Home Konten Pilihan Pengabdian Masyarakat (Community Development – Comdev) Oleh Mahasiswa UNJ

Pengabdian Masyarakat (Community Development – Comdev) Oleh Mahasiswa UNJ

1662
SHARE

Hallo sobat, gimana nih kabarnya ? Semoga selalu sehat wal afiat. Kalian tahu kan soal Tri Dharma Perguruan tinggi ? Minimal kalian pernah mendengarkan Tri Dharma dari perguruan tinggi bukan.

Yaps, perguruan tinggi memiliki Tri Dharma yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Bagi sobat yang memiliki jiwa sosial dan ingin berbagi dengan teman-teman yang membutuhkan beruntunglah kalian masuk UNJ. Karena tercatat selain FIK, semua Fakultas di UNJ lewat Badan Eksekutif Mahasiswanya memiliki lembaga pengabdian masyarakatnya atau biasa disebut Comunity Development (Comdev). Bahkan disalah satu Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 3 Comdev yang ada disana. Berikut penulis sajikan tempat-tempat pengabdian masyarakat yang ada di UNJ :

1. Sanggar Belajar Biru

Biru merupakan warna yang melekat pada satu Fakultas di UNJ dan pasti kamu tahukan warna ini identik dengan fakultas apa ? Yaps benar, Fakultas Teknik. Tempat belajar ini dikelola oleh teman-teman relawan Comdev FT UNJ.

Comdev yang berlokasi di Jl. Kebon Jeruk Timur, Pedati Prumpung, Jatinegara ini mempunyai kegiatan berupa kegiatan mengajar warga sekitar pasar Prumpung setiap hari Selasa pada jam 16.00 s/d 20.00 WIB dan hari Sabtu pada jam 10.00 s/d 12.00 WIB. Bagi kamu mahasiswa yang ingin ikut bergabung menjadi relawan Sanggar Belajar Biru bisa hubungi Nahkoda dari tempat ini yaitu kak Gayuh Priwibowo di 085691440502

2. Teras Koalisi

Teras Koalisi, atau biasa teman-teman relawan menyingkatnya dengan sebutan TEKO. Merupakan tempat pengabdian yang didirikan sejak 14 Januari 2012 di sepetak lahan di Prapatan Mega, Sunan Giri (Depan Rabbani).

Berbeda dengan lembaga pengabdian mahasiswa lainnya, karena pendiri dari Teko adalah warga sekitar yang peduli dengan pendidikan anak-anak pra-sejahtera dikawasan itu yaitu sepasang suami istri Pak Yono dan Ibu Merry. Kemudian saat ini Teko dikelola oleh Departemen Sosial dan Politik BEM FIP UNJ. Lembaga yang dipimpin oleh seorang wanita tangguh bernama Miranti Nur Fatimah ini memiliki kegiatan pengajaran tematik setiap hari Senin, Selasa, dan Jum’at pada jam 14.00 s/d 16.00 WIB. Bagi kamu yang ingin bergabung dalam gerakan ini bisa menghubungi kak Miranti di 08977108829 untuk informasi lebih lanjut.

3. Desa Pendidikan

Mahasisw FIS mana nih suaranya ? Yaps selanjutanya kita akan membahas pengabdian di Fakultas yang identik dengan warna merah. Berdiri dengan nama Desa Pendidikan atau biasa disingkat DePe ini sudah berdiri sejak Agustus 2012. Kegiatan di DePe berupa materi-materi sesuai rencana belajar, games, konsultasi PR, dan pengembangan bakat untuk anak-anak sekitar disana. Untuk jadwal sendiri DePe beroprasi pada setiap Rabu dan Minggu. Bagi kalian mahasiswa FIS yang ingin ikut berpartisipasi didalam kegiatan DePe bisa dihubungi Penanggung Jawab (PJ) dari DePe yaitu kak Darus di 085716832394

4. Rumah Belajar Ceria

Selanjutnya dari Kampus E juga punya loh sobat lembaga pengabdian masyarakat. Rumah Belajar Ceria, atau biasa disingkat Rumbel Ceria. Berdiri sejak tahu 2 Mei 2013, Rumbel Ceria telah menjadi lembaga penyalur jiwa-jiwa sosial mahasiswa PGSD. Rumbel Ceria berlokasi di Jln. Setiabudi dekat Kampus E PGSD.

Kegiatan Rumbel memiliki jadwal dua hari dalam satu minggu dengan kegiatan pengajaran les pada hari rabu pada pukul 15.30-17.00 WIB dan pengajaran seni untuk mengasah kreatifitas anak pada hari sabtu jam 10.00-12.00 WIB. Bagi kamu mahasiswa PGSD yang ingin ikut serta mengabdi pada Rumbel bisa menghubungi kepala sekolah Rumbel Ceria yaitu kak Aldila Gayatri D. P. di nomer 085772319806.

5. Rumah Psikologi

Setelah dari Kampus E sekarang kita bergeser ke Kampus D di Halimun kampus dari Psikologi. Berdiri sejak tahun 2012, Rumah Psikologi atau biasa disingkat Rumpsi ini mempunyai kegiatan setiap Jum’at pada pukul 3 sore.

Kegiatan di Rumpsi berupa kegiatan pembelajaran dan bermain dengan anak di daerah sekitar. Dan sekaligus menjadi wadah pengaplikasian ilmu-ilmu Psikologi yang sudah diterima mahasiswa selama duduk di bangku perkuliahan. Bagi kamu yang ingin ikut bergabung dengan Rumpsi bisa menghubungi kak Tita dari bagian Humas di Rumpsi di nomer 081214660148.

6. Desa Binaan FMIPA

Desa Binaan, atau biasa disebut DeBe. Merupakan lembaga pengabdian masyarakat binaan departemen Sosial dan Politik BEM FMIPA UNJ. Berlokasi di Masjid At-Taqwa, Jalan Kayu Jati 5 DeBe telah berdiri sejak tahun 2009.

DeBe memiliki kegiatan mengajar anak-anak di daerah sekitar pada setiap selasa dan rabu pada pukul 16.00 s/d 17.00 WIB. Dalam setiap kegiatannya DeBe memiliki jargon khasnya yaitu :
kami teriak “Desa Binaan” maka jawabnya

  1. Aku Kamu Kita Luar Biasa “Desa Binaan”
  2. Aksi Nyata Membangun Bangsa
7. Comdev FE

Dan berikut adalah lembaga pengabdian atau biasa disebut Comunitty Development(Comdev) yang berstatus paling muda diantara lembaga pengabdian yang telah sebutkan diatas yaitu Comdev FE “Bersama”. Comdev yang dikepalai oleh Kak Erni Tyas Pujiastuti ini berdiri sejak 4 Juli 2014. Beralamatkan di Jalan Penas Kalimalang, Comdev FE memiliki jadwal kegiatan setiap hari kamis pada 4 sore hingga 5.30 sore dan hari sabtu pada jam 10 pagi sampai 12 siang.

Untuk program sendiri Comdev FE memiliki keigatan berupa kegiatan belajar dan mengajar serta pengembangan masyarakat sekitar. Bagi teman-teman mahasiswa FE yang ingin bergabung bisa menghubungi kak Tyas di 085715208308

8. Comdev UNJ

Dan terakhir ada Community Development UNJ, berlokasi di Rusun Pinus Elok blok A & B ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Untuk kegiatan sendiri berfokus pada kegiatan belajar yang bernama sekolah cerdas dan pengembangan masyarakat yaitu rumah kreatif. Comdev UNJ beroperasi pada hari minggu pada pukul 09.30 s/d 12.00 siang.

Komentar Kamu?