Home Agenda

Pelatihan Penulisan jurnalistik dan Media ComDev UNJ

585
BAGIKAN

Community Development UNJ membuat suatu pelatihan (30/05/2016), yaitu Pelatihan Penulisan Jurnalistik dan Media. Pelatihan ini sudah yang ketiga kalinya diadakan oleh TIM Media Community Development UNJ, setelah pelatihan Motion Graphic dan Public Speaking. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah kemampuan jurnalistik dan pengelolaan media adik-adik relawan dan para pengurus ComDev UNJ.

Pelatihan dimulai pukul 14.00 WIB di ruang kelas 2.08 lantai 2 kampus E PGSD FIP UNJ, Setiabudi Selatan. Husam Badar Al Muadzi (Kepala Departement Kominfo BEM UNJ 2015) adalah narasumber pada pelatihan penulisan kali ini. Wahyudi selaku MC dan Moderator membacakan CV Kak Susam dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kak Husam.

Jurnalistik merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita ataupun ulasannya mengenai berbagai peristiwa atau kejadian sehari-hari yang aktual dan faktual dalam waktu secepat-cepatnya. (A.W. Widjaja)

Tujuan utama jurnalistik adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh warga agar mereka bisa hidup bebas dan mengatur dirinya sendiri. Dan, tugas media berita adalah memberikan informasi kepada publik, yang lebih kompleks dan lebih dinamis serta yang mereka perlukan untuk menemukan kebenaran. Semakin demokratis sebuah masyarakat, maka semakin banyak pula berita dan informasi yang didapatkan.

News
* NEWS: North, East, West, South (memuat pandangan atau fakta dari seluruh penjuru atau berbagai sisi)
* New is News (up to date)
* News is anything out ordinary: if dog bites aa man that’s news. (yang unik justru yang biasanya menarik)
* News: informasi aktual tentang fakta-fakta dan opini yang menarik orang. (mengedepankan fakta)

Dalam membuat suatu berita harus memuat 5W+1H yaitu what, who, where, when, why dan how. Lalu, unsur berita meliputi lengkap, berimbang, faktual, akurat, ringkas, hangat dan bijaksana.

Apakah perbedaan Press Release dengan News Report?
Press Release adalah suatu kegiatan penyampaian pesan oleh humas kepada media massa atas tanggapan atau respon penjelasan dan hak kewajiban. Pernyataan sikap dan diuraikan secara singkat dan jela, biasanya ada diawal kegiatan.

News Report/Karya Jurnalistik/Berita Artikel adalah karya tulisan wartawan yang bersifat informatif, aktual, dan faktual sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Menulis apa adanya sesuai fakta dengan singkat dan jelas, biasanya ada setelah kegiatan berlangsung.

Apa itu media sosial?
1. Bentuk hubungan masyarakat yang interaktif dan transparan.
2. Alat pemasaran baru
3. konten dan interaksi digital
4. Alat berbasis komputer(virtual) dalam membentuk, berbagai informasi ide dan gambar/video

Tugas media dalam publikasi
1. pra event: pamflet cetak, selebaran online, broadcast, dan komunikasi verbal.
2. pass event: live report, live documentaton dan membuat notula acara.

Materi ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyerahan bingkisan oleh Muhammad Nova Firdaus kepada Kak Husam Badar Al Muadzi. Pukul 15.30 WIB Pelatihan Penulisan Jurnalistik dan Media Comdev UNJ diakhiri dengan do’a oleh MC dan sesi foto bersama dengan seluruh Relawan Community Development UNJ.

Komentar Kamu?