Home Mahasiswa Belajar

Profil Lengkap Program Studi D3 UNJ

3219
BAGIKAN

Pendidikan Diploma adalah jenjang pendidikan vokasi yang terdapat di Indonesia. Pendidikan vokasi biasanya terdapat di perguruan tinggi politeknik dan akademi, Namun dibeberapa perguruan Tinggi juga terdapat pendidikan diploma termasuk di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Program Studi D3 di UNJ

Students Success

UNJ tidak membuka Program Diploma 1 dan Diploma 2, hanya terdapat program Diploma 3 (D3) saja. Ada lumayan banyak program studi D3 yang dibuka oleh UNJ, berikut daftarnya:

  • Program Studi D3 Hubungan Masyarakat
  • Program Studi D3 Jasa Usaha Wisata
  • Program Studi D3 Teknik Elektronika
  • Program Studi D3 Teknik Mesin
  • Program Studi D3 Teknik Sipil
  • Program Studi D3 Transportasi
  • Program Studi D3 Tata Boga
  • Program Studi D3 Tata Busana
  • Program Studi D3 Tata Rias
  • Program Studi D3 Sekretaris
  • Program Studi D3 Akuntansi
  • Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

Terdapat beberapa Fakultas yang tidak membuka prodi D3 yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Perbedaan D3 dan S1

Jenjang S1, Pembelajaran yang akan kamu dapat cukup luas, dan banyak pendalaman dibidang teori. Sementara D3 hal yang kamu pelajari sangat fokus pada keterampilan-keterampilan tertentu sesuai bidang yang kamu ambil. Jadi program apa yang harus kamu ambil D3 atau S1? Tergantung pada minat, bakat, dan cita-cita apa yang mau kamu raih.

Di UNJ Sendiri perbedaan yang paling dasar antara S1 dan D3 UNJ adalah outpunya mau jadi apa? Misalkan S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana, S1 dipersiapkan menjadi tenaga pendidikan bidang tata busana, sedangkan D3 UNJ disiapkan menjadi praktisi bidang tata busana.

Jika bakat dan minatmu adalah fashion design atau seni kuliner misalnya, kamu lebih cocok masuk D3. Selama kamu belajar D3, banyak kegiatan praktek lapangan yang berhubungan langsung dengan jurusan tersebut.

Benarkah Lulusan S1 Lebih dihargai dan mudah mendapatkan pekerjaan daripada D3?

Belum tentu, masing-masing lulusan memiliki peluang kerja yang sama. Kecuali jika status pendidikan terakhir dijadikan syarat oleh lowongan tersebut. Misalkan syaratnya harus S1, ya berarti hanya S1 yang boleh ikut lowongannya.

Prestasi, kesiapan, pengalaman, usaha, dan doalah yang menentukan kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau tidak. Sebisa mungkin ikuti berbagai macam kompetisi, workshop, dan seminar semasa kuliah. O iya jangan lupa untuk magang di perusahaan atau lembaga yang sesuai dengan bidang perkuliahan kamu. Intinya, pengalaman yang kamu dapatkan sebelum lulus kuliah sangatlah menentukan

Kesimpulan

Saatnya kamu memilih! Dimulai dengan mencari tahu apa rencana hidup kamu. Jika kamu suka mempelajar keterampilan-keterampilan dasar sampai tingkat mahir, D3 adalah program yang tepat. Setelah lulus kamu bisa bekerja di sebuah industri ataupun berwirausaha dengan keterampilan yang didapatkan ketika kuliah.

Jika suatu saat ilmu yang kamu dapatkan masih kurang. Kamu bisa melanjutkan kuliah ke S1. Tidak perlu mengulang dari awal, Cukup melanjutkan perkuliahan apa saja yang kurang untuk mendapatkan gelar Sarjana.

Sudah tahu kan tentang diploma 3. Berminat masuk D3 UNJ?

Komentar Kamu?