Home Mahasiswa Belajar

Strategi Jitu Presentasi Skripsi Bagi Anda Mahasiswa Akhir

4934
BAGIKAN

Detik-detik menjelang sidang skripsi adalah saat-saat paling mendebarkan bagi kebanyakan mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang stres karena terlalu khawatir memikirkannya. Namun begitu, sidang skripsi pasti dilalui dan tidak bisa ditolak. Karena ini sudah menjadi bagian dari tugas akademik yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya. Jadi Anda sebagai mahasiswa akan tetap melakukannya.

Masalah umum yang sering dialami oleh kebanyakan mahasiswa saat sidang skripsi adalah saat presentasi skripsi dan saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan penguji. Inilah dua hal utama yang sering jadi momok yang ditakuti kebanyakan mahasiswa. Sebenarnya ini tidak perlu terjadi, jika saja para mahasiswa mampu melakukan persiapan dengan baik dan menguasai teknik presentasi skripsi dengan baik.

Berikut ini kami berikan strategi jitu presentasi skripsi bagi anda mahasiswa tingkat akhir…

 

Kenali Siapa Penguji Anda

Biasanya, sepekan atau beberapa hari sebelum kita maju seminar atau sidang, kita diberitahu siapa dosen – dosen yang akan menjadi penguji kita. Kita biasa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengamati dan mengenali baik – baik siapa dosen penguji kita. Satu hal yang perlu diingat, setiap dosen itu karakter dan preferensinya berbeda – beda. Beberapa hari sebelum sidang, biasanya kita mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya mengenai penguji ini. Bisa dari kakak kelas (senior), atau bisa juga dari pengalaman – pengalaman orang sebelumnya.

Ada dosen penguji yang tipe pertanyaannya detil dan mendalam. Ada tipe dosen penguji yang pertanyaannya umum dan sangat konseptual. Ada tipe dosen yang suka iseng bertanya hal – hal yang sebenarnya tidak nyambung. Mengenali karakter dosen seperti ini, membuat kita biasanya melakukan simulasi dan memperkirakan pertanyaan apa yang sekiranya akan ditanyakan oleh dosen tersebut. Ini sangat membantu kita untuk lebih siap menjawab pertanyaan dari dosen – dosen penguji.

Bagaimana jika kita mendapatkan dosen yang killer dan terkenal sadis dalam memberikan pertanyaan? Yah, kalau kita menganggap dosen – dosen penguji ini adalah simulasi dari bos kita kelak saat berkarir. Ada kalanya kita tidak bisa memilih siapa bos kita, jadi presentasi sidang skripsi ini juga bisa menjadi sebuah simulasi yang menarik ketika kita sudah ada di dunia kerja nanti.

belajar

Kuasai Materi Apa Yang Ditulis

Salah satu hal yang paling kita rasakan manfaatnya sebelum presentasi skripsi adalah banyak membaca buku, jurnal, dan penelitian – penelitian sebelumnya mengenai topik yang sedang kita kerjakan. Kita memiliki prinsip, “ini skripsi kita, maka kita adalah satu – satunya orang yang paling expert di topik ini.” Bahkan kalau bisa, saat presentasi nanti kita memberikan wawasan baru bagi dosen kita, wah pasti seru banget kan itu?

Kuasai materi mulai dari :

  • Mengapa kita memilih topik tersebut?
  • Apa hubungan dari latar belakang dengan masalah skripsi Anda?
  • Mengapa Anda menggunakan metode atau pendekatan tersebut?
  • Dasar teori apa yang sudah Anda pelajari dan Anda gunakan dalam penelitian ini?
  • Apa kebaruan penelitian Anda dibandingkan dengan penelitian sebelumnya?
  • Apa hasil yang didapatkan? Mengapa hasilnya bisa menjadi seperti itu?
  • Apakah tinjauan literatur yang digunakan valid dan bisa dipertanggungjawabkan?

Nah, apabila Anda sudah memiliki jawaban yang mantap dan benar – benar menguasai materi dengan baik, maka hal – hal berikutnya akan menjadi sesuatu yang mudah. Banyak presentasi skripsi yang berantakan hanya karena kurang persiapan dan penguasaan akan materinya. Menurut kita, ini adalah bagian terpenting dalam mempersiapkan presentasi skripsi.

 

Back Up File Presentasi dan Skripsi Anda

Baru beberapa pekan lalu, kita mendengar ada adik kelas kita yang minta doa agar sidang skripsinya dilancarkan. Ternyata, ketika diselidiki, yang bersangkutan baru kehilangan laptop dan semua data skripsi ada di dalamnya! Termasuk buku skripsi, paper, dan juga file presentasinya. Kita benar – benar ngeri membayangkannya, sidang tinggal beberapa hari lagi namun semua datanya hilang begitu saja!

Bayangkan, bagaimana perasaan Anda apabila harus mengulangi kembali apa yang Anda kerjakan mulai dari nol? Jadi, sebelum Anda merasakannya, ada baiknya Anda melakukan backup segala hal penting yang berkaitan dengan presentasi skripsi Anda.

Sewaktu kita mengerjakan skripsi dan thesis, kita melakukan backup di online cloud untuk file dokumen dan presentasi tugas akhir kita di Dropbox. Selain Dropbox, Anda juga bisa menggunakan beberapa fasilitas lain, seperti Google Drive, iCloud Drive, Box, atau Microsoft OneDrive. Semuanya gratis kok.

Apabila Anda ingin menyimpannya secara offline, sediakan satu flashdisk khusus untuk membackup file – file Anda. Namun, kita tetap menyarankan online karena apabila kita hanya menyediakan backup offline, khawatir terdapat virus yang bisa jadi merusak atau bahkan menghapus file yang kita miliki di flashdisk tersebut.

startup-photos (1)

Berlatih Untuk Maksimalkan Waktu Yang Ada

Kadang kita merasa bahwa bagian paling kejam dari sidang atau presentasi skripsi adalah kita hanya diberikan waktu 10 – 15 menit untuk mempresentasikan penelitian yang kita lakukan selama berbulan – bulan itu. Sementara yang paling banyak ada di bagian pertanyaan dari penguji. Maka dari itu, kita harus berlatih untuk mengoptimalkan waktu yang ada.

Cara untuk mengoptimalkannya, antara lain adalah dengan mempersiapkan alur cerita yang singkat, logis, dan masuk akal saat kita mempresentasikan skripsi kita. Intinya, presentasi kita tersebut memiliki flow yang enak untuk dicerna, dan pas 10 – 15 menit. Mulai dari salam pembukaan, sampai salam penutup.

Kita sering menemui kejadian teman kita yang karena gugup, 2 menit awalnya hilang hanya untuk memperkenalkan diri dan saat waktu sudah habis presentasinya di cut oleh penguji (padahal baru setengah jalan). Berlatih ketepatan waktu ini juga merupakan hal yang esensial, lho.

Hal lain yang umumnya menyebabkan presentasi skripsi kita menjadi terlalu lama karena slide presentasi yang terlalu banyak. Di sini kita harus bisa memilah mana slide yang memang kita masukkan, mana slide yang sekiranya kita jadikan lampiran (untuk dijelaskan apabila ditanya saja). Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mempersingkat waktu presentasi kita walaupun slide yang dibuat banyak.

Perhatikan Peralatan Yang Kita Gunakan

Saat presentasi sidang skripsi, biasanya kita menggunakan laptop atau komputer yang disediakan oleh pihak kampus (tidak menggunakan laptop sendiri). Berhati – hatilah apabila ternyata di laptop tersebut memiliki software yang versinya berbeda dengan yang Anda gunakan untuk mengerjakan presentasi Anda. Misalkan Anda mengerjakannya dengan powerpoint 2013, sementara di laptop kampus Anda masih menggunakan versi 2007. Bisa jadi, ada beberapa fitur yang tidak didukung dan membuat slide presentasi Anda berantakan. Jadi sebaiknya periksa terlebih dahulu versi software nya dan pastikan sama. Jika tidak memungkinkan, siapkan beberapa file dengan versi yang berbeda – beda.

Jangan lupa mempersiapkan pointer, apabila Anda membutuhkannya. Pastikan Anda memiliki baterai cadangan, apabila ternyata baterai yang lama habis.

Persiapkan Mental Sebaik Mungkin

Setelah melakukan persiapan yang segitu banyaknya, seringkali kita masih gugup juga. Begitu juga kita pada waktu menjelang sidang skripsi dan thesis tahun lalu. Padahal, persiapan sudah sebegitu banyaknya.

Tips kali ini memang terdengar klise, tapi sangat ampuh buat kita. Untuk memperkuat mental, kita biasanya berdoa kepada Tuhan, meminta segalanya dilancarkan. Hal utama lainnya yang kita lakukan adalah meminta doa orang tuaKetika kita melakukan dua hal ini, hati kita menjadi lebih tenang. Kenapa? Karena kita merasa bahwa Tuhan berada di belakang kita dan mendukung perjuangan presentasi kita ini.

Maka dari itu, yang merasa ibadahnya masih kurang, atau bahkan menjelang presentasi skripsi nya justru memiliki hubungan yang kurang baik dengan orang tua, perbaiki dari sekarang selagi belum terlambat. Undang kekuatan Tuhan untuk berjuang bersama Anda agar sukses mempresentasikan tugas akhir Anda.

Template Presentasi Skripsi Powerpoint 336x280

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.