Home Berita

Potensi Generasi Millenials

256
BAGIKAN

UNJKita.com – Generasi millennials saat ini menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya. Tapi sebenarnya, siapakah generasi millenials itu dan apakah masyarakat benar-benar mengerti akan sebutan itu?

Millennials atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Maka, millenials adalah generasi muda yang berumur 17-37 pada tahun ini. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Di Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta merupakan generasi millenials atau berusia 17- 37 tahun. Hal ini berarti Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negaranya. Jadi, seberapa potensial Generasi Millenials di Indonesia?

Berikut ini pandangan beberapa narasumber yang diwawancarai oleh tim unjkita tentang “potensi yang selalu dimiliki generasi millenials, akan tetapi sering tak mereka sadari”

1. Billy Boen, Founder & CEO Young On Top

Bila ditanya tentang “potensi apa yang selalu dimiliki Generasi Millenials, akan tetapi sering mereka tidak sadari” adalah bagaimana ketika mereka belum mengenal dirinya sendiri, tidak memiliki keinginan yang luar biasa untuk maju dengan paham akan tujuannya, kadang kurang memiliki attitude yang baik serta suka memandang terlalu rendah dengan tolak ukur diri sendiri. Padahal bila keempat point ini menjadi senjata mereka Generasi Millenials Indonesia adalah senjata yang dapat bersaing dengan bangsa lainnya.

2. Yuliandre Darwis, Ketua Lembaga Komisi Penyiaran Indonesia

Bila ditanya tentang “potensi apa yang selalu dimiliki Generasi Millenials, akan tetapi sering mereka tidak sadari” adalah attitude dan passion serta semangat berkompetisi yang belum terlatih dan terarah dengan baik dan jelas. Karena hal ini jelas menjadi sebuah kekuatan yang nyatanya dibutuhkan untuk dapat bersaing dengan siapapun.

3. Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia

Bila ditanya tentang “potensi apa yang selalu dimiliki Generasi Millenials, akan tetapi sering mereka tidak sadari” adalah bahwa bangsa Indonesia memiliki kearifan lokal dengan aset yang luar biasa banyaknya dan hanya kita sendiri yang paham betul akan itu. Tapi minder selalu menjadi penghalang dalam paham dan berani untuk berkarya. Padahal potensi dari Generasi Millenials dapat teruji dengan baik seperti salah satu bentuk kontribusi dari Line adalah dengan memiliki webtoon yang mendorong para komikus Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing secara internasional. Seperti Line@ dimana mengembangkan kemampuan generasi ini untuk lebih mawas diri untuk memperbanyak relasinya.

4. Yoris Sebastian, CCO OMG Creative Consulting

Bila ditanya tentang “potensi apa yang selalu dimiliki Generasi Millenials, akan tetapi sering mereka tidak sadari” adalah bahwa generasi ini sebenarnya adalah generasi yang cepat dalam berproses dan berkontribusi. Generasi Millenials adalah generasi yang efisien dalam melakukan segala pekerjaannya. Ketika seorang atasan memberikan tugas dan mereka meminta atau melihat sebuah contoh pekerjaan yang ada hal ini bukan karena generasi ini malas atau tidak kreatif melainkan sebagai bentuk efisiensi waktu untuk bisa membuat karya yang sesuai dengan keinginan atasannya serta bisa memberikan inovasi terhadap karya tersebut. Sehingga potensi yang selalu dimiliki generasi ini adalah Efisiensi dan Kecepatan beradaptasi.

5. Wishnutama Kusubandio, CEO dan Co-Founder NET Mediatama Televisi

Generasi millennial saat ini memiliki sebuah potensi yang begitu besar dalam dirinya, namun selalu mereka lupakan. Bukan karena tidak mampu akan tetapi karena mudah menyerah sebelum memulai mimpi mereka nyatanya bila sebuah mimpi mereka mulai dengan melakukannya tidak ada yang tidak mungkin.

Jadi menurut kalian sobar unjkita. “Potensi apa yang selalu dimiliki Generasi Millenials, akan tetapi sering mereka tidak sadari”?

Komentar Kamu?