Home Mahasiswa Belajar

Tips Menghadapi Semester Baru di 2017

965
BAGIKAN
2017 Calender on the red cubes

UNJKita.com – 2017 sebuah angka baru di awal tahun ini mengartikan sebuah awal yang baru dan tentunya semester yang baru. Banyak persiapan yang harus kita persiapkan agar matang dan sesuai dengan ekspektasi kita di tahun 2016 sebelumnya agar realitanya nanti tidak cuma sekedar ekspektasi saja ya, hehe. Persiapan apa saja sih yang harus dipersiapkan kita untuk memulai semester yang baru ini secara mental dan fisik saja belum cukup? Mungkin hal – hal berikut ini bisa menjadi gambaran untuk kalian yang ingin lebih baik di semester depan, so let’s check it out :

 

1. Persiapkan mental liat nilai di SIAKAD

Anak UNJ pasti sudah tidak asing mendengar kata SIAKAD kan? Siakad yang merupakan singkatan dari sistem informasi akademik yang dibuat untuk membantu kita dalam kegiatan administrasi akademik secara online, penerimaan mahasiswa baru, pembuatan kurikulum, pengisian KRS dan liat nilai kita di KHS. Nah kenapa melihat nilai di SIAKAD salah satu hal penting yang harus kita lakukan, karena kita bisa mendapat gambaran dan menilai sendiri bila masih ada kelemahan atau kekurangan di mata kuliah apa yang harus kita tingkatkan, atau bila nilainya bagus semua kita juga bisa mengetahui potensi kita lebih kuat dimana hitung-hitungan, hafalan atau softskill lainnya. Sehingga tentunya lebih pede dong kalau sudah tau kekuatan kita di awal lembaran kisah 2017 ini.

 

2. Mulai mereview pelajaran dan coba buat Jadwal serta skala prioritas

Setelah kita tahu bulat dengan potensi kita, mulai deh persiapan terbaiknya yaitu mulai me-review pelajaran di semester lalu. Jangan dianggap sepele loh karena semester depan dan semester lalu selalu berhubungan layaknya kisah asmara yang tak bisa dipisahkan. Coba buat jadwal dan skala prioritas kita untuk bisa mengatur diri dalam Akademik, Keluarga, Kegiatan Kampus, Bermain, dan lain – lain selain memudahkanmu kita menjadi lebih hidup dengan teratur.

 

3. Bersosialisasi dengan kakak tingkatmu dan mahasiswa baru

Eits jangan salah maksud disini bukan modus ya. Bersosialisasi disini ada baiknya kalau bisa ke segala arah baik kakak tingkat ataupun adik tingkat nanti. Memperbanyak sosialisasi akan memperluas relasi kalian. Setidaknya kalian bisa lebih paham situasi semester baru ini dari kakak tingkat kalian yang sudah lebih awal menaklukan semester itu dan kalian juga bisa menjadi figur yang membantu adik tingkat kalian juga dan siapa tau kalian bisa tertular oleh semangat adik tingkat kalian yang masih memiliki semangat tinggi untuk berkuliah. Simbiosis mutualisme kan? Hehe.

 

4. Kenali dosen dan dosen pembimbingmu

Sebenarnya untuk memahami dosen dan dosen pembimbingmu sudah harus kalian lakukan dari semester – semester awal. Tapi tenang tidak ada kata terlambat, Karena terlambat 15 menit masih dibolehkan masuk sama dosennya hehe. Kenali dosen dan dosen pembimbingmu dengan baik. Karena dosen juga manusia punya rasa punya hati wehehe… Kalian akan selalu membutuhkan jasa beliau dari praktek PKL, KKL, KKN, SUP, sampai ke Sidang Skripsi nantinya. kebayang dong kalau kita belum kenal dosennya dan kita gak tau keadaan apa yang bikin beliau marah atau kesal. Wah bisa – bisa sulit ketemu nanti. Karena kenal dengan dosen bukan hal tabu loh, siapa tau beliau bisa menjadi sahabat atau orang tua kita di kampus.

 

5. Pelajari mata kuliah yang menurut kamu menakutkan.

Apa nih yang paling menakutkan bagi kalian, hitung hitungan? Hafalan? Presentasi ke depan? Menulis panjang? Hehe. Tenang jangan takut karena sebenarnya hal yang paling menakutkan kadang menjadi senjata terkuat kita dalam menghadapi semester baru ini loh, siapa tau kamu yang awalnya takut hitung hitungan setelah menemukan polanya jadi ketagihan atau kamu yang takut presentasi ke depan malah nantinya jago bahkan seperti pembawa acara di televisi. Intinya untuk menguasai apapun yang menakutkan bagi diri kita adalah menguatkan alam sadar kita dari sugesti menjadi motivasi kita nantinya ini bukan hipnotis loh. Karena semua hal yang menakutkan menurut kamu selalu ada cara untuk mengatasinya dan seperti poin sebelumnya jangan lupa juga untuk minta sarannya ke dosen pembimbing, kakak dan adik tingkat, keluarga agar kamu tau cara mengatasi atau meminimalisirnya.

Jadi sudah siap menghadapi semester baru di tahun 2017 ini?

Komentar Kamu?