Home Berita

Serba Serbi Masa Lalu MPA

938
BAGIKAN

“Saya senang dengan Masa Pengenalan Akademik tahun ini karena tidak adanya perpeloncoan, karena menurut kami perpeloncoan itu adalah suatu pembodohan.” Kalimat ini merupakan kalimat yang diutarakan oleh salah satu ketua angkatan dalam penutupan Masa Pengenalan Akademik (MPA) UNJ 2016.

Sudut pandang memang layaknya pedang bermata dua, baik atau buruk manfaatnya tergantung bagaimana sudut pandang itu dilihat. Kadang kita melihat suatu hal itu dari satu sudut pandang, ospek yang kita lihat hanyalah kakak senior yang galak, perpeloncoan, ajang balas dendam dan senioritas. Nyatanya, bila kita coba telaah dan melihat dari sudut pandang yang berbeda tidak seperti itu. Jadi, mari kita coba flashback MPA versi lama.

– Adanya flash mob. Kalian pasti pernah melihat flash mob dari MPA tahun lalu dan menjadi bagian di dalamnya adalah salah satu kebanggaan yang tidak bisa digantikan karena tanpa adanya peran kalian flash mob gak akan jalan. Gak kebayang dong di lapangan sebesar Velodrome kita sendirian membentuk tulisan UNJ? Hehehe.

– Adanya sambutan dan perkenalan kapita selekta panitia. Hayo siapa yang masih belum tahu siapa Ketua BEM kita tahun ini? Jangan salah loh karena dengan sistem dulu, bukan senioritas yang diincar para panitia, melainkan keakraban di antara masing-masing mahasiswa baru dengan kakak angkatannya. Kebayang gak? Ketika mulai penat akan tugas kuliah atau bagaimana cara mengenal dosen nantinya kita harus datang ke siapa? Ke kakak kelas dong pastinya!

– Penugasan. Tahun lalu selalu ada penugasan. Biasanya sih penugasan yang diberikan saat MPA mengenai isu yang berkembang saat ini. Lelah? Pastinya! Tapi setidaknya kita jadi terlatih loh bagaimana caranya membuat sebuah tulisan, mengembangkan imajinasi kita untuk merangkai kalimat yang indah, dan tentunya pasti berguna saat sudah duduk di bangku kuliah nantinya.

Campus Tour. Hal paling dasar dari mahasiswa sebenarnya adalah tahu rumah barunya. Lucu gak sih ketika kita diharuskan bertemu dosen di gedung pilihan beliau, tapi kita gak tahu letaknya dimana? Gak kebayang kan kalau harus nyasar di rumah sendiri?

– Ada Foto angkatan. Sebelum masuk kuliah mencari teman pasti salah satu agenda kita selama di kampus nanti karena sedih juga selama empat tahun kita harus sendirian. Nah salah satu yang ada di MPA dulu adalah foto angkatan dimana kalian harus bertemu dengan teman kalian dan foto bersama. Selain bisa kenalan, siapa tahu bisa pedekate juga.

Jadi bagimana? masih yakin kalau MPA versi lama itu cuma bentak-bentak dan marah-marah serta sistem perpeloncoan? Nggak kan? 

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena “Awan Tijel” yang tertarik dengan dunia jurnalistik…