Home Mahasiswa Belajar

Tak ada kata Liburan Bagimu Wahai Para Mahasiswa UNJ Tingkat Akhir!

1482
BAGIKAN

UNJKita.com – Jika dilihat dari judul tulisan ini memang terasa menyeramkan, menakutkan, menggores hati dan sebagainya. Namun itulah realita yang terjadi untuk kalian mahasiswa tingkat akhir yang mempunyai niat untuk melepas status mahasiswanya pada September nanti.

Jalan terjal menuju “September ceria” itu pasti selalu ada. Salah satunya adalah godaan liburan pada semester ini.  Tak bisa dipungkuri liburan semester ganjil ini cukuplah sangat panjang. Sehingga kita tergoda untuk menghabiskan waktu liburan itu untuk berkumpul bersama para sahabat, berpergian ke tempat-tempat hiburan maupun wisata dan masih banyak lagi.

Tapi tenang buat kalian para mahasiswa akhir yang mempunyai niat untuk lulus di semester depan nanti, saya mempunyai beberapa cara untuk menghabiskan waktu liburan kalian yang tetap bisa mengerjakan skripsi. Berikut beberapa liburan yang bisa kalian lakukan di musim libur ini :

  1. Berwisata ke Perpustakaan

“Hah, wisata ke perpustakaan? Masa aku liburan harus ke UPT Perpus lagi ka?”

Kalian pasti merasa aneh dan berpikir seperti itu. Namun itu cara terbaik kalian untuk mengerjakan skripsi di musim liburan ini. Eitss, namanya juga wisata, berarti kalian dalam mencari buku tidak harus pergi ke perpustakaan di UNJ saja. Kalian bisa pergi ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang ada di jalan Salemba Raya, Perpustakaan Daerah DKI Jakarta (Perpusda) di dekat Gor Soemantri. Jika kalian ingin mencari referensi jurnal kalian bisa pergi ke lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) di daerah Gatot Subroto. Kalian juga bisa mengunjungi ke berbagai perpustakaan yang ada di kampus lain untuk mencari referensi yang lebih luas lagi. Dan yang terpenting semuanya free wifi loh.

BI Corner Perpustakaan UNJ

Jarang-jarangkan kalian menghabiskan liburan kalian di perpustakaan. Eits, janganlah kalian men-judge jika hal tersebut akan membosankan. Cobalah kalian jalankan dahulu. Tetapi jangan salahkan saya yah jika kalian akan betah dan menghabiskan waktu dari pagi sampai sore disana. Sehingga skripsi kalian pun sedikit demi sedikit akan ada kemajuan.

  1. Bersilaturahmi Kepada Para Alumni

Waktu masa kanak-kanak ketika guru kita menyuruh menuliskan cerita liburan sekolah, kita pasti selalu menulis tentang liburan ke rumah nenek. Nah sama dengan saat ini, anggaplah rumah nenek tersebut para alumni yang harus kalian temui.

Walaupun kalian sudah mempunyai 2 dosen pembimbing, dalam proses penyusunan skripsi pasti kalian akan membutuhkan yang namanya “dosen pembimbing ke 3”. Dospem ke 3 itu bisa diisi oleh teman kalian. Namun ketika teman kalian sedang sama-sama buntu kalian bisa menghubungi para kakak tingkat kalian yang sudah lulus. Sehingga liburan kalian ini banyak-banyaklah bersilaturahmi dengan para alumni untuk membantu proses penyusunan skripsi mu.

  1. Berkunjung ke Tempat Makan

“kak liburan kok ke tempat makan? Perut bisa gendut kantong menjadi tipis dong.”

Waduh bukan itu maksudnya. Skripsi memang sangat menghabiskan berbagai hal, baik tenaga, waktu, pikiran bahkan sampai uang. Jadi harus pintar-pintarnya kita mengatur itu semua. Selain untuk nge-print dan fotocopy kita harus memikirkan pengeluaran biaya untuk pembelian kuota internet. Karena tak dipungkuri internet membantu dalam menyusun skripsi kita.

Untuk itulah dalam liburan ini saya menyarankan kalian ke tempat makan untuk menekan biaya skripsi kalian. Tempat makan yang dimaksud disini adalah yang menyediakan wifi dengan kecepatan yang sangat baik serta yang terpenting adalah biisa berlama-lama disana. Contohnya kalian bisa ke restaurant fast food, dan cukup membeli minuman yang seharga Rp5.000 – 10.000 dan kalian bawa bekel dari rumah.

Tempat Nongkrong Yang Asik Sekitar Kampus UNJ

Simpel kan? Malu-maluin? Hellooo.. itu cara terbaik kalian menghemat pengeluaran uang kalian. Dengan uang Rp 5.000-Rp 10.000 kalian mendapatkan sebuah minuman segar, ruangan yang dingin, internet yang kencang sehingga membuat kalian nyaman dan membantu penyusunan skripsi kalian. Ayo susun jadwal restaurant fast food yang akan kalian kunjungi secara bergantian.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam mengerjakan skripsi di musim liburan ini. Ingatlah, sejatinya liburan yang sebenenarnya adalah pada saat kalian dinyatakan LULUS ketika sidang skripsi nanti. Good Luck!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Seorang Pembelajar yang Ingin Terus Belajar