Home Berita Serunya Media Visit Kontributor UNJKita.com ke NET TV

Serunya Media Visit Kontributor UNJKita.com ke NET TV

549

UNJKita.com – Kamis malam tanggal 14 Desember 2017, sebanyak 22 orang kontributor mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti media visit ke Net Mediatama. UNJKita goes to NET TV ini termasuk ke dalam rangkaian acara perayaan 2nd Anniversary UNJKitacom. Diharapkan dengan adanya media visit bersama Net Mediatama akan meningkatkan kualitas UNJKita.com sebagai satu-satunya citizen journalism di kampus Universitas Negeri Jakarta.

Berlokasi di Gedung The East Mega Kuningan, UNJKita disambut dengan hangat oleh Net Mediatama. Acara diawali dengan sharing session bersama mas Thomas Herda, Senior Producer Net Citizen Journalist.

“Citizen Journalism berarti menangkap momen lewat pandangan mata dan melengkapi liputan wartawan professional” ungkap mas Thomas dengan pembawaan yang bersahabat.

Sharing yang diberikan mengajak para kontributor untuk mendalami seluk beluk Citizen Journalism dari Net sebagai media profesional yang memiliki tagline “Televisi Masa Kini”. Karena ternyata selain dari program-programnya yang memang membawa hawa segar bagi dunia pertelevisian Indonesia, Net juga membuka peluang untuk masyarakat umum bebas mengirim berita ke Net CJ.

Sharing Session UNJKita.com dengan NET Citizen Journalist

 

Seberapa penting adanya sebuah Citizen Journalism?

Citizen Journalism amat dibutuhkan untuk menghemat waktu dan mempercepat pengambilan berita di suatu tempat yang sulit dijangkau. Citizen Journalism meliput peristiwa yang terjadi di sekitar kita tapi luput oleh media, baik itu sebuah gambaran sosial, kearifan lokal, ciri khas satu daerah, fenomena alam, ataupun masalah menyangkut kepentingan umum yang penting untuk disebarkan. Citizen Journalism tentunya membawa dampak yang positif. Sebagai contoh video yang dikirimkan oleh kontributor Net CJ tentang jembatan gantung yang rusak dan menjadi satu2nya akses di suatu desa. Karena video tersebut ditayangkan oleh Net, sehingga aparatur pemerintah desa tersebut dapat dengan tanggap memperbaiki jembatan tersebut. Contoh lainnya, Citizen Journalism Juga membantu masyarakat untuk saling membantu seperti adanya beberapa orang yang terkena penyakit langka dan membutuhkan biaya besar sementara ia tinggal di daerah tertinggal yang luput dari perhatian masyarakat luas.

Diskusi Hangat di Sharing Session

 

Lalu bagaimana jika berita yang dikirimkan ternyata adalah berita hoax?

Tentunya setiap berita-berita yang masuk, Net CJ selalu menyeleksi dengan ketat dengan beberapa kriteria yang harus dipenuhi hingga berita tersebut layak untuk ditayangkan.

Untuk kamu yang ingin mengirimkan berita lewat citizen journalism, diusahakan untuk menjawab 3 pertanyaan dibawah ini sebelum mengirim:

  1. Seberapa penting beritamu untuk ditayangkan?
  2. Dapatkah beritamu menarik perhatian masyarakat luas?
  3. Apakah beritamu benar-benar baru dan masih hangat untuk ditayangkan?
Pemberian Plakat oleh CEO UNJKita.com (Ferly Ferdyant) kepada Thomas Herda selaku Senior Producer NET CJ

Keseruan sharing session di malam itu menambah semangat para kontributor untuk mengetahui lebih banyak lewat pertanyaan-pertanyaan yang segera dijawab lugas dan jelas oleh mas Thomas. Setelah sharing session yang menambah wawasan jurnalistik, Net mempersilahkan kontributor untuk mengelilingi lingkup aktivitas yang ada di Net TV. Mulai dari studio-studio program Net TV yang biasa terlihat di layar kaca. Hingga ruangan lain yang menampilkan bagaimana alur sebuah program hingga dapat ditampilkan ke pandangan mata pemirsa yang ada di rumah.

Kontributor UNJKita berkesempatan mengelilingi Studio di NET TV.

Nah, tentunya sobat pembaca UNJKita.com sudah nggak sabar nih mau mencoba jadi “jurnalis” di Net CJ. Jika kamu memiliki berita berbasis video untuk ditayangkan di Net, kamu bisa terlebih dahulu download aplikasi Net CJ di google playstore dan memenuhi tahap registrasi. Usahakan durasi videomu sekitar 3-5 menit. Selain belajar jadi “jurnalis” adalagi nih berita bahagianya, setiap video yang ditayangkan oleh Net akan menerima fee yang menggiurkan di kantong mahasiswa. Kuy lah ya kali gak kuy….

Komentar Kamu?