Home Mahasiswa

MPA Untuk Mahasiswa Lama

267
BAGIKAN

Sekitar lima ribu mahasiswa baru (Maba) angkatan 2017 akan resmi menjadi civitas akademika Universitas Negeri Jakarta. Dalam momen tersebut bukan hanya para Maba yang akan disibukkan dalam menghadapi era baru tersebut, tapi juga mahasiswa yang sudah lama di UNJ. Beberapa, bahkan hampir sebagian dari mereka melaksanakan penyambutan terhadap para maba. Masa Pengenalan Akademik (MPA) begitu yang sering disebut sebut belakangan ini. Menurut informasi, MPA akan dilaksanakan pertengahan bulan Agustus mendatang.

Hingga saat ini mahasiswa dari berbagai tingkatan baik tingkat universitas, fakultas, dan prodi tengah sibuk merancang rencana demi kelancaran MPA tersebut. Beberapa pertimbangan dipikirkan secara matang bagi panitia demi tercapai nya tujuan mereka. Tujuan pengkaderan, begitu yang sering terucap dari sebagian besar mahasiswa yang aktif organisasi UNJ.

Menurut Linda salah seorang aktivis mahasiswi dari FMIPA mengakui betapa pentingnya momen MPA tersebut.

“MPA merupakan peran aktif dalam berorganisasi juga penunjang akademik, maka dari itulah diperlukan konsepan yang matang agar seimbang antara organisasi juga akademik. MPA tidak hanya memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa baru untuk memahami isi kampusnya, tapi juga bermanfaat bagi mahasiswa lama UNJ untuk dapat menunjukan kebolehannya, misalnya saja teman-teman dari Gedung G UNJ yang menunjukan kebolehan mereka didepan maba. Disinilah peran pengkaderan dalam MPA akan terasa,” ungkap Linda.

Membicarakan tentang kepanitiaan MPA, maka tidak lepas dari hiruk pikuk kehidupan mahasiswa yang akan banyak menyita waktu liburnya untuk menjalani rapat demi rapat. Beberapa pro kontra akan bermunculan, salah satunya seperti penting tidaknya seorang mahasiswa sampai harus selalu ke kampus meskipun dalam suasana liburan.

Pro kontra tersebut tidak akan ada habisnya dibahas, karena pada dasarnya setiap kebijakan dapat dipandang dari banyak perspektif. Namun, selama waktu yang digunakan bukan lah untuk sesuatu yang merugikan, mengapa tidak?

Baca Juga: 7 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

Untuk kalian mahasiswa aktivis yang sibuk di dunia kampus, tidak salah jika menyibukkan diri dalam hal kebaikan. Namun, tetaplah ingat beberapa hal lain yang juga penting untuk kalian prioritaskan. Cerdas dalam membagi waktu, merupakan ciri mahasiswa cerdas, lho. Dan untuk itu, kita doakan MPA tahun ini akan membuahkan hasil yang maksimal.

Oleh: Siti Nurhasanah

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu