Home Mahasiswa Belajar

Strategi Lulus 3.5 Tahun Untuk Mahasiswa Baru

1906
BAGIKAN

Hallo sobat UNJKita.com yang semoga selalu ceria kapan pun dan dimana pun! Tidak terasa sekarang sudah memasuki awal perkuliahan efektif. Tentu akan menjadi momen yang bersejarah khususnya bagi mahasiswa baru yang sudah mendambakan rasanya bangku kuliah. Semoga hari-hari pertama kuliah menyenangkan ya! Nah, kira-kira diantara mahasiswa baru ada yang punya cita-cita lulus 3,5 tahun gak nih? Hmm, jadi inget, dulu waktu MPA paling tinggi mengacungkan jari saat ditanya siapa yang ingin lulus 3.5 tahun. Alhamdulillah penulis kesampean, hehehe.

Nah kali ini tim unjkita.com akan berbagi strategi lulus 3,5 tahun, khususnya buat kalian mahasiswa baru. Mumpung baru mulai nih kuliahnya, jadi harus pasang strategi jitu. Yuk simak strateginya!

Baca juga: 8 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Luruskan Niat

Niat itu penting banget ternyata. Niat yang baik akan berbuah baik dan sebaliknya. Buat kalian mahasiswa baru, kesempatan emas nih! Mulai sekarang niatkan untuk lulus 3,5 tahun. Tentu harus ada landasannya mengapa kalian ingin lulus 3,5 tahun. Mungkin ingin segera meringankan beban orang tua mencari nafkah. Atau ingin kerja agar dapat membiayai adik-adiknya sekolah. Atau mungkin ingin segera membangun bahtera keluarga selepas kuliah. Pokoknya, harus punya prinsip ya. Jangan sampai ingin lulus 3,5 tahun karena ingin santai-santai menghabiskan uang orang tua ya!

Atur Pembagian SKS Setiap Semesternya

Nah, ini yang paling krusial. Untuk lulus dan mendapat gelar sarjana, kalian harus menempuh 144 SKS sesuai Keputusan Rektor UNJ seperti yang terdapat di Buku Panduan Akademik. Itu artinya, setiap semesternya kalian harus mampu membagi SKS agar target tercapai. Kalian bisa memanfaatkan jatah 24 SKS setiap semesternya. Namun jika 24 SKS terlalu berat, cukup 21-22 SKS setiap semesternya. Karena semester tujuh harus sudah skripsi, kalian harus membagi SKS dengan cermat.

Misal di semester 1-6 kalian bisa ambil 22 SKS, maka ketika masuk semester tujuh kalian sudah menempuh 132 SKS dan hanya membutuhkan 12 SKS lagi termasuk seminar proposal dan skripsi. Jika kalian bisa mengambil 24 SKS setiap semesternya akan semakin memuluskan jalan kalian. Tapi ingat, jangan memaksakan mengambil 24 SKS jika tidak diikuti kesiapan jiwa dan raga. Jangan sampai nilai jadi hancur karena kelelalahan belajar ya!

Untuk strategi yang satu ini, hanya berlaku di beberapa jurusan saja. Tidak semua jurusan bisa menggunakan strategi 24 SKS ini, karena ada beberapa jurusan yang sudah mempaketkan SKS setiap semesternya.

Rajin Konsultasi kepada Senior

Jika kalian ingin berhasil dalam belajar, salah satu kuncinya adalah dengan berkonsultasi dengan senior. Para senior sudah tentu berpengalaman dengan masalah belajar, sifat dosen, karakter pembelajaran dosen, atau bahkan bentuk-bentuk soal ujian dari dosen. Dengan demikian, kalian akan lebih mampu mempersiapkan diri mencapai target lulus 3,5 tahun. Oh iya, jangan lupa konsultasi ke senior yang sudah lulus 3,5 ya!

Duduk Paling Depan dan Rajin Berargumen

Nah ini dia trik menarik simpati para dosen. Para dosen tentu menilai mahasiswanya bukan hanya sebatas pada nilai di atas kertas saat ujian. Dosen juga akan menilai proses selama kalian belajar. Salah satu proses belajar yang disukai dosen adalah dengan duduk paling depan dan rajin berargumen saat diminta. Tunjukan keseriusan kalian dalam belajar. Asal jangan tidur di depan dosen ya, hehehe.

Usahakan Jangan Sampai Ada Mata Kuliah yang Mengulang

Agar target 144 SKS terpenuhi dalam 7 semester (3,5 tahun), usahakan jangan sampai ada mata kuliah yang mengulang ya! Lalu bagaimana jika terlanjur mengulang? Tenang, kalian bisa menutupnya di semester-semester yang menurut kalian memungkinkan. Artinya, kalian harus menambah jumlah SKS yang ada.

Semester Enam Harus Sudah dapat Judul Skripsi, Syukur Bisa Maju Proposal Penelitian

Agar dapat lulus 3,5 tahun maka di semester enam kalian harus sudah punya judul skripsi. Ketika semester tujuh tinggal fokus penelitian skripsi. Jadi mulai sekarang kalian bisa konsultasikan ke senior tentang judul-judul penelitian yang menyenangkan dan memungkinkan. Masih maba kok sudah mikirin skripsi? Hehehe. Gak apa kok, gak harus buru-buru juga. Yang penting ada gambaran awal tentang skripsi kalian nanti.

 

Semangat menempuh perjuangan lulus 3,5 tahun ya!

Baca Juga: 7 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Pencari cahaya langit dan mahkota persahabatan/ Bahagia di atas kebahagiaan orang lain/ Pend. Biologi UNJ.