Home Alumni Lowongan Kerja

Program Magang Dosen Muda Kemenristekdikti 2016

1227
BAGIKAN

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan dosen muda, Direktorat Karier dan Kompetensi SDM Ditjen Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Kemenristekdikti memberikan kesempatan kepada masing-masing perguruan tinggi untuk mengusulkan dosen muda (dosen yunior) dalam mengikuti Program Magang Dosen Muda Tahun 2016.

Adapun program magang bagi dosen muda diselenggarakan dengan tujuan untuk :

  1. memperluas wawasan dosen muda dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan dunia kerja dosen (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara memberi kesempatan untuk mengalami secara langsung pelaksanaan kegiatan Tridharma tersebut di PT Pembina;
  2. memberikan pengalaman kepada dosen muda untuk mengenal secara langsung manajemen perguruan tinggi dan kerjasama dengan mitranya di PTN Pembina;
  3. memberi kesempatan kepada dosen muda untuk menjalin networking dengan dosen senior asal PTN pembina.

Biaya untuk pelaksanaan program magang dibebankan kepada anggaran Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Kemenristekdikti yang meliputi :
1. Untuk peserta program magang:
– Biaya satu kali perjalanan pergi-pulang dari Perguruan Tinggi (PT) Pengirim ke PT Pembina dengan mengikuti ketentuan yang berlaku
– Biaya hidup selama mengikuti program magang sebesar Rp 1.500.000,-/bulan (maksimal 5 bulan)
– Biaya buku, referensi, dan fotocopy sebesar Rp 250.000,-/per orang/bulan
– Biaya transport lokal sebesar Rp 480.000,-/bulan
– Biaya asuransi jiwa sebesar Rp 150.000,-
2. Untuk PT Pembina
Biaya pengelolaan program Magang di PT Pembina akan ditentukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI Kemenristekdikti.

Persyaratan Peserta Program Magang:
Pemilihan dan penetapan kriteria Dosen PT Pengirim yang diperkenankan untuk mengikuti Program Magang sepenuhnya diserahkan kepada kebijakan Pimpinan PT Pengirim dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang ada di tempatnya masing-masing. Syarat untuk menjadi peserta magang adalah :
1. Berpendidikan minimal S2
2. Berusia dibawah 40 tahun
3. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter), dan tidak sedang hamil
4. Status kepegawaian adalah sebagai dosen tetap dan mempunyai Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN)
5. Tidak sedang melaksanakan tugas belajar, prajabatan dan melaksanakan hibah penelitian
6. Mengupload surat pernyataan izin dari pimpinan Perguruan Tinggi (lampiran 1)
7. Mengupload surat pernyataan peserta kesanggupan untuk mengikuti kegiatan Program Magang secara penuh (lampiran 2)
8. Setelah peserta dinyatakan diterima sebagai Peserta Program Magang Kemenristekdikti 2016, peserta dilarang mengundurkan diri tanpa alasan yang dapat diterima oleh Kemenristekdikti
9. Peserta magang setelah selesai mengikuti Program Magang:
a. Kembali ke PT Pengirim yang bersangkutan
b. Menindaklanjuti hasil program magang untuk pengembangan institusinya

Bagi Perguruan Tinggi yang berminat agar melakukan seleksi internal, dan segera mendaftarkan peserta magang melalui laman: magang.dikti.go.id, dengan mengupload surat pernyataan pimpinan PT (lampiran-1) dan surat pernyataan peserta (lampiran-2). Lampiran yang dibutuhkan dapat didownload pada link berikut: Pedoman Program Magang 2016.

Pendaftaran peserta magang paling lambat tanggal 29 Juni 2016. Selanjutnya Kemenristekdikti akan menetapkan peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti program magang yang akan diumumkan pada awal bulan Juli 2016 melalui laman: sdid.dikti.go.id.

Informasi lebih detail terkait mengenai program magang untuk dosen muda dapat dibaca pada Pedoman Program Magang 2016 di atas, menghubungi email: magang@dikti.go.id, atau mengunjungi laman resmi: sdid.dikti.go.id.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.