Home Agenda

Psychology Innovation in Art, Social, And Education (PIASE) Gunadarma

514
BAGIKAN

PIASE adalah pelafalan kata dari seorang tokoh psikologi perkembangan kognitif yaitu Jean Piaget. Piaget mengungkapakan bahwa individu membangun kemampuan kognitif melalui tindakan yang termotivasi oleh lingkungan dengan sendirinya. Dengan lingkungan yang positif dan membangun, individu akan mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Sehubungan dengan kenyataan bahawa program kerja ini adalah program kerja terakhir BEMF Psikologi Universitas Gunadarma periode 2015/2016, maka dari itu program kerja ini diharapkan mampu membangun lingkungan positif yang dapat membangun kemampuan kognitif mahasiswa maupun masyarakat.

Psychology Innovation in Art, Social, And Education adalah suatu rangkaian acara seni yang berlandaskan adanya unsur sosial dan edukasi yang dapat memberikan kelengkapan pemenuhan fungsi indera manusia yang mencakup proses visual, auditori, dan sensoris.. PIASE bertemakan “Let’s Your Mind Be Colored” yang memiliki arti bahwa seni tidaklah hanya berlandaskan asas hitam dan putih. Seni tidak hanya berfungsi sebagai keindahan semata, melainkan melalui cara yang tepat dan sesuai, seni dapat menjadi lebih berwarna dan bermanfaat melalui ajang kompetisi nyanyi, pameran visual dan festival kuliner,  talkshow sosial,  talkshow musik, dan konser musik yang berlandaskan pada penerapan psikologi.

 

TALKSHOW

THE MELODY OF MUSICAL MIND: PERSPECTIVE ON MUSICAL PSYCHOLOGY

 

Tanggal           : Sabtu, 21 Mei 2015

Lokasi             : Auditorium D462

Piase 2

  1. Konsep acara

Konsep acara ini adalah talkshow yang akan diisi oleh dua orang pembicara dan seorang moderator yang ahli pada bidangnya masing-masing. Talkshow ini akan dipandu oleh seorang Host/ Presenter/ VJ, yang memiliki wawasan cukup luas di bidang musik. Pembicara pertama pada talkshow ini adalah seorang Psikolog yang memiliki minat di bidang musik dan pernah meneliti psikologi musik. Selain itu, pembicara kedua akan diisi oleh salah satu Ekspertisi Musik Indonesia.

  1. Konten Acara

Talkshow ini akan memperkenalkan dan mengupas kajian tentang bagaimana individu membentuk suatu sense of music atau musikalitas individu, fenomena-fenomena di duniamusik yang berkaitan dengan aspek-aspek psikologis, membahas berbagai penelitian mengenai psikologi musik. Semua itu yang dikupas melalui dua perspektif yang berbeda yaitu  dari proses-proses psikologis individu dandari sisi industri musik Indonesia.

  1. Teknis Acara

Acara ini akan buka oleh sambutan-sambutan dari Ketua Panitia, Ketua BEM Fakultas Psikologi Gundarma, beserta Pembina BEM Fakultas Psikologi Gundarma. Di awal acara MC akan memperkenalkan moderator secara singkat, kemudian memanggil moderator untuk memandu jalannya talkshow. Moderator  akan memanggilkan satu persatu pembicara dan berbincang-bincang mengenai konten acara talkhow ini. Setelah sesi talkshow berakhir, akan ada sesi tanya jawab dengan peserta, yang akan diselingi oleh hiburan serta doorprize. Pada akhir acara, talkshow ini ditutup oleh jamming sessionyang akan dimulai oleh salah satu pembicara, dan panitia juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk ikut serta di jamming session ini.

 

  1. Pengisiacara/GS:
  • Band regist
  • Like Father Like Son (Benny Likumahua dan Barry Likumahua)

 

  1. Pembicara :
  • Moderator : Eddi Brokoli
  • Psikolog             : Hendro Prabowo,S.Psi
  • Ekspertisi Musik : Benny Likumahua

 

KETERBATASAN BUKAN BATASAN

 

Tanggal           :Rabu, 25 Mei 2015

Lokasi             : Auditorium D462, Universitas Gunadarma Depok

 

  1. Konsep acara:

Talkshow yang membahas tentang anak berkebutuhan khusus. Yang bertujuan membuka dan merubah paradigma masyarakat bahwa keterbatasan bukanlah batasan dalam mencapai prestasi tertentu khususnya dalam bidang musik atau akademik lainnya.

  1. Konten Acara:

Acara diisi dengan kujungan ( awal tahun 2015) bertempat di SLB Nusantara Beji,Depok guna observasi dan wawancara sebagai bahan membuat video dokumenter juga karya tertentu bersama abk, juga  talkshow yang di pandu oleh seorang MC dengan 2 pembicara(Arist Merdeka Sirait dan Katarina Ira Puspita, M.Psi) yang membahas mengenai fenomena seperti memandang ABK sebelah mata, juga beberapa hal yang dapat memotivasi seperti meskipun mereka terbatas dalam satu atau lain hal itu tidak menjadi batasan mereka dalam berkarya, selain itu diisi dengan penampilan anak berkebutuhan khusus dalam bidang musik.

  1. Teknis acara:

Acara di buka dengan penampilan dari Zelda Maharani dengan konsep fenomena ABK yang dipandang sebelah mata, lalu ada monolog yang memanggil mc dan mc masuk,setelah itu mc memanggil para pengisi sambutan , lalu ada beberapa sambutan dan, masuk dengan acara inti berupa talkshow. Mc memanggil dan memperkenalkan moderator dan moderator memanggil 2 pembicara untuk masuk ke panggung. Talkshow berjalan 2 arah dan disertai pertanyaan dari para peserta talkshow. Setelah itu ada penyerahan plakat kepada pengisi acara, dan mc kembali memandu acara,lalu ada pemutaran video dokumenter, mc kembali memandu acara juga ada 2 penampilan anak berkebutuhan khusus sebagai hiburan tambahan, juga mc memandu juga menginformasikan acara selanjutnya dan ditutup dengan penyerahan plakat juga penampilan bersama anak ABK (bernyanyi bersama).

  1. Pengisi acara:
  • Zelda Maharani
  • Penampilan ABK (piano)
  • Penampilan ABK

 

  1. Pembicara/GS
  • Aris Merdeka Sirait
  • Katarina Ira Puspita

 

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.