Home Alumni

Review Abroad You(th) Buku Antologi, Dedikasi untuk Pemuda Indonesia

279
BAGIKAN

UNJKita.com – Mimpi adalah sebuah momentum indah yang mencerminkan sebuah tujuan yang ingin kita genggam tentang masa depan mereka yang berani untuk bermimpi dan berjuang mewujudkannya. Setiap orang berhak untuk berharap hal-hal yang baik dan positif akan terjadi di masa depan mereka.

Meskipun demikian, tantangan dan rintangan hidup yang harus dilewati terkadang membuat keindahan-keindahan mimpi tersebut menjadi pudar dan hilangnya harapan untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Sehingga kuncinya adalah satu, terus bermimpilah tentang apa yang Anda inginkan, dan pergilah ke tempat-tempat yang Anda inginkan.

Mengenal sebuah mimpi buku ini bercerita tentang kisah dan pengalaman inspiratif oleh 25 pemimpin muda dari seluruh Indonesia untuk bergabung dalam berbagai peluang untuk mewujudkan mimpi besar mereka yaitu menuju go-international.

25 pemuda Indonesia dengan program internasional yang berbeda berbagi kisah tentang pengalaman mereka saat meraih kesempatan menginjakkan kaki di luar negeri. Cerita mereka dimulai dari perjuangan di masa seleksi, perjalanan di hari pelaksanaan hingga kegiatan pascaprogram. Mereka juga memberikan tips and tricks supaya bisa terpilih dan hadir sebagai delegasi perwakilan Indonesia. Program internasional yang dimaksud berupa kompetisi, penelitian, presentasi karya tulis ilmiah, kursus singkat, magang, study tour, pertukaran pelajar atau pemuda, konferensi, lokakarya, forum diplomasi, dan pengabdian masyarakat yang secara rutin diselenggarakan, baik berskema fully funded, partial funded maupun self funded.

Buku antologi ini diinisiasi oleh Putri Agustina, seorang alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Putri sudah berpikir untuk menuangkan beberapa pengalamannya dalam mengikuti program kepemudaan yang kegiatannya diselenggarakan di luar negeri semasa dia menjadi mahasiswi. Namun, karena pada saat itu pengalamannya hanya tiga kali gratis ke luar negeri maka dia pun membuka formulir kontributor. Akhirnya, karya tersebut kini menjadi antologi dengan beragam kisah khas anak muda saat meraih mimpi untuk terlibat dalam kegiatan positif pengembangan diri di level global.

Putri Agustina, Alumni UNJ inisiator buku Abroad Youth

Putri merasa bahwa semua pemuda Indonesia berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang supaya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan luas lalu siap membuat perubahan positif di tanah air.

Buku ini terdiri dari 25 konten yakni :

  1. G(irls)20 Summit
  2. ASEAN International Mobility for Students (AIMS) Program
  3. Ibnu Batutah Scholarship
  4. Make a Difference (MaD)
  5. Smart Living Challenge
  6. International Congress of Asian Planning Schools Association (APSA)
  7. Kyung Hee International Exchange Student Program, Global Korea Scholarship (GKS)
  8. Synchrothron Light Research Institute (SLRI) Science Camp
  9. Asia Pacific Youth Parliament for Water (APYPW)
  10. Australian and New Zealand Association Health Professional Educators – Asian Medical Association (ANZAHPE – AMEA)
  11. Asian Cooperative Program (ACP) Summer School
  12. International Student Festival in Trondheim  (ISFiT)
  13. Study Visit Germany
  14. Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP), Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)
  15. Global Startup Youth (GSY) ASEAN, ASIAN LaunchPad Program
  16. CIMB Young Leaders ASEAN Summit (CYLAS)
  17. Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI), Study of the United States Institut (SUSI) (Environmental Issue)
  18. United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC)
  19. ASEAN – Korea Future Oriented Youth Exchange Programme
  20. University of Tokyo Summer Internship Program (UTSIP)
  21. Summer School on Global Health University of Groningen
  22. AIESEC (Taoyuan, Taiwan)
  23. International Youth Forum (IYF) Seliger
  24. Asia Pacific Youth Forum and Training Workshop (APYF)
  25. International Youth Peace Ambassador

Salah satunya yang menarik yakni mengenai konten ke-20 yaitu, University of Tokyo Summer Internship Program (UTSIP). Putri memberikan sebuah gambaran yang jelas, sederhana yang memudahkan pembaca bagaimana pedoman dari proses masa program, bagaimana cara mendaftar Hingga pedoman untuk membuat materi aplikasi seperti surat lamaran, Curriculum Vitae (CV), Hingga Paspor Anda nantinya. Hingga tenggat waktu aplikasi untuk menunggu hasil dari prosesnya.

Untuk spesifikasi, buku ini memiliki 300 Halaman dengan ukuran 14 x 20 cm (A5), dalam cetakan berwarna.

Sehingga semoga buku ini dapat memberikan motivasi kepada generasi muda di Indonesia yang jumlah populasinya telah mencapai 25% dari total seluruh penduduk Indonesia.

Untuk pemesanan buku ini, silakan menghubungi 08998715113 (Putri) via Whatsapp atau kunjungi situs abroadyouth.id dan follow media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) @abroadyouthid sekarang.

Komentar Kamu?