Home Suara Anda Ruang Publik

Serunya Family Gathering II Community Development UNJ

623
BAGIKAN

COMDEV UNJ (27/02/2016) – Kegiatan Family Gathering II Comdev UNJ dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini bertemakan “Meraih Satu Asa Dalam Semangat Kekeluargaan” dengan dihadiri oleh 46 relawan. Kegiatan ini dibuka oleh Naufal Ibnu Salam dan Choirun Nissa Marlina selaku Pembawa Acara, sekaligus pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Nova Firdaus dan Isnaeni Muthmainah.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Family Gathering II Comdev UNJ (Muhammad Bahi Royhan), Ketua BEM UNJ 2016 (Bagus Tito Wibisono), Perwakilan SosPol BEM UNJ 2016 (Aan Jam’ani), dan Koordinator Comdev Se-UNJ sekaligus perwakilan Sospol BEM UNJ 2015 (Wisnu Puspandaru). Dalam sambutannya kak Bagus memberikan kata-kata motivasi, “Teman teman tidak dibayar bukan karna tidak bernilai, tapi karena tak ternilai selain itu harus belajar sejarah untuk menatap masa depan”.

Setelah sesi sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan sharing dan cerita pengalaman dari pengurus Community Development UNJ 2015, salah satu diantaranya adalah Kepala Divisi Sekolah Cerdas (Ilham Ramadhona). Beliau bercerita bagaimana pengalamannya semenjak tergabung dalam Comdev UNJ sebagai relawan hingga akhirnya terpilih menjadi Kepala Divisi Sekolah Cerdas. Selain itu beberapa pengurus yang lain juga bercerita tentang kisah mengharukan hingga kelucuan-kelucuan yang terjadi selama menjadi relawan Comdev UNJ.

Kegiatan dilanjutkan dengan Games yang dipandu oleh Rahmadi Islamiyanto dan Kartika Rahayu. Pada games ini para relawan menyanyi dan membentuk lingkaran sedangkan pemandu bercerita yang di dalamnya ada beberapa kata yang harus dilaksanakan para relawan. Games yang berlangsung sekitar 30 menit ini diikuti dengan antusias oleh para peserta. Mereka terlihat begitu senang mengikuti games yang bertemakan kekeluargaan ini. Seusai games, para peserta dipersilahkan untuk istirahat dan menunaikan sholat dzuhur. Kemudian pada pukul 13.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama.

Setelah ISHOMA, kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama yang berisikan sharing tentang “sejarah dan kepengurusan Comdev UNJ” yang dimoderatori oleh Utami Zubaidah dan disampaikan oleh Kak Agusutrisno (Menteri Sosial Politik BEM UNJ 2011 & Penanggung Jawab Comdev UNJ 2011). Dalam sharing yang disampaikan oleh Kak Agus berisikan tentang sejarah dan kepengurusan Comdev UNJ, dibentuknya Duta Pendidikan sebagai penghargaan untuk para relawan, dan grand desain untuk Comdev beserta saran-saran untuk Sospol BEM UNJ 2016. Dalam sharingnya juga kak Agus menyampaikan bahwa

  • ” Jangan jadikan kegiatan Comdev sebagai hobi tapi jadikan ada di dalam jiwa”
  • “Comdev itu tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi dalam segala hal sosial”

Pada kepengurusan kak Agus Comdev UNJ bekerja sama dengan BEM, LDK Salim, dan lembaga diluar kampus seperti Rumah Zakat.

Sesi sharing yang berlangsung cukup seru ini ditutup dengan sesi tanya-jawab dan penyerahan sertifikat beserta goody bag oleh Muhammad Bahi Royhan (Ketua Pelaksana Family Gathering II Comdev UNJ) kepada Kak Agusutrisno.

Setelah penyerahan sertifikat dan goody bag kegiatan dilanjutkan dengan materi kedua tentang “Motivasi Keluargaan” yang masih dimoderatori oleh Utami Zubaidah dan disampaikan oleh Kak Zulfikar Auliya Ahmad (Wakil Ketua BEM UNJ 2013).

Materi kedua berisikan tentang pentingnya kekeluargaan dalam sebuah organisasi dan bagaimana membentuk komitmen sebagai relawan.

  • Dalam membangun sebuah keluarga satu sama lain harus saling mengenal, yang kedua harus saling mengerti, yang ketiga harus saling tolong menolong dan yang keempat saling mencintai.
  • Jika ada relawan yang jarang hadir jangan disindir tetapi diajak untuk hadir lagi.

Materi kedua juga ditutup dengan sesi tanya-jawab dan penyerahan sertifikat beserta goody bag oleh Ilham Ramadhona (Kepala Divisi Sekolah Cerdas Comdev UNJ 2015) kepada Kak Zulfikar Auliya Ahmad.

Kegiatan Dilanjutkan dengan sesi Tukar Kado dan Rujak Party. Pukul 16.15 WIB acara Family Gathering II Comdev UNJ di tutup dengan do’a oleh Pembawa Acara dan sesi foto bersama dengan seluruh Relawan Comdev UNJ yang hadir.

 

Oleh : Dwi Indah Lestari (HPD Family Gathering II Community Development UNJ)

Komentar Kamu?