerja dakwah, diantaranya:

Sharia Economics Celebration (SELEB)

SELEB merupakan grand event dari BSO KSEI FE UNJ. SELEB memuat beberapa rangkaian acara yaitu Olimpiade Ekonomi Islam tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat se-Jabodetabek, Lomba Mading Ekonomi Islam tingkat Ekonomi Islam tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat se-Jabodetabek, Lomba Esai Ekonomi Islam tingkat Mahasiswa S1 se-Nasional, K-TATOS (KSEI Ta’limat to Sosiety, Seminar Pasca Campus, Seminar Kewirausahaan Syariah, dan Kampanye Ekonomi Syariah. SELEB diadakan setiap tahun pada Bulan Oktober. Setiap tahunnya BSO KSEI terus menghadirkan inovasi dalam mengemas grand event ini. Tahun 2015, lebih dari 500 peserta mengikuti rangkaian SELEB.

SELEB KSEI
Lomba Mading dalam rangkaian acara SELEB (Sharia Economics Celebration)

Sharia Economics Informal Study (SEIS)

Kamu kepo dengan Ekonomi Islam? Ingin merasakan nikmatnya belajar Ekonomi Islam di ruang kelas dengan pengajar seorang praktisi, akademisi, dan regulator Ekonomi Islam? Setiap tahunnya BSO KSEI mengadakan sebuah kuliah informal dengan muatan materi dasar tentang Ekonomi Islam. Tidak ragu, jika setelah mengikuti SEIS selama 5 pertemuan di hari Sabtu, kamu akan semakin cintaEkonomi Islam, terlebih Islam itu sendiri. SEIS yang diadakan pada Bulan Mei-Juni ini selalu diminati oleh berbagai kalangan, yaitu pelajar, mahasiswa, bahkan karyawan. Antusiasme dalam menimba ilmu Ekonomi Islam bisa disalurkan dengan mengikuti SEIS. Jadi, gak ragu lagi, jika telah mengikuti SEIS, kamu akan lebih mencintai Islam.

KSEI Goes to School (KGTS)

Ini yang seru! Ternyata pengenalan Ekonomi Islam tidak hanya diperuntukkan kepada mahasiswa atau pekerja saja, namun kalangan pelajar SMA/SMK/MA pun juga harus mendapatkan hak nya dalam bagian dari dakwah ini. Setiap tahunnya, BSO KSEI memiliki program untuk mengadakan acara yang bertujuan untuk mengenalkan apa itu Ekonomi Islam untuk pelajar SMA yaitu KSEI Goes to School (KGTS). Dengan materi yang menarik dan interaktif, games bertajuk Ekonomi Islam yang seru membuat Ekonomi Islam semakin dicintai. Kamu mau sekolah kamu di datangi BSO KSEI?

KGTS KSEI
KSEI Goes To School (KGTS)

WISE (Wisata Islam Ekonomi)

Wih, ini dia yang seru. Tafakur alam bersama seluruh mahasiswa Muslim FE UNJ harus menjadi bagian penting dari pengalamanmu di kampus, sob! BSO KSEI bersama BSO Al-Iqtishodi setiap tahunnya berikhtiar untuk  mengadakan acara tafakur alam, menimba ilmu Islam, serta dauroh untuk seluruh mahasiswa baru muslim FE UNJ. Tahun 2015, lebih dari 400 maba FE mengikuti WISE. WISE juga merupakan salah satu alur pengkaderan dari BSO KSEI.

WISE KSEI
Wisata Islam Ekonomi (WISE) bagi para Maba FE 2015

DEI (Diklat Ekonomi Islam)

Jeng jeng, disini lah kamu akan mengetahui how Islam solve the problems. Saat ini masih khusus untuk mahasiswa baru FE UNJ yaa. Bagi kamu yang ingin tahu tentang bagaimana Islam menyelesaian permasalahan bangsa, kemana gerakan KSEI ini menuju, serta bersama siapa saja kita akan berjuang, kamu harus mengikuti DEI. Acara yang diadakan selama 2 hari 1 malam ini Alhamdulillah berhasil membuka wawasan peserta tentang Ekonomi Islam, serta meningkatkan semangat berjuang bersama KSEI. Acara yang dibalut dengan balutan nuansa Islam,dan diisi dengan acara yang seru, materi yang menggugah jiwa, serta games yang mempererat ukhuwah merupakan alur kaderisasi dari BSO KSEI. Kamu mau gabung di KSEI? Ayuk, ikut DEI dulu. Semoga Istiqomah.

DEI KSEI
Diklat Ekonomi Islam

DIKSI (Diskusi Seputar Ekonomi Islam)

“Yang menghidupkan KSEI adalah Kajian”. “Masih ada Kajian? Berarti KSEI-nya masih hidup.”  Memang benar, KSEI akan hidup jika KSEI mampu rutin mengadakan kajian. Kajian yang membahas tentang Ilmu Fiqh Ekonomi Islam, atau isu kontemporer Ekonomi Islam Alhamdulillah secara rutin di gelar oleh BSO KSEI. DIKSI namanya, Diskusi Seputar Ekonomi Islam. Dengan pemateri yang ahli di bidang ekonomi Islam, disini kamu di izinkan untuk menanyakan ke-kepo-an kamu, kegundahan kamu tentang kondisi ekonomi saat ini, apakah harus sesuai tema? Tidak juga. Karena ini adalah kajian berbalut diskusi. Catat tanggal kajiannya ya, setiap Hari Rabu pada minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan, pukul 16.00 di pelataran Masjid Nurul Irfan. Takut lupa? Tenang, insyaa Allah setiap mendekati hari H, akan ada publikasi dari hpd kece…

DIKSI KSEI
Diskusi Seputar Ekonomi Islam (DIKSI)

Yap, inilah pengenalan singkat dari BSO KSEI FE UNJ, Ormawa yang selalu ber-muhasabah diri, mencoba memperbaiki struktur dan niat. Masih ada waktu kawan untuk kita sama-sama berjuang bumikan Ekonomi Islam. Apa harus anak Ekonomi? Tidak kawan, selama kita rindu akan kejayaan Islam, maka saat itulah kita harus bersama-sama berjuang.

“Cinta Ilmunya, Ilmu Ekonomi Islam, Cinta Dakwahnya, Dakwah Ekonomi Islam. Cintai Lembaganya, BSO KSEI FE UNJ”

Ingin mengenal BSO KSEI FE UNJ lebih mendalam? Silakan kunjungi dan hubungi:

Hashfi Aufar (Mas’ul BSO KSEI FE UNJ 2016/2017)

Twitter dan Instagram: @KSEIUNJ
FB : BSO KSEI UNJ
Path : KSEI UNJ
Web : kseifeunj.wordpress.com
Email : kseifeunj@gmail.com

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.