Home Berita Pemuda Indonesia Mendunia dan Berkarya Lewat Buku

Pemuda Indonesia Mendunia dan Berkarya Lewat Buku

86

UNJKita.com – Sabtu (21/04), telah diadakan peluncuran buku seri ketiga dari Abroad You(th) Book Project yang berjudul “Abroad You(th) 3rd Chapter: Antologi Kisah Para Pemuda Perwakilan Indonesia dalam Program Internasional di Luar Negeri”, di Pare, Kediri, Jawa Timur. Acara ini terselenggara berkat kerja sama dengan Language Center (LC) Kampung Inggris melalui rangkaian kegiatan Workshop Beasiswa bertema Establish Leadership Skill of You(th) to Get a Scholarship. Agenda peluncuran buku tersebut sebenarnya direncanakan untuk mengiringi momen International Book Day atau Hari Buku Sedunia yang diperingati setiap tanggal 23 April.

 

Abroad You(th) 3rd Chapter kemungkinan menjadi seri yang terakhir. Inisiator Abroad You(th) Book Project, Putri Agustina, membutuhkan waktu kurang lebih 1.5 tahun untuk memulai proyek penulisan ini dari nol hingga mencapai fase yang sekarang. Visi dari perempuan yang juga alumnus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut adalah menjadikan Abroad You(th) sebagai sumber pembelajaran utama yang mendorong pemuda Indonesia mendunia.

Seri buku ini adalah contoh karya pemuda Indonesia yang dibuat dengan asas kolaborasi. Pada buku chapter ketiga, kontributor yang berjumlah 25 orang berasal dari DI Aceh, Riau, Bandar Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan sebagian besar provinsi di Pulau Jawa. Mereka menuliskan kisah inspiratif saat mengikuti kompetisi, penelitian, presentasi karya tulis ilmiah, kursus singkat, study tour, pertukaran pelajar atau pemuda, konferensi, lokakarya, forum diplomasi, dan pengabdian masyarakat yang berskala global. Berharap para pembaca juga dapat merasakan kesempatan yang sama karena sudah termotivasi dan memperoleh informasi serta mengaplikasikan tips and tricks yang diuraikan.

Mengikuti kegiatan kepemudaan tingkat internasional adalah salah satu cara belajar hingga ke luar negeri selain pilihan melanjutkan studi S1, S2, atau S3. Kebanyakan waktunya relatif singkat dibandingkan kuliah formal dengan gelar akademis. Akan tetapi, masih banyak yang belum menyadari adanya kesempatan itu atau bahkan masih ragu menjadikannya sebagai salah satu mimpi. Padahal di kesempatan tersebut kita bisa mengembangkan diri sekaligus mengambil peran diplomasi informal dalam mewakili negara tercinta. Kemudian saat pulang ke tanah air berusaha membuat perubahan positif yang juga berguna bagi orang banyak.

Menjadi delegasi yang mewakili Indonesia dalam program kepemudaan di luar negeri perlu kesiapan mental, spiritual, intelektual, dan bahkan finansial. Untuk itu, buku ini siap menjadi jawaban terbaik. Ditambah lagi dengan adanya layanan pascajual, yakni workshop penulisan esai, motivation letter, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan sebagainya sehingga membuat proyek ini menjadi paket lengkap untuk usaha menyiapkan diri.

Ada keberkahan tersendiri karena dengan membeli buku ini maka kita pun berdonasi untuk gerakan One Book, 25 Inspirations, For Better Nation. Setiap perpustakaan atau rumah baca di seluruh wilayah Indonesia akan dikirimi Abroad You(th) secara gratis. Sampai saat ini, sudah puluhan perpustakaan atau rumah baca yang mendapatkan manfaat dari gerakan literasi tersebut. Donasi online juga dilakukan melalui kitabisa.com/abroadyouth1.

“Mulailah untuk mempelajari diplomasi Indonesia dengan dasar nasionalisme. Tanamkan rasa bangga karena Indonesia adalah negara yang ramah, beragam, dan toleran.”
— Djauhari Oratmangun
Staf Khusus Menteri Luar Negeri Republik Indonesia untuk Isu Strategis, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok

Untuk pemesanan buku ini, silakan menghubungi 08998715113 (Putri) via Whatsapp atau kunjungi situs abroadyouth.id dan follow media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) @abroadyouthid sekarang!

Komentar Kamu?