Home Suara Anda Ruang Publik

Paket Komplit Calon Guru Mahasiswa Kependidikan FE UNJ

830
BAGIKAN

Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang terbaik di Indonesia. Lulusannya dijamin dapat menjadi guru yang profesional dan berkualitas. Tak terkecuali para calon guru dari program studi pendidikan ekonomi dan pendidikan tata niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Fakultas Ekonomi tak pernah main-main dalam membangun para calon pendidik profesional yang nantinya akan dapat membawa arah pendidikan bangsa menjadi yang lebih baik. Seperti beberapa tahun belakangan ini, Fakultas Ekonomi secara matang mempersiapkan mahasiswa yang akan turun ke sekolah menjalani program Praktik Kegiatan Belajar (PKM) atau yang dulu akrab disebut PPL. Salah satu bentuk dukungan Fakultas Ekonomi dalam membangun sumber daya guru yang siap menjalani karir dalam pendidikan adalah dengan menyelenggarakan pelatihan media.

Pada tahun ini, pelatihan media telah dilangsungkan pada Sabtu (28/5) dan Minggu (29/5) bertempat di ruang kuliah Gedung Administrasi. Pelatihan media ini diikuti oleh semua mahasiswa kependidikan di Fakuktas Ekonomi tahun 2013 dengan dibimbing oleh tutor dari para dosen FE. Pelatihan media sederhana ini, menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk dapat memanfaatkan bahan-bahan dan alat disekitar sehingga menjadi media pembelajaran yang menarik dan dapat mendorong siswa untuk aktif dikelas” ujar Dwi Handarini, S.Pd, M.Ak, dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Kegiatan di hari pertama meliputi pengenalan berbagai macam media sederhana seperti OHT, OHP, Mind Map, Flip Chart, dll. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan cara pembuatan Rancangan Program Pembelajaran (RPP), ditambah dengan berbagai macam tips mengelola kelas dan pemilihan model belajar yang tepat. Lebih dari pembekalan ilmu, para mahasiswa juga ditatar dalam hal sikap, perilaku, dan cara berpakaian yang seharusnya dari seorang guru.

Pembekalan teori saja dirasa tidak cukup untuk dapat melatih mahasiswa, sehingga pada hari kedua, para mahasiswa diharuskan untuk mempraktikkan proses pembelajaran di kelas dengan membawa media pembelajaran yang telah dibuat. “Acara pelatihan media pembelajaran ini sangat berguna bagi saya, karna saya dapat mengetahui cara efektif dalam pembelajaran dan membangun kreativitas saya sebagai calon guru”, ungkap Areng Ramadhan, mahasiswa konsentrasi pendidikan akuntansi 2013.

Dengan berbagai dukungan yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi pada para mahasiswanya, diharapkan Fakultas Ekonomi dapat terus menghasilkan calon-calon guru yang berkualitas. Sehingga meningkatkan minat para siswa SMA untuk menjadi seorang guru dan tentunya dapat mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi UNJ.

Oleh :  Ayu Wulandari Apriyanti
Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2013, FE, UNJ

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu