Home Berita

Peresmian Fakultas Pendidikan Psikologi di UNJ

3836
BAGIKAN

UNJKita.com – Wacana penambahan fakultas baru memang sudah direncanakan oleh pihak UNJ. Fakultas tersebut adalah Fakultas Pendidikan Psikologi (FPP). Program Studi Psikologi yang sebelumnya sudah tergabung dalam Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kini resmi memisahkan diri menjadi fakultas baru.

Bertambahnya Fakultas baru tentu memperbaharui juga posisi birokrat di dalamnya bahkan sampai ke tingkat senat mahasiswa. Hal ini didukung dengan adanya pelantikan pimpinan Fakultas Pendidikan Psikologi oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali, pada tanggal 20 Oktober 2016 lalu bertempat di Aula Latief Hendraningrat, Universitas Negeri Jakarta.

Adapun pimpinan Fakultas tersebut adalah dilantiknya Ibu Dra. Gantina Komalasari, M.Psi. sebagai Dekan FPP. Lalu di posisi Wakil Dekan 1 ada Bapak Gumgum Gumelar, M. Si. dan Wakil Dekan 2 oleh Ibu Ratna Dyah Suryaratri, M. Si. Sebelumnya, Ibu Ratna Dyah Suryaratri, M. Si.  menjabat sebagai Kepala Program Studi Psikologi, sedangkan Bapak Gumgum Gumelar, M. Si. menjabat sebagai Wakil Program Studi Psikologi.

Dilantiknya Ibu Dra. Gantina Komalasari, M.Psi. sebagai Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi membuat terjadinya perubahan posisi jajaran dekanat di Fakultas Ilmu Pendidikan. Hal ini karena sebelumnya, Ibu Dra. Gantina Komalasari, M.Psi. menjabat sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Perubahan tersebut diantaranya adalah dilantiknya Bapak Dr. Anan Sutisna, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 1 FIP dan Bapak Drs. Bahrudin, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 3 FIP. Sedangkan untuk posisi Dekan dan Wakil Dekan 2 masih tetap sama.

Sementara itu, perubahan status dari Program Studi menjadi Fakultas juga membuat susunan kepengurusan senat mahasiswa Psikologi ikut berubah.

Ketua Keluarga Mahasiswa Psikologi saat ini, Ayu Fitria mengatakan bahwa, “Iya akan ada pergantian tapi nanti di akhir periode kepengurusan, masih ikut pemilunya universitas,” katanya.

Walaupun statusnya berubah menjadi Fakultas Pendidikan Psikologi, di dalam FPP tetap hanya ada satu jurusan, yakni Psikologi. Hal ini seperti yang dikemukakan Ayu Fitria bahwa, “Kita tetap satu jurusan yaitu psikologi, tidak ada pembagian jurusan lagi seperti psikologi anak, psikologi klinis dan sebagainya.”

Dengan status barunya, Fakultas Pendidikan Psikologi saat ini akan meluluskan sarjana-sarjana Psikologi (S.Psi.). Semoga ini menjadi langkah awal bagi UNJ untuk dapat mencetak lulusan psikologi yang unggul dan mampu bersaing di masa depan.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Early Childhood Education'2014 State University of Jakarta