Home Mahasiswa Belajar

Tips Menangkal Hoax Ala Facebook

309
BAGIKAN

Beberapa tahun terakhir berita palsu atau yang sering kita sebut hoax adalah industri yang cukup besar di dunia digital. Tidak sedikit orang yang menghalalkan dan nyaman jadi juru masak berita palsu.

Tempat paling banyak tersebarnya berita palsu adalah di media sosial, salah satunya adalah facebook. Melalui help centernya facebook menerbitkan artikel tips menangkal hoax untuk para penggunanya. Berikut artikel selengkapnya:

Tips untuk Menghentikan Hoax

Kami ingin menghentikan penyebaran berita palsu di Facebook. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang telah kita lakukan. Karena kami bekerja untuk membatasi penyebaran hoax, berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus kita lakukan:

Kritislah terhadap suatu judul berita. berita palsu sering memiliki headline catchy dengan tanda seru. Jika judul terdengar sulit dipercaya, berita tersebut mungkin hoax.

Melihat URL lebih dekat. Sebuah URL palsu atau mirip mungkin menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs hoax meniru sumber berita otentik dengan membuat perubahan kecil ke URL. Anda dapat pergi ke situs untuk membandingkan URL untuk sumber ditetapkan.

*contoh: unjkita.com (benar) unjkita.net (palsu). cara ini mulai digunakan di indonesia. penulis pernah melihat beberapa url palsu yang mirip dengan domain cnnindonesia & kompas. Jadi telitilah.

Selidiki Sumber. Pastikan cerita ini ditulis oleh seorang sumber yang Anda percaya dengan reputasi yang baik Jika cerita berasal dari sebuah organisasi asing, periksa profil tentang mereka untuk mempelajari lebih lanjut.

Perhatikan format yang tidak biasa. Banyak situs hoax memiliki ejaan yang salah atau layout canggung. Bacalah dengan hati-hati jika Anda melihat tanda-tanda ini.

*salah satunya indikasinya adalah iklan yang dimana-mana. Salah satu ciri produsen hoax adalah mereka yang tergila-gila dengan trafik untuk diuangkan.

Pertimbangkan foto. hoax sering mengandung gambar atau video dimanipulasi. Kadang-kadang foto mungkin otentik, tetapi diambil di luar konteks. Anda dapat mencari foto atau gambar untuk memverifikasi mana asalnya.

*Cek caption foto, sumber foto, dan perhatikan adakah editan didalam foto.

Periksa tanggal. hoax mungkin berupa peristiwa yang telah diubah tanggal kejadiannya.

Periksa bukti. Periksa sumber penulis untuk mengkonfirmasi bahwa mereka akurat. Kurangnya bukti atau kepercayaan pada para ahli yang tidak disebutkan namanya mungkin menunjukkan hoax.

Lihatlah laporan lainnya. Jika tidak ada sumber berita lain dari website lain yang terpercaya , hal itu mungkin menunjukkan bahwa cerita ini adalah palsu. Jika cerita ini dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percaya, itu lebih mungkin untuk menjadi kenyataan.

Apakah cerita lelucon? Kadang-kadang kita sulit untuk membedakan humor atau sindiran. Periksa apakah sumber bacaan kita dikenal parodi, dan apakah rincian cerita dan nada menyarankan itu mungkin hanya untuk bersenang-senang.

*Ada beberapa web yang memproduksi berita/cerita palsu memang untuk konsumsi humor dan sindiran saja. jadi tidak perlu dianggap terlalu serius

Beberapa cerita yang sengaja palsu. Berpikir kritis tentang cerita yang Anda baca, dan hanya berbagi berita yang Anda tahu telah terbutki kebenarnya.

Tulisan ini adalah hasil kerja sama dengan ICTWatch.id & Dewan Pers. Semoga tips dari facebook ini bermanfaat. Cegah berita palsu dengan berpikir kritis.

sumber: facebook.com
*tambahan dari penulis.

Komentar Kamu?