Home Suara Anda Ruang Publik

Release Aksi Gugat KPU FE UNJ

1401
BAGIKAN

Kemarin, kamis 15 desember 2016 sekumpulan mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa FE Menggugat (AMFM) kembali mendatangi sekretariat KPU FE UNJ dan Panwaslu FE UNJ pada pukul 16.30 untuk mengadakan audiensi terkait penyelanggaran Pemilu di FE UNJ.

Hal yang menjadi permasalahan dimulai ketika pada hari selasa, 13 Desember pihak KPU FE UNJ mengumumkan hasil akhir verifikasi tahap ke-2 kepada para bakal calon ketua BEM FE UNJ dimana dari hasil pengumuman tersebut diketahui bahwa :

  • Saudara M. Hashfi Aufar LOLOS menjadi calon ketua BEM FE UNJ.
  • Saudara M.Ariq Fauzan Hakim LOLOS menjadi calon ketua BEM FE UNJ.
  • Saudara Ivan Aprianto TIDAK LOLOS menjadi calon ketua BEM FE UNJ

Ketidaklolosan saudara Ivan Aprianto tersebut adalah karena adanya KTM ganda diantara 2 calon yang ada(Ivan Aprianto & M.Ariq Fauzan Hakim) , yang dimana pada tahap verifikasi pertama temuan KTM ganda ini tidak diberitahukan kepada 2 calon yang bermasalah dan tidak dicantumkan pada Press Release yang dibuat oleh pihak KPU FE UNJ. Hal ini menjadikan tim sukses dan para pendukung dari 2 calon yang ada merasa dipermainkan oleh KPU FE UNJ.

Pada audiensi rabu, 14 desember kemarin, pihak KPU beralasan mereka berhak untuk tidak mencantumkan semua kesalahan pada pemberkasan karena itu tidak diatur pada PKPU FE UNJ, dan hal ini menjadi tanya besar bagi semua peserta pemilu FE UNJ. Ketiga calon kandidat ketua BEM FE UNJ pun memiliki pandangan yang sama dimana hal ini adalah suatu kelalaian dari KPU FE UNJ. Dimana akhirnya Tim Sukses dari saudara Ivan Aprianto (didukung oleh Tim Sukses saudara M. Hashfi Aufar dan M.Ariq Fauzan Hakim) melayangkan gugatan kepada Panwaslu FE UNJ atas kelalaian yang dilakukan oleh KPU FE UNJ. Namun sangat disayangkan, kondisi dari Panwaslu FE UNJ sendiri bisa dikatakan sedang tidak baik. Dari ke-6 orang Panwaslu FE UNJ yang ada, 3 orang diantaranya mengundurkan diri untuk mengikuti PILEG FE UNJ. Hal ini menjadikan kinerja dari Panwaslu FE UNJ sendiri patut dikhawatirkan.

Hingga pada akhirnya massa dari AMFM kembali mengunjungi sekretariat KPU FE UNJ dan Panwaslu FE UNJ untuk menanyakan perkembangan gugatan yang sedang bergulir dikarenakan kita tidak juga diberi kabar perkembangannya dan juga memberikan tuntutan terkait penyelanggaran Pemilu di FE UNJ ini. Pada saat massa AMFM mendatangi sekretariat, kembali sangat disayangkan kita tidak mendapati adanya orang dari KPU FE UNJ dan Panwaslu FE UNJ yang hadir. Setelah beberapa lama kami menunggu akhirnya perwakilan dari Panwaslu FE UNJ datang namun sampai audiensi hari ini selesai pihak KPU FE UNJ tidak juga hadir untuk menemui massa AMFM.

Kami dari AMFM memberikan 3 Tuntutan, yaitu :

  1. Percepat proses penilaian gugatan dari saudara Ivan Aprianto.
  2. Berikan sanksi kepada KPU atas kelalaiannya.
  3. Perpanjang masa pemberkasan calon ketua BEM FE UNJ selama 1 hari lagi.

Pada pukul 17.30 massa dari AMFM membubarkan diri dan menempelkan beberapa spanduk perjuangan pada Sekretariat KPU FE UNJ dan Panwaslu FE UNJ.

Ttd,
Aliansi Mahasiswa FE Menggugat.

 

Penulis : Nia Widya Utami

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu