Home Mahasiswa Belajar

Tips Sukses di Kampus Bagi Mahasiswa Baru

675
BAGIKAN

Mahasiswa Baru atau biasa disebut MABA merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama kuliahnya. Beberapa orang menganggap bahwa memasuki dunia kuliah merupakan suatu perubahan. Berubahnya status dari Siswa menjadi Mahasiswa merupakan perubahan yang terjadi di dalam diri maupun secara penampilan. Seiring perubahan yang terjadi, lingkungan baru, teman baru, dan sistem pembelajaran yang baru mungkin saja dapat membuat kesulitan dalam menjalani kuliah perdana bagi mahasiswa baru.

Di balik kesulitan itu, siapa yang tidak ingin menjadi mahasiswa sukses di kampus?

Pasti semuanya ingin menjadi mahasiswa sukses. Berikut beberapa tips sukses di kampus bagi mahasiswa baru:

1. Memiliki Niat dan Tujuan

Saat masuk kuliah sistem pembelajaran sangat berbeda jika dibandingkan dengan tingkat sebelumnya. Jika di tingkat sebelumnya hanya di bagi beberapa jurusan, tapi kalau di perkuliahan terbagi menjadi beberapa fakultas, di dalam fakultas terbagi lagi menjadi beberapa jurusan, dan di dalam jurusan terbagi lagi menjadi beberapa program studi prodi. Mungkin beberapa orang masuk dalam jurusan atau program studi yang diinginkan tapi tidak sedikit orang yang masuk dalam jurusan atau program studi yang tidak diinginkan.

Tapi, apapun jurusan atau prodi kamu, kamu harus yakin ini adalah salah satu proses terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kamu jalani. Dengan begitu kamu bisa menerima keadaan yang ada. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus memiliki niat untuk belajar. Karena di depan sana nanti banyak sekali hal-hal yang membuat kamu lupa akan tujuan kamu di perkuliahan. Contohnya saja organisasi, teman-teman dan pastinya lingkungan kamu. Maka dari itu kamu harus memiliki niat yang kuat dan mempunya tujuan yang jelas di perkuliahan.

2. Targetkan IP

Mungkin kata IP tidak biasa didengar mahasiswa baru, namun IP itu sendiri tidak jauh berbeda dengan kata nilai yang ada di sekolah dulu. Kalau IP disini terbagi menjadi dua, yaitu, IPS (Indeks Prestsi Semester) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). IPS ada di setiap akhir semester, namun IPK adalah hasil kumulatif dari IP setiap semester. Tidak ada salahnya menargetkan IP setinggi-tingginya karena ada pepatah “gantungkan cita-cita kamu setinggi langit”.

Semakin tinggi cita-cita kamu, semakin besar juga usaha kamu untuk meraihnya. Dengan mempunyai niat yang kuat, kamu tidak akan sulit mendapatkan IP yang tinggi. Salah satu cara untuk memiliki IP yang tinggi selain belajar dengan tekun adalah aktif di kelas dengan syarat aktif yang positif (berdasarkan ilmu yang dimiliki). Karena dosen sangat suka dengan mahasiswa aktif dan suka berdiskusi. Dengan begitu, dosen dapat mengenal kamu.

3. Temukan Cara Belajar

Pastinya cara belajar setiap orang berbeda-beda, ada yang belajar secara visual, auditori, kinestetik, dan berdiskusi. Untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa baru perlu sekali untuk mengetahui cara belajar yang paling tepat untuk kamu. Karena cara belajar kamu akan menentukan bagaimana kamu ke depannya.

4. Jangan Mudah Putus Asa

Awal masuk kuliah tidak mudah memang bagi mahasiwa baru, karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dari mulai pertemanan, di dunia perkuliahan harus pandai untuk memilih teman, karena teman akan menentukan bagaimana kamu bersikap dan bergaul di kampus. Tidak mudah memang untuk mendapatkan teman yang cocok dengan kamu. Mungkin kamu akan berganti-ganti teman untuk beberapa saat sampai kamu menemukan teman yang cocok dengan kamu.

Mata kuliah di perkuliahan pun sangat berbeda dengan mata pelajaran yang ada di sekolah. Ilmu yang kamu pelajari di kuliah lebih mendalam dan membutuhkan pemahaman yang lebih untuk memahaminya. Awalnya mungkin kamu kesulitan untuk memahami mata kuliah yang ada, namun jangan mudah putus asa jika kamu tidak bisa. Kamu bisa berdiskusi atau bertanya dengan teman, bisa juga bertanya dengan kakak tingkat. Masalah akan hadir setiap waktu dan datang secara tak terduga. Untuk itu kita harus mempunyai mental yang kuat agar tidak mudah menyerah dan kemudian mempengaruhi kuliah. Tetap tenang, pahami apa masalahnya, apa sebabnya dan tentukan bagaimana penyelesaiannya. Dengan berbagai masalah akan membuat kamu selalu belajar, berkembang dan tumbuh dewasa. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah Setiap permasalahan pasti ada penyelesaian, maka kamu akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang memiliki mental baja.

5. Pandai memilih Organisasi

Bagi mahasiswa baru pasti sangat tertarik dengan berbagai organisasi yang ada di kampus. Organisasi di perkuliahan terbagi menjadi dua, yaitu organisasi mahasiswa internal kampus dan eksternal kampus. Organisasi mahasiswa internal seperti, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa tingkat fakultas dan Himpunan mahasiwa jurusan(HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sedangkan, organisasi mahasiswa eksternal adalah organisasi yang berada di luar kampus seperti komunitas hobi. Yang perlu kamu perhatikan dalam memilih organisasi adalah waktu, visi dan misi, dan kesiapan diri kamu.

Tidak sedikit orang yang masuk dalam satu organisasi karna ingin tau saja, namun saat sudah masuk organisasi kegiatan perkuliahannya menjadi tidak terurus. Dalam dunia perkuliahan yang paling penting adalah kuliah itu sendiri untuk mencapai tujuan awal kamu. Organisasi itu sendiri sebagai penyeimbang akademis dan untuk mengembangkan pengetahuan dan pergaulan kamu. Pilih organisasi yang sesuai dengan waktu kosong kamu, mempunyai satu visi dan misi, dan bagaimana dengan kesiapan diri kamu untuk mengikuti organisasi tersebut.

6. Jangan Terlalu Sering Begadang dan Luangkan Waktu Untuk Dirimu Sendiri

Begadang adalah kebiasaan tidur yang tidak baik. Sebagai seorang yang sudah tumbuh dewasa, tidur cukup itu penting, yaitu sekitar delapan jam. Karena tidur yang tidak cukup akan membuat kamu tidak fokus belajar dan sulit mencerna apa yang kamu pelajari serta akan mengganggu kesehatan dan cepat stress. Begadang di malam hari dan tertidur di tempat kuliah itu hal sangat sangat tidak diinginkan. Apa gunanya lelah kuliah tapi malah tidur selama pelajaran? Tugas-tugas kuliah sebaiknya jangan dikerjakan selama satu waktu, tetapi kerjakanlah secara bertahap dan rutin tiap hari.

Seperti pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Sebaiknya kurangi waktu begadang kamu, mempersingkat waktu makan, mandi, kurangi waktu main games, main Facebook, dan jalan jalan. Pergunakan waktumu sebaik mungkin. Jika badan sudah mulai lemas maka olahraga. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan lari pagi maka kamu akan merasakan kebugaran tubuh. Jangan terlalu memperbanyak waktumu untuk belajar, sesekali ajaklah teman atau keluarga untuk keluar atau bersantai sejenak untuk menjernihkan pikiran agar tidak stress atau kamu bisa meluangkan waktu kamu untuk kamu sendiri, menjernihkan pikiran kamu dan melakukan hal yang membuat diri kamu bahagia.

7. Penampilan Menarik

Mungkin ini hanya tips tambahan, tapi ini tips yang tidak boleh ditinggalkan. Maksudnya penampilan menarik di sini adalah penampilan yang tidak berlebihan, namun terlihat kamu sebagai mahasiswa bukan siswa lagi. Kurangi untuk memakai kaos, karena beberapa dosen menganggap kalau memakai kaos itu tidak niat untuk mengikuti perkuliahan. Jangan memakai pakaian ketat atau terlalu minim, karena itu akan membuat kamu menjadi perhatian banyak orang secara berlebihan, dosen pun tidak menyukai hal tersebut.

Menjadi mahasiswa baru yang baik adalah dapat membawa dirinya menjadi mahasiswa dalam arti sesungguhnya bukan lagi menjadi siswa.

Keseimbangan antara akademik dan non akademik juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk sukses di dunia perkuliahan. Tidak ada orang sukses dengan cara yang mudah berbagai hambatan dan rintangan harus dilewati. Tidak sedikit juga orang jatuh di dalam prosesnya namun bagaimana caranya kita harus bangkit untuk mencapai tujuan. Jangan pernah menyerah, karena kalau kamu menyerah selesai sudah semua.

Baca Juga: 7 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

Oleh:  Iryanzani Rizka Qurnia Fajrin

Komentar Kamu?