Home Mahasiswa Belajar

Tips Perjalanan Mudik Efektif dan Menyenangkan Bagi Mahasiswa

1030
BAGIKAN

Mudik merupakan sebuah tradisi yang tidak dapat ditinggalkan seluruh masyarakat di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Mudik merupakan ritual yang biasa dilakukan oleh segala usia. Tak terkecuali bagi mahasiswa. Mereka yang merantau dan tinggal jauh dari orangtua demi mengenyam pendidikan atau atas nama pekerjaan, dengan senang hati menyambut kesempatan tersebut.

Berbagai cara dan moda transportasi dipilih para mahasiswa untuk sampai dikampung halaman untuk bisa berkumpul dan melepas rindu dengan keluarga dan sanak saudara. Mulai dari transportasi darat, seperti motor pribadi, mobil pribadi, travel, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang. Berikut ini tim unjkita.com bagikan tips untukmu agar perjalanan mudikmu makin efektif dan menyenangkan…!

1. Selesaikan tugas atau pekerjaan secepat mungkin.

apple-iphone-laptop-notebook

Biasanya mendekati libur dosen di kampus memberikan banyak tugas ataupun pekerjaan yang harus dikerjakan. Sebaiknya selesaikanlah terlebih dahulu, sebelum memulai liburan dan perjalanan mudik. Pastikan juga seluruh UAS, kuis dan tugas akhir sudah kamu selesaikan dengan baik. Sehingga perjalanan mudik lebih tenang tanpa pikiran tentang pekerjaan yang harus diselesaikan.

2. Tentukan moda transportasi yang akan kamu gunakan.

transportasi mudik

Menentukan moda transportasi menjadi sangat penting untuk memperlancar perjalanan mudik kamu. Jika memang memutuskan akan menggunakan kendaraan umum, putuskan segera apakah kamu akan menggunakan moda transportasi mobil travel, Bis, Kereta Api, Kapal Laut, atau Pesawat Terbang. Carilah tiket di berbagai agen penjualan mulai dari online hingga offline dan bandingkan harga termurah di tanggal mudik dan balikmu. Carilah tiket diberbagai agen penjualan yang tersedia jauh jauh hari. Sebab kalau ditunda, kamu bisa kehabisan tiket dan sulit untuk pulang ke kampung halaman. Selain itu, jangan berangkat mudik terlalu mepet, karena semakin dekat dengan Lebaran, harga tiket akan semakin mahal. Padahal sebagai mahasiswa, kamu harus mempertimbangkan pengeluaran.

Namun, jika kamu memutuskan menggunakan kendaraan pribadi, cobalah cek kembali kondisi kendaraanmu. Mulailah dengan mengganti oli, kanvas rem, ban, dan lain sebagainya. Pastikan segala kondisi fisik kendaraan bermotor dalam keadaan prima agar perjalanan mudikmu dapat aman dan nyaman sampai tujuan.

3. Buatlah Catatan Mengenai Barang yang Hendak Dibawa.

Gemar Membaca

Mudik bukan berarti membawa semuanya pulang. Jangan sampai kamu memboyong lemari dan seisi kamar kost. Coba catat dan pilah-pilah barang yang dibutuhkan di kampung halaman nanti. Dengan demikian akan mempermudahmu dalam mengemas barang-barang serta bawaan dalam koper dan mengindari beberapa barang penting yang tertinggal.

4. Pastikan keamanan barang yang ditinggalkan

keamanan rumah

Selama kita mudik, kamar kost/rumah kontrakan akan kita tinggalkan. Sebaiknya bawa pulang barang-barang berharga yang memungkinkan, sisanya bisa dititipkan pada ibu kost/tetangga dekat rumah. Karena tidak ada yang menjamin barang-barang yang kita tinggalkan tidak dicuri/dirusak orang. Selain itu, saat keluar rumah, pastikan tidak ada alat elektronik yang terhubung dengan aliran listrik agar menghindari kebakaran karena arus pendek dan kunci pintu dengan teliti. Mintalah agar satpam di sekitar kost/kontrakan kamu mengawasi rumah kamu. Jangan lupa memberikan THR agar pekerjaannya dilakukan dengan senang hati.

5. Gabung ke Paguyuban Mahasiswa Daerah

sikam lampung unj

Di kampus banyak paguyuban yang terdiri atas sekelompok mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama dan menjadi satu himpunan mahasiswa daerah. Sesama mahasiswa perantauan, paguyuban inilah yang akan menjadi sahabat kamu yang cukup dekat. Paguyuban mahasiswa biasanya memiliki ikatan soliditas yang kuat sesamanya karna memiliki kesamaan dengan daerah asalnya serta kesamaan latar belakang daerah dan nilai sosial-budaya yang serupa. Menjelang lebaran ini pastinya paguyuban mahasiswa daerah mengadakan mudik bareng. Tidak ada salahnya kamu ikut bergabung dibandingkan mudik sendirian.

6. Tak Ada Salahnya Ikut Mudik Gratis

mudik gratis jasa raharja

Budget menipis menjelang hari raya lebaran tapi rindu juga dengan keluarga dan kampung halaman? Ikut mudik gratis menjadi jawaban atas kegelisahan itu sob. Biasanya mulai dari pekan pertama bulan suci Ramadhan mulai banyak info-info pendaftaran mudik gratis yang diadakan oleh berbagai perusahaan serta pemerintah. Ini contoh salah satu mudik gratis yang diadakan oleh pemerintah untuk meminimalisir angka kecelakaan pemudik : Mudik Gratis Dephub .

Moda transportasi yang digunakan pun beragam, mulai dari Bis, Kereta Api hingga Kapal Laut. Walaupun agak sedikit berdesakan karena menggunakan transportasi gratisan, tapi tak ada salahnya kamu mencoba hal ini demi mengobati rindu dengan keluarga dan kampung halaman.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk perjalanan mudikmu lebih efektif dan menyenangkan. Oiya tips diatas tidak hanya dapat berlaku bagi mahasiswa, siapa saja yang punya profesi lain bisa juga mengikutinya. Selamat mudik sobat. Semoga selamat sampai tujuan ke kampung halaman dan kembali lagi ke kota dengan aman dan nyaman ya sobat UNJKita…

Komentar Kamu?