Home Agenda

Seminar Nasional Fisika 2016

1481
BAGIKAN

Seiring perkembangan zaman, Ilmuwan Fisika telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Penemuan dan inovasi dikembangkan mulai dari teknologi analog hingga digital, dari konsep fisika mekanik hingga fisika kuantum, dari penemuan energi berbahan fosil hingga energi terbarukan, dan lain sebagainya. Pesatnya perkembangan penemuan-penemuan ini perlu diimbangi dengan penyampaian informasi yang luas kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi beserta dampak dan pemanfaatannya.

Seminar Nasional Fisika 2016 Universitas Negeri Jakarta kali ini akan mengangkat tema “Back to fundamental physics to get comprehensive understanding on science, education and technology”, dimana kegiatan ini akan mengupas berbagai pandangan mengenai ilmu fisika dan berbagai penemuannya dari sudut pandang pemerintah, peneliti/pemerhati teknologi dan akademisi/pendidik. Seminar Nasional Fisika 2016 ini merupakan wadah temu ilmiah berkala yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Fisika FMIPA UNJ sebagai fórum interaksi, kolaborasi dan integrasi antara pendidik, peneliti dan praktisi.

Peserta seminar Nasional Fisika 2016 adalah para pendidik dan peneliti yang meliputi dosen, guru dan mahasiswa serta para praktisi dari dalam maupun luar negeri.

Pembicara Kunci:

  1. Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (LAPAN, Indonesia)
  2. Prof. Dr. Yusaku Fujii (Gunma University, Japan)
  3. Prof. Dr. Agus Setyo Budi (UNJ, Indonesia)

Bidang-bidang atau topik seminar yang dimasukkan ke dalam prosiding meliputi:

  1. Pendidikan Fisika
  2. Fisika Instrumentasi dan Komputasi
  3. Fisika Material
  4. Fisika Medis dan Biofisika
  5. Fisika Kebumian dan Antariksa
  6. Fisika Teori, Partikel dan Nuklir
  7. Fisika Lingkungan dan Energi Terbarukan
  8. dan bidang-bidang lain yang belum termasuk topik diatas selama masih relevan dengan ilmu fisika.

Semua makalah yang masuk dan dipresentasikan akan dipublikasikan dalam Prosiding Online. Makalah terpilih akan dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika dan Jurnal Spektra yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Jurnal ini terindeks oleh Google Scholar dan Indonesian Publication Index. Semua makalah yang dipublikasikan akan mendapatkan Digital Object Identifier (DOI).

Pendaftaran: http://registrasi.snf-unj.ac.id/

Penerimaan Abstrak sampai tanggal 15 April 2016.

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi: http://snf-unj.ac.id/

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendidik muda yang jatuh cinta dengan dunia jurnalistik