Home Konten Pilihan

Tips Barang Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Wisuda

9757
BAGIKAN

Sudah tahu kan kamu bahwa wisuda akan diadakan tanggal 6 September 2016? Sudah tahu juga kan, kalau wisuda akan diadakan di JIEXPO, Kemayoran?

Nah, untuk kamu sebagai calon wisudawan/wati penting banget nih membaca tips apa saja barang yang harus dibawa saat prosesi wisuda nanti. Tim UNJKita.com berhasil mengumpulkan tips-tips ini berdasarkan pengalaman para wisudawan/wati saat prosesi wisuda semester-semester sebelumnya. Yuk disimak! Jangan lupa share, jika tips ini cukup membantu calon wisudawan/wati yang lain ya! 🙂

Baca juga: 3.846 Mahasiswa UNJ Siap Diwisuda 6 September Mendatang

Bawa Uang/ Dompet

Dompet

Oh ini sih penting banget! Tapi sayangnya wisudawan/wati tidak boleh membawa tas berukuran besar ke dalam ruangan prosesi wisuda. Kami menyarankan, kamu cukup membawa uang saja yang bisa dikantongi. Atau bisa juga, uang/ dompetmu dititip ke keluarga yang menunggu di luar ruangan. Ya, buat jaga-jaga, kamu sebaiknya juga bawa uang yang ditaruh di kantong atau bisa juga ditaruh di tas berukuran kecil. Untuk apa harus bawa uang? Kalau kamu haus, kamu bisa beli air mineral di kantin JIEXPO. Atau, kamu bisa juga membeli bunga untuk dirimu sendiri, ya siapa tahu aja gak ada yang memberimu bunga, hehehe.

Pakai Jam Tangan

Jam Tangan

Buat apa wisudawan/wati pakai jam tangan? Ya tentunya untuk melihat waktu dong! Untuk prosesi wisuda sesi pagi, mesti gak boleh ngaret banget lho. Ingat, time management penting banget. Kamu harus pandai-pandai memprediksi lama perjalanan dari rumahmu menuju JIEXPO. Belum lagi kalau macet di jalan. Dan, belum lagi bagi yang membawa mobil, bisa cukup lama mengantre di loket parkir lho. Intinya jam tangan itu penting untuk dipakai oleh kamu agar tidak telat ya! Harus berpacu dengan waktu nih.

Handphone Penting untuk Dibawa

Handphone

Saat prosesi wisuda dengan Dekan selesai, wisudawan/wati akan digiring ke luar ruangan. Nah, jalur keluarnya berbeda dengan jalur ke luar orang tua wisudawan/wati. Jadi handpohone penting banget buat janjian bertemu.

Handphone juga penting banget untuk janjian dengan teman. Tentunya kamu gak mau menyianyiakan berfoto dengan teman-teman dong ya? Nah, handpohone wajib banget kamu bawa, boleh di pegang, boleh dimasukkan ke kantong, atau dimasukkan ke dalam tas kecil. Tapi jaga baik-baik ya, jangan sampai hilang!

“Hallo, eh lo ada di sebelah mananya JIEXPO sekarang? Gue bawa hadiah wisuda untuk lo nih. Jauh-jauh dari Banten buat ketemu lo lho!”

Pakai Kaos atau Bawa Kipas Tangan

Kipas Tangan

Setelah wisudawan/wati selesai melakukan prosesi wisuda, kebanyakan dari kamu pasti akan memilih ke luar ruangan untuk bertemu dengan teman-teman sekaligus berfoto-foto. Nah di luar ruangan itu, gerah cuy! Atapnya adalah langit dengan sinar yang cukup terik (kalau tidak hujan lho ya). Kalau gerah, kamu akan mengeksresikan keringat dan bisa mempengaruhi make up kamu nanti. Jadi, antisipasinya bawa saja kipas tangan ya. Kalau cowok, kamu bisa mengantisipasinya dengan memakai kaos sebelum memakai kemeja dan baju toga. Jadi kalau kamu kegarahan, keringat sudah banyak yang ngucur, lebih baik langsung buka kemeja, pakai kaos saja.

Bawa Bedak, Lipstick, dan Parfum

Make Up

Bedak, lipstick dan parfum adalah tiga senjata ampuh yang harus selalu dibawa oleh para wisudawati. Emm, mungkin untuk wisudawan boleh membawa parfum saja. Jaga-jaga kalau sudah merasa kurang wangi, semprot parfum aja lagi.

Oia, walaupun yang wisudawati sudah make up dari 6-5 jam sebelum prosesi wisuda, biasanya lipstick sama bedak bisa luntur alias berkurang performanya. Nah, sebelum prosesi wisuda dimulai, kamu boleh tuh untuk touch up lagi, biar makin cetar.

Jangan Lupa Bawa Tissue ya!

Tissue

Tissue penting banget untuk dibawa. Karena tissue banyak fungsinya. Mulai dari ngelap keringat sampai nyari jodoh pas prosesi wisuda. Contohnya, kamu bisa pura-pura menjatuhkan tissue, terus berharap ada yang menegurmu, “Jangan buang sampah sembarangan, ya Mbak!” *apasih* hehehe.

Selain mengelap keringat, tissue juga berguna untuk menghapus lipstick kamu yang terlalu menor.

“Gi, lipstick lo terlalu menor deh.”

“Hah? Beneran?”

“Eh, bagi tissue dong!”

Nyetok Jarum Pentul

Jarum Pentul

Di tas kecil yang kamu bawa, selain isinya HP, kipas tangan, tissue, bedak, lipstick, dan parfum, kamu juga wajib membawa beberapa jarum pentul. Hayo, kira-kira adakah yang bisa menebak buat apa sih bawa jarum pentul?

Nah, jarum pentul wajib banget dibawa oleh para wisudawati. Fungsinya untuk mempakemkan toga yang kamu pakai. Biasanya cukup banyak wisudawati yang tidak memakai toga dari rumah. Mereka lebih memilih memakai topi toga saat sudah sampai di JIEXPO. Nah, untuk mempakemkan topi toga ke kepalamu, kamu bisa menggunakan jarum pentul di sisi kanan dan kiri untuk direkatkan ke kerudung yang kamu pakai. Bawa jarum pentulnya agak banyakan ya, siapa tahu saja temanmu ada yang membutuhkan.

“Mbak, bawa jarum pentul lebih gak?”

“Yah gue gak bawa stock-nya.”

“Lah itu di kerudung kamu banyak tuh jarum pentulnya. Bagi satu boleh ya… topi togaku kurang pakem nih. Takut copot pas prosesi sama dekan nanti.”

Bawa Sandal Juga

Sandal Jepit

Lagi-lagi tips berikut ini untuk para wisudawati. Eits, untuk wisudawan juga bisa deh. Sepatu yang dipakai oleh para wisudawan biasanya adalah sepatu pantopel. Cukup banyak diantara kamu yang mungkin gak nyaman memakai sepatu pantopel. Nah, kalau gak nyaman yasudah gak usah dipaksa, lepas saja, lalu ganti dengan memakai sandal. Tapi pastikan jika ingin mengganti sandal disaat kamu benar-benar mau meninggalkan JIEXPO ya.

Nah untuk wisudawati yang memilih memakai wedges/ high heels cukup tinggi, biasanya 3-4 jam kakimu pasti sudah kelelahan, apalagi kalau yang gak terbiasa. Kalau sudah lelah, yasudah ganti saja pakai sandal. Oia, sandal juga menguntungkan kamu yang memakirkan mobil cukup jauh dari lokasi prosesi wisuda. Daripada makin lelah, lebih baik segera ganti dengan sandal saat kamu akan berjalan jauh ke tempat parkiran.

Kantong Kresek atau Goodie Bag penting lho!

Goodie Bag

“Waduh, teman gue baik semua ya. Banyak banget hadiah wisuda yang gue terima hari ini. Mulai dari bunga sampai telenan. Eh, btw gue bawa hadiah wisuda semua ini pakai apa ya?”

Nah kan! Enak lho kalau kamu juga bawa kantong kresek. Atau kalau gak mau bawa kantong kresek, kamu bisa bawa goodie bag yang berukuran besar. Fungsinya untuk menampung semua hadiah-hadiah wisuda yang kamu dapatkan. Daripada repot dibawa pakai tangan, lebih baik kamu masukkan saja ke dalam kantong kresek ataupun goodie bag! Praktis! 🙂 Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Referensi Hadiah Wisuda untuk Sahabatmu

Nah itulah beberapa tips barang apa saja yang dapat kamu bawa saat wisuda nanti. Yuk, share tips ini agar teman-temanmu lancar melewati prosesi wisudanya. Ingat, wisuda bukanlah akhir perjuanganmu, justru wisuda adalah awal dari perjuanganmu yang sesungguhnya. Selamat datang di dunia masyarakat! Berikan kontribusi terbaikmu untuk Indonesia dan Dunia ya! 🙂

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Pendidik muda yang jatuh cinta dengan dunia jurnalistik