Home Mahasiswa Belajar

PKM-M Child Lego sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak di Rusun Jatinegara Kaum Jakarta

436
BAGIKAN

Beberapa bulan yang lalu telah diumumkan Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai oleh Dikti. 13 tim PKM dari Universitas Negeri Jakarta berhasil lolos didanai oleh dikti. Salah satu dari tim tersebut ialah tim PKM- Pengabdian Masyarakat, yaitu Tim Child Lego. Penasaran mengenai program apa yang diusung oleh Tim Child Lego?

Apakah Child Lego itu?

Child Lego merupakan akronim dari Children Lenong Group atau Kelompok Lenong Bocah. Jadi program yang diusung adalah mengadakan kegiatan lenong untuk anak-anak. Program yang diusung oleh tim Child Lego lebih menekankan pada sandiwara betawi.

Mengapa Tim Child Lego memilih sandiwara betawi dalam PKM-M ini?

Child Lego memilih sandiwara betawi sebagai wujud pelaksanaan program kegiatan PKM-M ini karena UNJ sebagai universitas negeri yang ada di Jakarta dan Jakarta berkaitan dengan betawi. Hal itulah yang membuat tim Child Lego tertarik untuk mengusung program yang berkaitan dengan kebudayaan sekaligus dapat mendukung pembentukan nilai karakter.

Apakah hubungan antara Child Lego dengan pembentukan karakter?

Hubungan antara Child Lego dengan pembentukan karakter ialah dengan melalui Child Lego anak-anak bisa mempelajari nilai-nilai karakter  yang terkandung dalam kegiatan bermain sandiwara betawi. Terdapat empat karakter yang tim Child Lego kembangkan dalam hal ini yaitu karakter cinta tanah air, jujur, empati, dan tanggung jawab.

Mengapa Tim Child Lego lebih mengusung pada pembentukan karakter?

Tim Child Lego mengusung pada pembentukan karakter karena pada saat ini perlu diadakannya pembentukan karakter untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukung penguatan pendidikan karakter yang dapat dipelajari anak-anak di lingkungan masyarakat yaitu melalui kegiatan Children Lenong Group. Pemilihan pembentukan nilai karakter ini juga didasari oleh anak-anak di Rusun Jatinegara Kaum yang kurang memiliki karakter yang baik. Contohnya anak-anak dirusun ini sebagian merupakan warga pindahan di pedongkelan yang sebagian besarnya terdapat anak-anak jalanan sehingga perlu adanya pembentukan karakter yang harus dikembangkan. oleh karena itu, tim Child Lego mengembangkan empat nilai karakter untuk kegiatan ini.

Mengapa hanya empat karakter yang dikembangkan oleh tim Child Lego?

Empat karakter yang diusung oleh tim Child Lego ini disesuaikan dengan kebutuhan karakter yang diperlukan dan kurang terlihat pada anak-anak di Rusun Jatinegara Kaum, selain itu pemilihan karakter ini juga disesuaikan dengan kebutuhan bangsa Indonesia.  Karakter cinta tanah air dan jujur diambil oleh tim Child Lego karena pada nilai karakter cinta tanah air dan jujur sudah sedikit sekali generasi muda yang menyadari pentingnya karakter ini. Pada nilai karakter empati diambil dari sikap empati yang mulai dirasa luntur pada generasi muda kemudian penyampaian nilai karakter ini diaplikasikan kedalam naskah yang berkaitan dengan teknologi dan juga karakter empati. Karakter tanggung jawab merupakan karakter yang diambil karena kebiasaan anak-anak di rusun yang kurang menjaga kebersihan untuk kemudian dikaitkan dengan nilai karakter tanggung jawab.

Bagaimana tim Child Lego dapat mengaplikasikan nilai-nilai karakter pada naskah sandiwara betawi Child Lego?

Tim Child Lego mengaplikasi nilai-nilai karakter pada naskah sandiwara betawi dengan cara mengambil cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada masyarakat Jakarta kemudian dikaitkan dengan karakter yang ingin dikembangkan. selain anak-anak bisa mempelajari nilai karakter melalui kegiatan ini anak-anak juga dapat melestarikan kebudayaan betawi serta lebih pentingnya lagi anak-anak merasa senang dengan ikut kegiatan ini.

Apa tujuan tim Child Lego membentuk kegiatan Children Lenong Group?

Tujuan dari kegiatan Child Lego adalah untuk membentuk karakter anak di Rusun Jatinegara Kaum melalui kegiatan sandiwara betawi. selain itu, untuk mengembangkan kemampuan diri anak dalam bidang performing art sehingga anak-anak juga bisa tampil di festival dalam maupun luar negeri.

Apakah ada acara khusus yang diadakan oleh tim Child Lego ini untuk menampilkan kegiatan ini?

Ya, tim Child Lego juga mengadakan acara untuk menampilkan hasil dari latihan kegiatan Children Lenong Group. Pada tanggal 3 Juni 2017 akan Ada acara Festival Kebudayaan Betawi “Bocah Rusun Nampil” yang akan diisi oleh penampilan sandiwara betawi dan permainan alat musik gambang kromong serta juga ada festival kuliner betawi. Acara ini akan dilaksanakan di Rusun Jatinegara Kaum letaknya didepan Stasiun Klender terbuka untuk umum termasuk kamu mahasiswa UNJ.

Ayo mahasiswa UNJ kita dukung Tim PKM Child Lego supaya lolos PIMNAS dan jangan lupa dukung 13 tim PKM UNJ lainnya.

Oleh: Astria Nurika (PGSD UNJ Angkatan 2013)

Tulisan ini dipersembahkan untuk Pesta Literasi 2017 yang diselenggarakan oleh UNJKita.

Komentar Kamu?