Home Berita

PTN Berikan Kuota 20 Persen untuk Anak Miskin

761
BAGIKAN

Unjkita.com -Penerimaan mahasiswa baru 2016, perguruan tinggi negeri memberikan kuota 20 persen untuk anak miskin. Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir seusai membuka rapat koordinasi pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti di Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/2).

Nasir mengatakan untuk 10 persen diberikan kepada anak yang tergolong miskin, tetapi membayar kuliah makasimal Rp1 juta per semester dan yang 70 persen untuk umum yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian orang tua. Besar kecilnya uang kuliah tunggal (UKT) ditentukan oleh rektor masing-masing perguruan tinggi.

“Untuk itu saya minta dalam memberikan beasiswa kepada anak miskin yang berprestasi itu jangan sampai keliru. Kami berharap perguruan tinggi betul-betul mengecek kondisi orang tuanya sampai ke rumah masing-masing,” ujarnya seperti dilansir republika.co.id .

Ia menambahkan, dalam menentukan UKT kepada mahasiswa harus ada keadilan dan bagi mereka yang orang tuanya mampu. Menristekdikti mengatakan untuk anggaran PT negeri dalam tahun ini juga tidak mengalami perubahan dan masih seperti tahun lalu yaitu sebesar Rp4,55 triliun.

Komentar Kamu?