Home Mahasiswa Belajar

Tips Menjadi Jomblo Bahagia Sampai Halal

1716
BAGIKAN

Hi jomblo, apa kabar? Kabar baik bukan? Haha, kali ini tim unjkita.com akan berbagi tips menjadi jomblo bahagia sampai halal. Hmmm, mungkin masih ada yang nyengir mendengar kata jomblo ya. Tenang aja, menjadi jomblo karena prinsip hidup adalah sebuah kehormatan kok!

Nah, sebelum berbagi tips, kamu harus tahu definisi dari kata jomblo. Menurut kamus bahasa alay, jomblo merupakan kondisi dimana seseorang dalam keadaan tidak berpacaran. Hmmm, sudah paham bukan? Yuk kita langsung simak tips menjadi jomblo bahagia sampai halal. Selamat menikmati!

Ceriakan Hidup Bersama Sahabat

Happy with our friend

Sahabat bagai kepompong, perumpamaan ini sangat tepat untuk menggambarkan peran sahabat. Kamu bisa menghabiskan waktu luang untuk berkumpul bersama sahabat, berbagi suka duka, saling mengingatkan dan saling menasehati dalam kebaikan. Langkah ini dapat membuatmu bahagia walau statusmu adalah jomblo, hehehe.

Jagalah sahabat baikmu karena mungkin waktu kebersamaan hanya sesaat sebelum sibuk dengan kerjaan masing-masing. Saat jomblo inilah menjadi moment yang tepat untuk berkumpul dengan sahabat. Konon katanya kalau sudah menikah kita bakal sulit berkumpul dengan sahabat lagi lho! Bahkan untuk SMS atau telpon pun kadang sungkan karena takut mengganggu kesibukannya. Nah, sebelum hal itu terjadi, mending puas-puasin masa jomblo dengan menjadi jomblo yang banyak sahabat ya. Kamu bisa tour adventure dengan sahabat, mengaji bareng, atau bahkan main perang bantal. Pacarannya nanti sama istri atau suami kalau udah nikah ya!

Berprinsip: Jodoh Akan Datang di Waktu yang Tepat

Waktu

Sobat unjkita.com pernah dengar bahwa Tuhan sudah menuliskan jodoh kita di lembaran kehidupan kan? Nah, artinya jodoh kita sudah ada kok, tinggal kapan datangnya aja. Sambil menunggu datangnya jodoh, kita bisa memperbaiki diri dengan belajar dan terus belajar. Jodoh kita nantinya tentu ingin kita menjadi sosok yang pintar bukan? Konon katanya, kebanyakan orang justru sibuk mengejar jodoh, namun lupa mempersiapkan diri menerima jodoh.

Berprinsip: Jomblo Bukan Berarti Tidak Laku

Nah, kali ini tips paling ampuh yang membuat kamu bakal menjadi jomblo bahagia sampai halal, yaitu menyukai atau mencintai seseorang adalah fitrah setiap manusia. Namun, semua tergantung pada bagaimana kita mengungkapkan rasa itu (red: cinta). Adakalanya dengan cara terang-terang mengungkapkan cinta (red: jadian) atau dengan berdoa dalam sujud agar Tuhan menjadikannya jodoh hidupnya (red: So Sweet banget), Hehe. Nah, ternyata jika kita merujuk pada tips sebelumnya yakni jodoh akan datang pada waktunya, kita tidak perlu khawatir untuk memilih menjadi jomblo. Ungkapkanlah rasa cinta dengan doa kebaikan, atau dengan terus berbuat baik dengannya dengan tetap menjaga jarak. Konon kata para leluhur, jika jadian dengan seseorang (red: pacaran) maka pintu peluang mendapatkan yang lebih baik akan tertutup erat, walau masih memungkinkan dibuka pakai granat, hehe.

Ingat, cinta sejati yang suci tidak harus memiliki. Kalau masih ngotot itu namanya nafsu, katanya lho, hehehe. Berprinsip bahwa “jomblo bukan berarti tidak laku” adalah jalan untuk meyakinkan diri untuk tetap bahagia menjalani hidup sebagai jomblo. Para nabi saja dulu jomblo sebelum menikah lho! Bisa gak yah kalau jomblo disebut sunah nabi juga? Sunah kan dapat pahala, hehe.

Isi waktu luang dengan belajar dan ingat cita-cita

apple-iphone-laptop-notebook

Para jomblo yang berbahagia, pernah dengar lagu dengan judul “Mencintai Perpisahan” ? Yang belum pernah dengar, bisa coba dengarkan ya. Dalam lagu tersebut diceritakan sepasang muda-mudi yang saling mencintai namun kemudian rela menjadi jomblo demi mengejar cita-cita. Mereka ingin menghapus ikatan yang ada karena berprinsip bahwa masih banyak kewajiban yang harus difokuskan salah satunya belajar dan menggapai cita-cita. Lagu tersebut intinya berisi wejangan bahwa jodoh gak kemana kok, hehe.

Berusaha Membahagiakan Orang Tua

Banyak sekali yang berusaha untuk membahagiakan pacar namun lupa membahagiakan orang tua. Konon menurut petuah para penghulu, orang tua jauh lebih utama daripada istri apalagi pacar. Nah, dengan berusaha membahagiakan orang tua akan membuat hidupmu penuh berkah. Jangan lupa pula meminta orang tua agar kelak mendapat jodoh yang dapat membawa sukses dunia dan akhirat ya!

Baca juga: Kenali Calon Suami Atau Istri Berdasarkan Fakultas Di UNJ

Ingat, Masih Ada Cara dengan Ta’aruf

Mblo, jangan galau memikirkan cara mendapatkan jodoh dengan status jomblo ya. Ingat masih ada jalan ta’aruf kok. Secara umum ta’aruf merupakan kegiatan bersilaturahmi atau saling berkenalan dengan mendatangi keluarganya. Ritual ini sangat sakral lho, bukan asal masuk ke rumah calon mertua, hehehe.

 

Nah, semoga dengan tips menjadi jomblo bahagia sampai halal tersebut membuat kamu untuk terus melangkah mengejar mimpi ya. Ingat, jangan lupa bahagia!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pencari cahaya langit dan mahkota persahabatan/ Bahagia di atas kebahagiaan orang lain/ Pend. Biologi UNJ.