Home Agenda

Notula Ruang Terbuka UNJKita #2 – Part 2 : ”Merajut Inspirasi dari Pendidik Muda Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)”

333
BAGIKAN

Seperti yang sudah dijanjikan di Notula Rubrik #2 sebelumnya (Baca lagi Notula Rubrik #2 – Part 1) kali ini akan disajikan ringkasan diskusi online pada tanggal 26 November 2016 dengan konten sharing pengalaman dari salah satu alumni UNJ yang pernah mengabdi dalam program SM3T. Beliau adalah Kak Untari yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk Rubrik #2. Diskusi dimoderatori oleh Annisa Indriyani (Kontributor UNJ Kita)

SESI MATERI

Izinkan saya untuk memulainya dengan bercerita sedikit tentang alasan saya memutuskan join di program SM3T ini. Saya ikut program ini alasan pertamanya itu karena saya merasa bosan dengan aktivitas saya setelah lulus kuliah yg itu itu aja. Cuma ngajar trus ngabisin waktu di rumah. Merasa kurang produktif sebagai seorang sarjana yg baru lulus. Saya merasa perlu keluar dr zona nyaman saya saat itu. Saya sempat bertanya kepada diri saya sendiri, ada banyak sekali masalah pendidikan di luar sana namun kenapa saya tidak melakukan apa-apa untuk masalah-masalahtersebut. Apa gunanya semua pengalaman saya, ilmu saya selama jadi mahasiswa jika tidak bisa memberikan perubahan di dunia pendidikan. Karena itulah saya mulai cari-cari hal yang mungkin bisa saya lakukan dan Alhamdulillah ada seorang teman yg mengajak untuk join di program SM3T. Awalnya ragu, tidak pernah punya keinginan untuk pergi ke pelosok tanah air. Orang tua pun saat itu tidak mengijinkan. Namun dengan keinginan yang saat itu cukup membuncah, saya coba yakinkan orang tua dan Alhamdulillah setelah 3 kali proses izin akhirnya diberikan juga,

Nah, itu sedikit latar belakang saya ikut SM3T. Berikutnya saya mau memberikan gambaran umum tentang apa sih SM3T itu.

Silahkan teman-teman baca gambaran umum tentang program SM3T. Semoga semakin membuat penasaran yaa. Sambil dibaca baca saya langsung lanjut untuk menyampaikan proses atau tahap seleksi dari program SM3T ini.

Jadi, di program SM3T ada 2 tahapan seleksi. Sayaakan bahas satu per satu yaa. Yg pertama itu adalah tahapan seleksi tingkat nasional, yang terdiri dari 2 proses:

  1. Seleksi administrasi yang dilakukan secara online
  2. Setelah dinyatakan lolos poin 1 maka dilanjut dgn seleksi akademik (mirip spt tes CPNS dan tesnya berbasis CAT)

Yang kedua adalah seleksi tingkat LPTK:

Seleksi ini dilakukan ketika temen2 dinyatakan lolos seleksi akademik.Seleksi berupa verifikasi dokumen dan wawancara. Setelah semua proses seleksi ini dilakukan dan lolos. Maka dilanjutkan dengan kegiatan pra kondisi yang wajib diikuti oleh peserta SM3T. Prakondisi dilakukan selama 2 minggu. Mungkin itu sekilas tentang proses seleksi di program SM3T. Semoga tambah penasaraan yaaa.

Okee, selanjutnya saya mau berbagi tipsnya nih supaya bisa sukses dalam mengikuti proses seleksi SM3T.Bismillah

Ada 8 poin yang menurut saya perlu diperhatikan.Mungkin nanti seiring berjalannya waktu, poin-poin ini bisa bertambah.

Ke 8 poin ini saya rangkum dari awal ingin mendaftar sampaimasuk ke dalam tahap wawancara. Kalau bingung, wajib tanya ya.

Lalu kak, setelah panjang (kali lebar) perjalanan seleksi yg dilalui, saat kakak sampai di lokasi penempatan bagaimana reaksi kakak?

Pertama kali sampai di ibukota kecamatan amfoang selatan kabupaten kupang (bagi yang penasaran sama tempatnya bs liat tayangan survivorTrans TV di youtube, baru-baru ini jadi tempat syuting mereka hahaha) saya takut, serius. Perjalanan darikota kupang kesana dari jam 9 pagi sampai rumah kepsek temen saya itu jam 6 sore. Tempatnya di atas gunung dengan akses jalan yang luar biasa. Bikin badan bergoyang sepanjang jalan. Suasananya sepi, gelap, dingin, pokoknya begitulah.

Sebenarnya tempat tugas saya ada di desa Oh’aem yg terletak sebelum ibu kota kecamatan dengan jarak tempuh 1 setengah jam.Saya harus lapor diri dulu ke kota kecamatan baru bisa menuju ke desa saya itu.

Kalo penasaran sama desa saya bisa liat iklan aqua, 1 untuk 10 sumber air su dekat. Nah itu syutingnya di desa tempat saya tugas..hahaha. Kondisi di desa saya, air dekat dan cukup, listrik ada 12 jam, sinyal ada di jendela.

Selama kakak setahun di kupang tentunya mengalami pahit manis kehidupan di sana. Mungkin bisa juga disharenih kak pengalaman kakak yang paling berkesan di sana seperti apa.

Terlalu banyak yang berkesan..banyak hal2 baru yang saya dapat baik sebagai seorang guru ataupun sebagai warga negara yang jd memahami makna Bhineka Tunggal Ika.

Beberapa hal yg sangat jelas diingatan adalah betapa anak2 disana dgn segala keterbatasan namun tetap semangat untum dtg ke sekolah. Krn sy muslim sendirian disana dgn kerudung sy, ada anak2 murid sy yang takut dekat dgn sy 😁, tp Alhamdulillah dgn pendekatan yg baik maka hal itu tdk mjd msalah lagi.

Sy jd tukang potong ayam disana..sdh banyak ayam yg saya bunuh selama disana.. maaf bahasanya kasar.. tp itu fakta haha, sy jg jd ikut ngemil sirih pinang setiap harinya 😁. Susahnya yaa krn disana sy minoritas, rasanya gmn gituu..banyak anjing, jd harus cermat utk memilih tempat spy tdk terkena najisnya, dll hehe

sebuah pelajaran hidup yg menarik ya kak. Keterbatasan bukan jadi alasan. Tapi harus menjadi kekuatan tersendiri untuk meraih impian. Meski jd minoritas tp semangat mendidik anak bangsa ttp mayoritas ya ka😄

Betul betul betul.. Alhamdulillah penerimaan masyarakat disana dgn kedatangan sy sangat sangat baik dan sangat2 menjaga, toleransi yg tinggi, jd bukan jd masalah yg berarti..hny perlu pandai menempatkan diri.. “berbaur tp tdk mencampur”

SESI TANYA JAWAB

Ka saya ingin bertanya, saya Umami dari FIS. Cukup jelas pemaparan dari Ka untari, karna sebelum-sebelumnya saya sudah pernah mengikuti seminar” terkait SM3T, sangat luar biasa memang. Nah yg ingin saya tanyakan adalah saat kita sudah lolos tahap” pemberkasan dan kita melanjutkan ke tahap interview, apa saja sih yang harus kita hindari saat kita interview dengan penyeleksi, karna trkadang ketika interview itu kita tidak sadar dengan jawaban kita karna bisa jadi kita terbawa suasana, nah untuk mengantisipasi kesalahan yg dapat membuat pengurangan nilai dalam interview itu, kira” apa saja yg harus dihindari,

Hai Umami, salam kenal 😊Pertanyaannya luar biasa. Ini bukan jawaban yg pasti yaa, tp smg bs jd bahan pertimbangan..seleksi wawancara itu dilakukan untuk mengetahui seberapa siapnya kamu utk pergi mengabdi.. sebisa mungkin kamu.menjawabnya dgn tenang dan tdk ragu ragu. Krn kalo tenang pasti bs kontrol..jawab seperlunya tp jelas dan sesuai dgn pertanyaan yg diberikan.. semua jawaban yg kamj sampaikan hrs bs dijelaskan.. hrs tenang dan yakin. Biasanya yg ditanyakan itu tentang studi kasus, bagaimana sikap kamu thdp kesulitan2 yg mgkn tjd, jawabnnya se logis mungkin

Kk output dr sm3t apa?

Outputnya adalah menghasilkan guru yang profesional..penjelasannya begini.. Setelah selesai sm3t selama 1 tahun, tahap selanjutnya adalah mengikuti PPG yang juga dilaksanakan selama 1 tahun. Kalo sy sekrang msh menunggu angkatan IV selesai, InsyaAllah tahun dpn mulai PPG. Knp sih hrs PPG? Jd temen2 S.Pd blm diakui nih sebagai guru yang legal utk mengajar murid2 di sekolah. Maka hrs pny sertifikat guru (bs dibilang gantinya akta4) sebagai bukti legalitas mengajar dan jg sbg bukti bahwa kamu sdh dianggap layak dan profesional utk mendidik langsung murid2mu..sertifikat itu  dpt diperoleh dgn ikut PPG. Melalui sm3t, pemerintah ingin memberikan bonus berupa PPG berbeasiswa berasrama..krn klo PPG mandiri itu biaya per semesternya terbilang mahal.. sm3t memberikan pengalaman nyata dan PPG sbg program pemantapan agar bs mjd guru yg diharapkan oleh bangsa.. kurang lebih spt itu 😊

Kegiatan rutin senin sampai jumat saya mengajar di paud, siangnya sy bantu mengajar sosiologi di sma.. sehari2 sy melakukan kegiatan spt memasak, angkat air, berkunjung ke rumah2 masyarakat untuk bs lbh dekat dgn mereka, jalan2 ke kebun menikmati suguhan alamnya yg masih alami, terlibag aktif dlm kegiatan sekolah dan masyarakat, mengisi kegiatan ekskul spt Paskibra dll.

Kontrak ga boleh nikahnya berapa tahun kak?

Pertanyaan yang sesuatu sekali saudari oyi 😁

Smp selesai PPG 😊Mungkin bs ditambah setengah.. 2 tahun lebih setengah hehe..itu sudah konsekuensi yg harus dijalani 👍🏼

Bagi yg sudah ikut sm3t ada kuota tersendiri utk jd pns kah, apa emang udah dijamin bakal jd pns kk?

Iya pasti ada, di setiap kabupaten akan membuka formasi sesuai kebutuhan masing2..utk tahun ini di kabupaten kupang hny membutuhkan 3 utk guru kelas (PGSD), tetap akan ada persaingan.. tidak serta merta jd PNS, ada prosesnya lg. Jika mau lanjut maka kamu hrs ikut seleksi GGD atau guru garis depan, siap ditempatkan di daerah 3T lagi..

Seleksi sm3t gmn ya k??Trs tanggal pndftranna itu apa cm d smstr genap j?

Untuk seleksi mungkin bisa di scroll ke atas..insyaAllah sdh sy jelaskan.. klo msh ada yg mau ditanya silahkan 😊.

Klo tanggal itu bs berubah. Waktu angkatan V itu dibuka pendaftaran di bulan april dan brgkt bulan agustus minggu ke 2. angkatan VI dibuka pendaftaran itu klo tdk salag di bulan juni dan brgkt ke penempatan tgl 1 september

Sm3t itu kan penduduknya beragam yah ka , ada ga sih ka penolakan untuk kita beribadah?

Alhamdulillah baik sy maupun rekan2 sy tidak pernah ada yang terdiskriminasi atau ditolak krn masalah agama. Kami sangat dijaga oleh mereka. Kami diberikan ebebasan beribadah, bahkan sy dpt libur puasa juga padahal sekolah tdk libur. Sy mau sholat akan disediakan tempat, makanan pun akan di pisahkan dr mrka..insyaAllah klo niat kita baik, perbedaan yang ada tdk akan mjd masalah 😊👍🏼

Pertanyaan penutup dr saya, bgmn cara kk mengatasi kesulitan2 yg terjadi selama d penempatan? Spt bahan ajar, komunikasi antar teman2 sm3t dll

Untuk bahan ajar, sebisa mungkin memanfaatkan alam sekitar..krn sy guru paud jd pembelajaran konkret justru lebih baik.. sy sering ajak anak2 untuk berkeliling, mengenal dan memahami.langsung apa yang ada di lingkungan mereka.. media bikin sendiri dr bahan2 yg sy pny, kebetulan wkt itu sy bawa beberapa alat dan bahan utk.bikin media pembelajaran.

Kalau masalah komunikasi ini sy tdk terlalu mengalami kesulitan krn msh ada sinyal untuk sms. Jd informasi akan tetap sampai walaupun kadang suka lama. Setiap weekend spy tidak kesepian, biasanya kawan 1 desa dtg berkunjung ke tempat sy atau sy yg dtg kunjung mereka.

Dan Alhamdulillah sy pny keluarga asuh yang sangat baik sekali mau bantu jaga sy selama tugas, walaupun jauh dr ortu tp kasih syg tetep sy dptkan dr keluarga asuh sy itu..bahkan smp skrg kami tetap komunikasi..

Nah ini, perlu dibangun sugesti yang positif dr awal..walaupun susah yakin jg akan ada senengnya deeh.. intinya niat ikhlas, banyak berdoa dan minta didoakan.. resep sy mah itu ajaa.. orang tua, lagi2 krn doa mereka smua jd terasa ringan dijalani 😊

Baiklah teman2, terjawabnya pertanyaan sy td menjadi penutup diskusi kita malam ini. Sy persilahkan ka untari u/mmbrikan closing statementnya

Oke deh.. Alhamdulillah..semoga apa yg sy bagikan disini bs bermanfaat dan menjadi pemantik untuk semangat dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Yuks lah keluar dari zona nyaman kita, lihat ada tanah indonesia yang perlu kita pijak lho..biar sebentar tapi tengok wajah2 anak2 yang semangat belajarnya tinggi di tengah keterbatasan yang ada.. semoga dengan adanya program2 hebat spt IM dan SM3T ini akan membuat Indonesia semakin maju.

Salam MBMI.. Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia..

Usai closing statement dari Kak Untari, Ihsan selaku CTO dari UNJKita.com memberikan apresiasi terhadap Kak Untari yang sudah bersedia berbagi ilmunya dalam Rubrik #2.

Itulah keseruan diskusi online Rubrik #2. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menyalurkan kecintaannya dalam dunia pendidikan salah satunya adalah dalam bidang relawan. Dari diskusi ini bisa dipastikan menjadi relawan tidaklah dijanjikan dengan rupiah yang menawan jumlahnya. Namun, ada kebahagiaan lain yang tak kasat mata terasa saat kita melakukannya. Masih dalam rangka merayakan hari Guru, UNJ Kita mengucapkan selamat hari guru kepada semua pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu siap memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Semua demi tujuan Negara ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sampai berjumpa di Rubrik UNJKita berikutnya! Selamat Hari Guru!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pecinta pendidikan dan dunia sosial. Pemimpi besar yang penuh dengan kegilaan. For me to be success with Allah the sky is the only limit.