Home Beasiswa

Program Beasiswa AFIM 2016

1839
BAGIKAN

Sekilas Program Bantuan 3B AFIM

Belajar Bersama Bang AFIM adalah program bersama antara PPI Montpellier, Asosiasi Persaudaraan Indonesiano-Francais-AFIM, Association Humanitaire Internationale-AHI. Lahir dari keprihatinan, semangat & kepedulian komunal yang didedikasikan kepada generasi cendekiawan muda di tanah air. Ide ini dihasilkan dari ruang pemikiran para mahasiswa PPI Montpellier sejak Februari 2009 dan mulai didengungkan ke ruang multi-komunitas di Montpellier pada bulan April tahun yang sama.

Sasaran utama program ini ditujukan kepada mahasiswa S1 yang berprestasi akademik, bermotivasi tinggi tetapi kurang mampu untuk membiayai proses perkuliahannya di Perguruan Tinggi Negeri.

Bentuk beasiswa unik ini dijabarkan dalam pemberian biaya SPP, biaya hidup bulanan, pembelian buku/referensi kuliah. Selain itu Pelajar PPI Montpellier secara langsung menjadi kakak angkat dalam rubrik bimbingan akademis seperti akses referensi penunjang perkuliahan sekaligus menjadi inspirator dan motivator untuk lanjut studi.

Penggalangan dana beasiswa bersumber dari sumbangan sukarela dan donasi tetap dari pelajar PPI Montpellier, komunitas AFIM, komunitas AHI dan donatur lainnya. Kamipun sangat terbuka dan mengharapkan donasi dari pihak manapun demi keberlanjutan aksi sosial ini.

Hingga kini, penerima beasiswa AFIM sudah tersebar ke pelosok nusantara : Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Persyaratan & cara pendaftaran

Program bantuan ini ditujukan bagi mahasiswa S1 yang telah memasuki semester 5, memiliki prestasi akademik yang baik, bermotivasi tinggi, belum pernah menerima bantuan 3B AFIM, tetapi memiliki keterbatasan untuk membiayai proses perkuliahannya.

Pendaftaran:

  1. Pemohon wajib mengisi secara lengkap form registrasi DISINI atau dari menu “Register 3B AFIM 2016” diatas, dan harus diisi dengan sebenar-benarnya.
  2. Selanjutnya, pemohon diwajibkan untuk mengirim dokumen-dokumen berikut melalui email ke alamat afim.montpellier@gmail.com dengan subject email “afim2016_nama” sebelum pendaftaran ditutup tanggal 1 April 2016:
    1. Foto terbaru berwarna;
    2. Kartu Tanda Penduduk;
    3. Kartu mahasiswa;
    4. Kartu Keluarga;
    5. Transkrip nilai dari semester 1 hingga sekarang;
    6. Surat motivasi 1 halaman;
    7. Surat keterangan tidak mampu orang tua/wali dan atau tagihan PBB tahun terakhir rumah orang tua/wali dan atau tagihan listrik bulan terakhir rumah orang tua/wali;
    8. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun yang ditandatangani oleh pihak kampus (fakultas);
    9. Sertifikat pendukung.

Dokumen yang dikirimkan tersebut bisa dalam format .JPG atau .PDF dengan catatan dokumen dapat terbaca dengan jelas.

  1. Semua dokumen yang akan dikirimkan tersebut disimpan dalam 1 file folder berformat .RAR atau .ZIP dengan nama file folder “afim2016_namapemohon” dengan besar file maksimal 10Mb.
  2. Dokumen yang tidak lengkap tidak akan diproses dan dinyatakan gugur.alur beasiswa

informasi lebih lanjut: AFIM

Komentar Kamu?