Home Alumni

Refleksi IKA UNJ ; Melakukan Yang Bisa Dilakukan, Lakukan Yang Terbaik

270
BAGIKAN

Ikatan Alumni adalah organisasi alumni yang menghimpun dan menyalurkan aspirasi para alumni dalam rangka turut serta memberikan peranan dalam pembangunan bangsa dan menjunjung tinggi almamater. Dengan pertimbangan semakin besarnya jumlah alumni dan besarnya tantangan yang dihadapi pada masa yang akan datang, maka dirasakan perlu adanya konsolidasi baik dibidang organisasi maupun profesionalisme. Berkembangnya jumlah alumni juga menuntut penyaluran aspirasi yang semakin luas.

Di era kini, peran Ikatan Alumni tidak hanya penting dalam mewujudkan visi & misi suatu perguruan tinggi, khususnya dalam kegiatan akreditasi. Tapi lebih dari itu, Ikatan Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” alumni yang lain (alumni yang baru lulus) untuk masuk ke dunia kerja atau profesional. Hampir semua perguruan tinggi yang “berkualitas” selalu ditopang oleh Ikatan Alumni yang mumpuni pula. Realitas ini pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi tersebut. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi. Itu penting, baik untuk perguruan tinggi maupun alumninya.

  1. Peran alumni dan IKA UNJ terhadap kualitas lulusan UNJ sangat penting. Postur alumni akan menunjukkan pencitraan dan kualitas sebuah almamater. IKA UNJ bukan sekadar forum silaturahmi antar alumni saja, tetapi juga wadah untuk berembuk dan mengkomunikasikan upaya dan usaha dalam memajukan almamater.

Alumni memiliki peranan penting dalam memberdayakan IKA UNJ. Kehadiran alumni dalam setiap forum yang menghadirkan para mahasiswa, dan kemudian berbagi pengalaman kuliahnya hingga apa yang diraihnya sekarang, merupakan inspirasi yang mudah ditanamkan di benak para mahasiswa.

Sejatinya kedudukan alumni sebagai pilar UNJ sangat strategis dalam konteks kebermaknaan UNJ di masyarakat. Masyarakat tentu akan menilai UNJ setidaknya dengan sepakterjang alumninya. Alumni sebagai bagian integral dari perguruan tinggi dapat menjadi alat ukur dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap UNJ, maka salah satu indikator yang bisa di gunakan untuk melihat kualitas produk dari hasil pendidikan dari UNJ yang kita cintai ini adalah melalui kiprah alumninya baik di lingkungan kerja maupun masyarakat.

  1. Persebaran alumni dalam bidang pekerjaan harus dapat diketahui oleh UNJ agar diketahui sejauh mana kualitas output pada tingkat kesesuaian keilmuan dengan bidang pekerjaan yang digelutinya. Hal ini penting sebagai refleksi dalam setiap penerapan kebijakan UNJ sebagai upaya mendorong penguatan keterampilan seorang alumni agar maksimal dalam kesesuaian bidang pekerjaanya.

Diperlukan penelusuran untuk memperoleh berbagai informasi penting yang sangat bermanfaat bagi UNJ dan para alumni. Penelusuran memungkinkan UNJ melacak kondisi alumni yang dihasilkan dan dari informasi yang diperoleh dapat diambil berbagai kebijakan dan tindakan yang memberikan manfaat bagi para alumni dan bagi pengembangan UNJ kedepannya. Salah satu manfaat penting dari penelusuran adalah diperolehnya informasi tentang relevansi program pendidikan yang diselenggarakan dengan kebutuhan lapangan. Menjamin adanya relevansi antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan merupakan keharusan bagi setiap lembaga pendidikan. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menjelaskan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, serta relevansi, dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

UNJ dan alumninya harus bersinergi. Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari UNJ sebagai tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih UNJ telah menjadi bagian dari suksesnya seorang alumni. Sebaliknya, jika UNJ mampu memfasilitasi dan menghargai alumninya (apalagi yang sudah sukses) melalui wadah Ikatan Alumni maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai “tempat belajar” yang direkomendasi dan berkualitas. Sangat disayangkan, jika banyak alumni UNJ yang sukses dan memiliki potensi, tapi tidak mampu “bersinergi” dengan UNJ.

SINERGI UNJ dan alumni, mutlak harus diwujudkan, Itu harga mati. Di tengah kompetisi dan dinamika peradaban yang kian sengit, sinergi UNJ dan alumni menjadi eleman penting. Jadi, MEMULAI membangun SINERGI antara UNJ dan alumni tidak ada kata terlambat untuk dilakukan.

  1. Sebagai satu-satunya kampus negeri yang berada di ibukota negara Republik Indonesia tercinta, tantangan bagi alumni UNJ untuk berkiprah bukan hanya untuk membesarkan kampus UNJ namun juga untuk membesarkan bangsa yang kita cintai bersama. Para alumni dituntut untuk mampu bersaing dan menunjukkan kualitas diri  untuk meraih kepercayaan di berbagai aspek kehidupan bangsa. Menyusuri lorong waktu berbekal semangat juang serta lembaran daftar riwayat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta.

Perguruan tinggi yang telah maju memberikan gambaran betapa pentingnya peran para alumni dalam menguatkan dan membesarkan perguruan tinggi yang merupakan tempat mereka menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi. Kiprah para alumni mengisi pilar–pilar pembangunan negeri menjadi daya tarik tersendiri dalam mempromosikan kampus dan mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Selain itu para alumni yang memiliki kekuatan dalam membangun opini publik serta memiliki peran strategis bagi bangsa akan sangat mudah memberikan saran, pandangan, pemiikiran dan koneksi  serta relasi  yang memungkinkan akan membina hubungan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan terhadap UNJ dan IKA UNJ.

Terbinanya hubungan yang harmonis antar alumni dan kampus merupakan tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, dan produktif, sehat jasmani dan rohani serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Sejalan dengan tujuan  pendidikan nasional tersebut, tujuan  pendidikan di tingkat perguruan tinggi adalah: menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional  yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau mencipkatan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Generasi berkeilmuan menjadi tujuan nasional, generasi yang mengemban amanah dalam membawa bangsa Indonesia kearah kemajuan, generasi yang akan mewujudkan cita – cita Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, Alumni merupakan bagian dari insan perwujudan dan harapan tujuan pembangunan nasional. Untuk mengelola percepatan dalam mewujudkan peran serta alumni dalam mengelola bangsa dan negara, dengan upaya penguatan Alumni UNJ melalui persatuan dan kesatuan ikatan alumni sebagai gerbong berserikat dan berkumpul, diharapkan mampu bersama-sama membangun dan memajukan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Setidaknya ada 3 orientasi yang harus diciptakan IKA UNJ:

  1. Ikatan Alumni yang tak usang oleh waktu, yang tidak mengenal fanatisme kelompok, angkatan atau usia sekalipun. Memang sulit, tapi kegagalan banyak IKATAN ALUMNI karena terlalu banyak dikotomi di antara anggotanya. Inilah PR besar yang perlu kita cari “jalan tengah”.
  2. Ikatan Alumni selalu mencerahkan, yang membangun tradisi untuk “bersinergi nyata” bukan sekedar kangen-kangenan dan nostalgia. Informasi terkini dari UNJ harus didapat dan apa yang bisa diperbuat alumni untuk UNJ, harus dimaksimalkan. Ikatan Alumni harus mencerahkan bagi para alumninya, bagi UNJ, dan jika perlu bagi mahasiswa yang sedang belajar di UNJ. Ini PR lagi.
  3. Ikatan Alumni harus realistis, tidak berlebihan dalam “bermimpi”. Jangan terlalu banyak yang di mau, di samping jangan ada kepentingan orang per orang yang dominan, semuanya didasari pada realitas. Apa adanya bukan ada apanya. Realistis dalam melihat dinamika zaman, realistis dalam berteman, realistis dalam mengatur waktu.

Ketiga dasar itu yang menurut saya dapat membuat IKATAN ALUMNI memiliki “daya guna” yang lebih tinggi. Apa yang saya sampaikan ini untuk menjadi “bahan renungan” bersama para alumni dalam “realitas kekinian” manusia dan masyarakat.

Saat ini banyak orang cenderung apatis, hedonis, dan terkesima dengan hiruk pikuk kehidupan. Tanpa mampu berbuat yang lebih bagi orang lain. Jika kita renungkan, kenapa bangsa ini semakin banyak orang pintar tapi makin banyak koruptornya? Karena ada yang hilang di era belajar saat proses kepintaran mereka. Di saat belajar, orang-orang pintar itu “kehilangan” konsep berpikir keilmuan yang harus ada pada dirinya, yaitu:

  1. ETIKA akan pentingnya mengajarkan manusia untuk berbuat baik dan menjadi teladan dalam kehidupan. Mereka pintar tapi lupa etika saat harus mengimplementasikan ilmu yang dimiliki,
  2. LOGIKA akan pentingnya kepandaian akademis dalam berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat. Logika harusnya dapat membawa kita untuk mencapai cita-cita, tapi setelah itu logika juga tidak boleh menjadikan orang pintar bersikap apatis. Orang pintar harus pandai juga bermasyarakat sehingga kepintarannya mampu menjadi solusi bagi masyarakat. Bukan sebaliknya, orang pintar yang menganggap setiap masalah dan dinamika yang terjadi di masyarakat dapat diselesaikan dengan sendiri-sendiri, dan
  3. ESTETIKA akan pentingnya mengajarkan kreativitas dalam menerapkan disiplin ilmu yang dimiliki. Kemampuan memadukan etika dan logika, masih mau berdiskusi dan menuliskan pemikirannya.

Menurut hemat saya, cukup banyak yang sudah dilakukan oleh IKA UNJ pada periode-periode sebelumnya, namun masih cukup banyak waktu dan kesempatan untuk bisa berbuat lebih. Bahwa masih ada kekurangan-kekurangan tentunya akan dapat diperbaiki apabila kita para alumni secara aktif berpartisipasi mulai dari yang sederhana sampai pada posisi yang harus bertanggung jawab pada pengembangan kampus UNJ yang kita cintai.

Akhir kata, kami dan terkhusus saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kepercayaan dan amanah yang diberikan, Insya Allah kami akan melaksanakan segala amanah dan tanggung jawab ini dengan penuh keikhlasan.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.