Home Mahasiswa Belajar

Profil Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNJ

2513
BAGIKAN

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga atau yang biasa dikenal PKK kerap dinilai hanya sebatas memiliki masa depan seperti yang dijalani Ibu-Ibu PKK tingkat Kelurahan maupun Kecamatan. Realitanya enggak demikian kok. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga merupakan program studi yang tepat bagi kamu-kamu yang senang belajar teori sekaligus praktik.

Buat kamu yang masih ragu dan bertanya-tanya, apa itu Pendidikan Kesejahteraan Keluarga? Bagaimana prospek lulusannya? Simak artikel berikut ya.

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta dibawah naungan Fakultas Teknik, telah terakreditasi A. Visinya yang mengarah pada masa depan, menyiapkan lulusan unggul dalam penguasaan IPTEKS, IMTAQ dan kewirausahaan. Ada dua program konsentrasi pilihan dalam PKK, yakni Ilmu Keluarga (IK) dan Akomodasi Perhotelan (AP). Keduanya memiliki tujuan lulusan yang berbeda.

Ilmu Keluarga (IK) memperdalam teori keseluruhan mengenai peningkatan kualitas hidup keluarga, dimulai dari peran keluarga dalam lingkup luas, ekonomi, perawatan dari bayi sampai lansia, hingga pada pemanfaatan manajemen yang dapat menyejahterakan keluarga. Sedangkan Akomodasi Perhotelan (AP) sesuai namanya, mengembangkan potensi dan keterampilan mahasiswa di bidang perhotelan.

Kualifikasi sarjana lulusan Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) yang mendapat pendidikan untuk menjadi guru SMP dan SMK di bidang keterampilan serta kewirausahaan berdasarkan karakter peserta didik serta mampu memilih model pembelajaran yang tepat.

Mata Kuliah

Apa saja yang dipelajari mahasiswa PKK?
1. Psikologi Perkembangan
2. Pendidikan dan Perlindungan Konsumen
3. Ilmu Kesejahteraan Keluarga
4. Ilmu dan Teknik Komunikasi
5. Ekonomi Keluarga
6. Tata Rias, Tata Busana, dan Tata Boga Dasar
7. Gizi
8. Gender
9. Sektor Pariwisata di Indonesia
10. Pengetahuan Hotel dan Akomodasi
11. Front Office dalam hotel
12. Housekeeping
13. Food and Beverage Service
14. Food Catering
15. Hotel Tour and Table Manner
16. Kewirausahaan
17. Industri Kreatif
18. Praktek Keterampilan Mengajar
19. Praktek Kerja Lapangan
20. Manajemen Sumber Daya Keluarga

Setelah lulus dari Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, prospek kerja dan karir yang bisa kamu jalani diantaranya ialah:
a. Guru
b. Tenaga pengajar formal dan non formal (Bimbel dan atau Instruktur)
c. Wirausaha
d. Peneliti bidang keluarga
e. Konsultan Keluarga
f. Kedinasan / Departemen (seperti Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, BKKBN, dll).
g. Perhotelan
h. Jasa bidang boga
i. Pekerja sosial (LSM atau Non-government Organization)
j. Penyuluh

Fasilitas

Menunjang mutu dan kualitas, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga mewadahi mahasiswa mempraktikkan langsung ilmu yang didapat saat perkuliahan. Beberapa laboratorium yang tersedia untuk PKK diantaranya :
– Laboratorium Manajemen Sumber Daya Keluarga
– Laboratorium Perhotelan
– Laboratorium Laundry
– Laboratorium Boga yang digunakan bersamaan dengan program studi Tata Boga
– Laboratorium Busana yang digunakan bersamaan program studi Tata Busana
– Laboratorium Rias yang digunakan bersamaan program studi Tata Rias

Berlokasi di Komplek kampus A Universitas Negeri Jakarta, Gendung H lantai 4, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dilengkapi dengan perpustakaan berisi koleksi skripsi para alumni sesuai keilmuan serta buku-buku penunjang yang relevan. Perpustakaan ini dapat dikunjungi baik untuk mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga maupun umum pada pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB. Selain itu terdapat pula sarana beribadah bagi umat muslim berupa musholah.

Menarik bukan, mempelajari Pendidikan Kesejahteraan Keluarga? Jika kamu ingin menjadi salah satu mahasiswanya, jalur yang dibuka untuk tahap seleksi terbagi menjadi SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Persiapkan dirimu, dan jadilah bagian dari Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta.

Oleh: Dian Pertiwi Joshua (PKK, Fakultas Teknik 2012)

Komentar Kamu?