Home Mahasiswa Komunitas

Sebuah Salam Dari Pers Mahasiswa Econochannel FE UNJ

1421
BAGIKAN

Sebuah langkah pergerakan dalam menuju kemerdekaan yang hakiki selalu lahir dari banyak cara, masing – masing tokoh memiliki peranan penting sebagai bagian dari sebuah cerita itu sendiri. Bahkan sebuah langkah dari media. Media sebagai jalur komunikasi antar generasi yang memberikan suatu informasi yang dapat diteladani itulah salah satu dari manfaat sebuah pers. Media kini telah banyak berubah. Banyak orang sekarang bingung dan berpikir akan tidak adanya perbedaan antara berita dan hiburan. Orang yang memproyeksikan diri sebagai wartawan di televisi tidak tahu apa-apa tentang jurnalisme. Padahal sejatinya sebuah berita yang sampai nantinya adalah salah satu jembatan untuk mempelajari cara beradaptasi selayaknya hakikat manusia yang harus terus berkembang.

Pers pada masa perjuangan pergerakan nasional, telah menampakan keterlibatannya sebagai medium komunikasi. Ia cenderung menjadi alat perjuangan dari kaum pergerakan. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan bahwa pers nasional merupakan bagian tak terpisahkan dari perjuangan pergerakan nasional karena sesungguhnya pers merupakan bagian dari perjuangan itu. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) khususnya Fakultas Ekonomi (FE) menjadi salah satu yang memiliki sebuah organisasi mahasiswa yang bergerak dalam komunikasi, informasi, dan pers yang lebih dikenal dengan sebutan “EconoChannel”.

“Ketika orang membaca EconoChannel, masyarakat dapat mengingat ini pasti produk FE UNJ” jelas Pak Dedi Purwana, Dekan Fakultas Ekonomi UNJ.

Econo Channel sebagai satu – satunya organisasi mahasiswa (ormawa) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) FE UNJ yang bergerak di bidang komunikasi, informasi, dan pers ini mulai berdiri pada Mei 2005. Sejak awal pendiriannya pihak dekanat FE UNJ merasa bahwa sangat dibutuhkan sebuah media komunikasi sebagai wadah untuk menampung informasi seputar Fakultas Ekonomi UNJ agar eksistensinya lebih dikenal oleh khalayak meninjau pada waktu itu Fakultas Ekonomi yang baru berdiri setelah lepas dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sejak saat itulah terbentuknya EconoChannel. Mengingat kenangan 10 tahun silam, Pak Dedi Purwana sebagai dosen Fakultas Ekonomi mencetuskan bahwa FE harus mempunyai sebuah wadah sebagai sarana komunikasi. Akhirnya, terbentuklah nama EconoChannel sebagai lembaga resmi. Tujuan utama EC ini adalah sebagai saluran media komunikasi antar keluarga besar Fakultas Ekonomi dan juga sebagai sarana promosi kepada stakeholder FE seperti calon mahasiswa, sekolah, industri, dan masyarakat. Dengan adanya media ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh FE dan masyarakat dapat pula memberikan masukan-masukan mengenai hal apa saja yang dibutuhkan.

IMG_3076
Pengurus LPM EconoChannel FE UNJ

Selama 10 tahun mendampingi Fakultas Ekonomi untuk memberikan informasi yang akurat dan bernilai, telah banyak perjuangan dan tantangan yang telah dilalui seluruh pengurus EconoChannel dari masa ke masa. Hingga saat ini EconoChannel masih eksis di Fakultas Ekonomi. Memasuki awal kepengurusan baru pada tahun ini dengan nama kabinet EconoChannel “Produktif” di bawah pimpinan Dian Lestari mahasiswi konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi 2013, banyak hal yang sudah disusun untuk mengisi program kerja di tahun 2016. Kata “Produktif” yang telah diusung menunjukkan bahwa EconoChannel harus mampu prospektif, inovatif, dan imajinatif dalam menghasilkan karya – karya yang luar biasa demi menjaga eksistensi yang telah dibangun dengan meningkatkan produktivitas yang tinggi dan hasil yang berkualitas. Untuk itu, dibutuhkan anggota-anggota baru yang memiliki keinginan yang kuat untuk menuju EconoChannel Produktif yang lebih maju. Bergabunglah bersama kami untuk menciptakan sejarah baru yang dapat membanggakan EconoChannel dan Fakultas Ekonomi.

Econochannel tahun ini memiliki visi untuk menjadikan Econochannel sebagai lembaga pers mahasiswa yang produktif dalam menyajikan berita aktual, terpercaya, dan informatif sebagai sarana edukasi deemi mewujudkan pers yang berbudaya dan berdedikasi untuk civitas akademika FE UNJ yang di ikuti dengan beberapa misisnya.

“Saya mengajak seluruh Civitas Akademika untuk bersama – sama membesarkan Fakultas Ekonomi melalui pengoptimalan peran media yang bersifat objektif dan independen” ujar Dian Lestari – Pemimpin Umum EconoChannel 2016/2017

Econochannel memiliki beberapa program kerja andalan didalamnya seperti :
Grand Econochannel Event (GREAT)

Pada 18 November 2015 EconoChannel FE UNJ telah berhasil mengadakan GREAT2nd (Grand EconoChannel Event) yang berlangsung di gedung Sertifikasi Guru lantai 9, kampus A Rawamangun, Universitas Negeri Jakarta. GREAT2nd yang diadakan tahun ini mengangkat tema “Menciptakan Karya Melalui Media dan Ragam Budaya Indonesia”. Untuk diketahui, GREAT adalah acara besar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa EconoChannel selaku organisasi yang membidangi dunia jurnalistik di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dengan menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional (Kategori mahasiswa dan pelajar yang meliputi lomba cerpen, lomba desain poster, lomba fotografi, dan lomba Radio announcer) dan seminar serta talkshow yang meliputi segala aspek jurnalistik itu sendiri (news anchor, penyiar, fotografer, penulis blog, desain serta ekonomi kreatif).

CULga8LWEAAAaAR
Pelaksanaan Grand EconoChannel Event “GREAT” 2nd
Kajian Eksternal dan Diskusi Umum (KALSIUM)

Kegiatan ini merupakan kegiatan baru yang diadakan kepengurusan Hendy Wijaya di Econochannel Special. Acara ini dilaksanakan dua kali dalam datu masa kepengurusan, yaitu pada bulan Mei dan September. Tema yang diangkat dalam kajiannya berupa bahasan yang berkaitan dengan dunia pers atau yang bersangkutan dengan ekonomi. Kegiatan Kalsium ini diadakan tanpa pungutan biaya. Tujuannya adalah sebagai sarana untuk mengaktifkan sarana diskusi dari narasumber yang kompeten dibidangnya. KALSIUM 2 (Kajian Eskternal dan Diskusi Umum) yang dilaksanakan pada Rabu, 30 September 2015. Berhasil menyapu anggapan bahwa komik hanya kegiatan membunuh waktu saja. Acara berupa talkshow yang digelar di Auditorium Maftuchah Yusuf Lt. 2 Gedung Dewi Sartika Kampus A Universitas Negeri Jakarta ini menghadirkan pakar komik Indonesia, yaitu Faza Meonk dan Beng Rahadian. KALSIUM 2 yang bertema: “Membangun Ekonomi Kreatif Melalui Komik Karya Anak Bangsa” merupakan salah satu program kerja Tim Litbang Econo Channel FE UNJ.

CQI3lYXUEAA9ZXt
Kajian Eksternal dan Kuliah Umum (Kalsium)
Sekolah Pers Econochannel (SPEC)

SPEC merupakan sebuah sarana layaknya sekolah untuk memberikan materi khusus mengenai masalah pers atau dalam bidang jurnalistik seperti Live Reporting, Fotografi, Desain, dan Editing. Acara SPEC ini merupakan pemberian materi yang disampaikan oleh pemateri kemudian di aplikasikan atau dipraktekan secara langsung, peserta didampingi nantinya untuk melakukan tugas kelompok atau individu yang akan diberikan. Tujuannya adalah untuk membekali pengetahuan mahasiswa tentang dunia jurnalistik. Dalam rangkaian Open Recruitment Econo Channel di kepengurusan 2016-2017, para ecil (sapaan bagi pembaca Econochannel) harus mengikuti SPEC atau Sekolah Pers Econo Channel. Spec sebelum kepengurusan seperti yang saat ini berlangsung, merupakan yang pertama di econo channel, yang diselenggarakan oleh EconoChannel Produktif. Kegiatan ini berlangsng selama 5 hari yang tertanggal 01 Februari 2016 sampai dengan 05 Februari 2016. Hal tersebut bertujuan agar para ecil mempunyai bekal yang cukup mengenai pers, sehingga saat berada di econo channel dapat berkontribusi secara maksimal.

Begitulah , sebuah pengenalan singkat yang menjadi sebuah jembatan untuk dapat lebih mendekatkan dari LPM Econochannel FE UNJ, Ormawa dan LPM yang menjadi sebuah jembatan untuk meneruskan budaya dari generasi ke generasi berikutnya. Sebuah wadah yang menjadi penyambung lidah dan sebuah tempat yang produktif untuk melangkah bersama dalam menghasilkan dari kreativitas sebuah karya yang informatif.

ECONOCHANNEL PRODUKTIF!
Prospektif Melangkah, Kreasikan Karya, Informatif untuk FE Tercinta
Who Are We?
WE ARE PERS!
HIDUP PERS MAHASISWA!

Ingin mengenal Econochannel FE UNJ lebih mendalam? Silakan kunjungi dan hubungi:
Dian Lestari (Pemimpin Umum EconoChannel 2016/2017)
Twitter dan Instagram: @EconoChannel
FB : Econo Channel
Web : econochannel-feunj.blogspot.com
Email : econochannel@gmail.com

Baca Juga :

Menilik Sejarah Pers Mahasiswa ; Dulu, Kini, dan Nanti

Apa Sih ‘Citizen Journalism’ Itu?

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena “Awan Tijel” yang tertarik dengan dunia jurnalistik…