Home Berita

Relawan Community Development UNJ Siap Mengabdi dan Berkontribusi untuk Negeri

1235
BAGIKAN

Unjkita.com – Kegiatan pelatihan relawan Community Development (Comdev) se-UNJ telah diadakan pada tanggal 12 Desember 2015 di Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan yang diprakarsai oleh BEM UNJ ini sukses membakar semangat 109 peserta yang telah hadir. Peserta yang hadir pada kegiatan pelatihan tersebut adalah mahasiswa UNJ dan perwakilan relawan-relawan community development se-UNJ. Kegiatan pelatihan relawan comdev dimulai pada pukul 08.30 WIB.

Goals dari kegiatan pelatihan ini adalah mencetak relawan comdev UNJ yang tangguh, tanpa pamrih dan peka terhadap lingkungan,” ujar Iman Nur Syuhada, Ketua Pelaksana Pelatihan Relawan Comdev se-UNJ.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Ketua BEM UNJ, Ronny Setiawan, dan Dewan Penasihat FPBN (Forum Pemuda Bangun Negeri), Suyadi. Perwakilan 10 Community Development UNJ juga tak lupa untuk memperkenalkan diri dihadapan peserta, diantaranya Comdev UNJ, Comdev FT (Sanggar Belajar Biru), Comdev FBS, Comdev FIS (Desa Pendidikan), Comdev FE, Comdev Jurusan Psikologi (Rumah Psikologi), Comdev FIP (Teras Koalisi), Comdev FMIPA (Desa Binaan), Comdev Jurusan PGSD (Rumbel Ceria), dan Comdev Karya Salemba Empat (Madu KSE).

“Materi pertama diisi oleh Bapak Efri Syamsul Bahri, Sekjen FPBN, tentang urgensi comdev bagi mahasiswa. Pak Efri menyampaikan tentang konsep comdev, strategi comdev bagi mahasiswa, dan terakhir ada juga simulasi comdev mahasiswa dengan mengajak perwakilan tiap-tiap comdev. Mereka diberikan waktu 90 menit untuk menuliskan seputar pengetahuan comdev mereka, lalu satu persatu mempresentasikannya di hadapan peserta,” jelas Citra Vileta, salah satu panitia acara tersebut.

1

Tidak hanya penyampaian materi tentang urgensi comdev bagi mahasiswa, kegiatan pelatihan relawan comdev se-UNJ ini juga diisi oleh Muhammad Nasir dan Hendro Wibowo, tentang model comdev berbasis zakat dan praktik pemberdayaan nelayan.

“Peserta antusias karena selain mendapatkan materi-materi yang begitu bermanfaat, mereka juga bisa bertemu relawan sesama comdev dari berbagai lintas fakultas dan jurusan. Saya optimis, semua relawan comdev se-UNJ siap mengabdi untuk masyarakat sekitar UNJ bahkan siap berkontribusi untuk negeri,” ungkap Iman.

Kegiatan pelatihan relawan comdev se-UNJ ditutup dengan pemutaran video singkat tentang 10 comdev se-UNJ. Acara tersebut selesai pada pukul 15.45 WIB.

“Follow up dari acara tersebut adalah akan ada kerja sama antar perwakilan comdev se-UNJ dengan lembaga FPBN,” pungkasnya.

Komentar Kamu?