Home Mahasiswa Belajar

Siap Menyambut Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2017

581
BAGIKAN

UNJKita.com – Menjadi mahasiswa berprestasi adalah impian setiap orang. Terlebih setiap individu berhak berprestasi dibidangnya masing-masing baik di bidang akademik dan non akademik. Pemilihan mahasiswa berprestasi tidak lepas dari segala rangkaian alur penyeleksian yang berlaku. Sejauh ini pemilihan tersebut masih mengacu kepada Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan pedoman Pilmapres 2017, mahasiswa berprestasi diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hard skills), tetapi juga harus beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan Pilmapres yakni memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pilmapres dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat jurusan/departemen/bagian, fakultas, perguruan tinggi (Universitas/Institut/Sekolah Tinggi), Kopertis Wilayah (untuk Perguruan Tinggi Swasta) dan tingkat nasional.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di UNJ tidak terlepas dari pedoman Pilmapres. Pemilihan dilakukan dari jenjang fakultas sampai jenjang universitas. Jenjang pemilihan mahasiswa berprestasi fakultas disesuaikan oleh kesepakan wakil bidang kemahasiswaan dan Forum Mahasiswa Berprestasi dan tidak terlepas dari timeline Universitas.

Berikut timeline Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2017 UNJ :

  1. Januari s.d Februari 2017.
    Akademi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas.
    – Pelatihan Public Speaking.
    – Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
    – Pelatihan Kepribadian.
  2. 01 s.d 02 Maret 2017.
    Roadshow Akademi Mahasiswa Berprestasi UNJ.
    Talkshow.
    – Pelatihan-pelatihan.
  3. 06 s.d 31 Maret 2017.
    Rentang waktu pilihan untuk final seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas (disesuaikan sampai akhir Maret 2017).
  4. 07 s.d 09 April 2017.
    Karantina (Akademi Mawapres UNJ 2017).
  5. 18 April 2017.
    Final Seleksi Mawapres UNJ 2017.

Pilmapres tingkat fakultas menyesuaikan timeline pilmapres UNJ. Sejauh ini sudah berjalan akademi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Berprestasi masing-masing fakultas. Bagi kalian yang ingin mengikuti segenap rangkaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2017 UNJ  bisa menghubungi Forum Mahasiswa Berprestasi di fakultasnya masing-masing.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu