Home Mahasiswa Karya

Sepak Terjang UNJ KITA 2016

605
BAGIKAN

Tahun 2016 telah kita lalui bersama, sepanjang tahun lalu UNJ Kita telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Sebagai Media Jurnalisme Warga kami sangat mengapresiasi para kontributor dan masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Indonesia yang turut ambil bagian melalui suara anda.

Beberapa kontributor aktif telah melahirkan beberapa berita/konten viral dan fenomenal, menghadirkan informasi yang terbaik bagi pembaca setia UNJKita.com. Bidang Media Partner juga menciptakan beberapa kolaborasi demi memberikan yang terbaik bagi warga UNJ.

Dengan menggunakan beberapa tools kami menyajikan data perkembangan UNJKita.com di berbagai bidang sepanjang tahun 2016 :

Ikhtisar 2016

Selama tahun 2016 Jurnalisme warga UNJKita.com telah di akses oleh 253.228 Pengguna dan 508.854 Halaman telah dibaca. Hasil ini adalah pencapaian yang luar biasa untuk kita semua.

Data diatas akan kita perdalam untuk menemukan inspirasi – inspirasi lain yang kita ciptakan bersama di tahun 2016.

10 Artikel Terpopuler

  1. Ronny Bicara Soal DO dari Kampus
  2. Daftar Lengkap Jurusan di UNJ
  3. 26 Kampus Akreditasi A
  4. Daya tampung & peminat sbmptn2016
  5. Jati Diri UNJ Dibongkar
  6. Aspiras di bungkam ketua BEM terancam DO
  7. Jenis – Jenis Bahan untuk Menghias Kue
  8. Waspada! Pembegalan dalam Kampus
  9. Passing Grade SNMPTN 2016
  10. Penmaba Jalur Prestasi

10 Artikel terpopuler di atas dapat kita bagi menjadi 3 yaitu Kekuatan Bersama, Informasi UNJ, & Kontribusi Warga.

Pertama, 4 dari 10 artikel terpopuler adalah tentang masalah dan tantangan kita bersama. Bahkan urutan pertama dari daftar ini tentang pernyataan Ronny ketua BEM 2015 perihal status DO dari pihak Rektorat.

masih ingat dengan artikel ini

Hal ini menunjukkan bahwa kita semua masih memiliki rasa peduli, dan berbagi. Sikap ini lah yang menjadikan kita semua semakin kuat dan solid.

Kedua, Banyak sekali masyarakat Indonesia yang membutuhkan informasi lengkap mengenai UNJ. Mulai dari cara masuk, jurusan apa saja, bagaimana peluangnya, hingga berapa biaya yang di butuhkan. UNJKita hadir membuat banyak konten untuk menjawab kebutuhan ini. Hasilnya 5 Artikel terpopuler adalah konten kategori ini.

Tahun 2017 kami juga akan membantu anda mendapatkan informasi terbaik

Sampai saat ini UNJKita.com terus berusaha menyajikan informasi terbaik demi mendukung masyarakat Indonesia yang ingin bergabung menjadi keluarga besar Universitas Negeri Jakarta. Info masuk UNJ bisa kamu temukan disini.

Ketiga, ini adalah hadiah terindah bagi UNJKita.com. Sebagai media yang membawa semangat jurnalisme warga. Hadirnya salah satu konten kontributor menjadi 10 yang terbaik di tahun 2016 adalah cita-cita kami yang terwujud. Kami harapkan di tahun 2017 tidak hanya satu.

Artikel tentang dekorasi kue adalah tulisan Mutiara Kinanti Tata Boga 2013. Tulisan ini sebanarnya adalah artikel promo untuk acara dari Tata Boga 2013: Cake Decoration Exhibition. Ini adalah cara yang sangat kreatif dalam mempublikasikan sebuah acara.

6 Kontributor teraktif

Gathering Kontributor UNJKita.com

19 Kontributor aktif memberikan kontribusi tulisanya sepanjang tahun 2016. Mereka menyumbang 37% tulisan UNJKita yang totalnya ada 715 konten inspiratif. Mereka adalah salah satu motor penggerak utama jurnalisme warga UNJKita. Berikut 6 Kontibutor teraktif:

Suara Anda Inspirasi Kita

Suara Anda dan kontributor adalah alasan kenapa UNJKita di bentuk. Jika Kontributor adalah kontribusi jurnalisme warga yang berjenjang dan bagi mereka yang ingin terlibat lebih jauh, rubrik suara anda adalah fasilitas bagi mereka yang ingin tetap membuat konten tanpa perlu terlibat jadi tim inti.

Sampai saat ini warga UNJ yang berkontribusi melalui Suara anda ada 150 dari 715 artikel yang ada di UNJKita. Beberapa diantaranya pun cukup viral dan mendapat apresiasi dari para pembaca. Rubrik ini biasa bersisi Opini dan keluh kesah warga UNJ terhadap lingkunganya. Untuk kamu yang ingin mengirimkan tulisanya bisa melalui Suara Anda/ Kirim Tulisan.

5 Kategori Terfavorit

Pembahsan berikutnya adalah kategori terfavorit di UNJKita. Berikut daftar 5 kategori terfavorit

  1. Beasiswa
  2. Masuk UNJ
  3. Berita
  4. Mahasiswa
  5. Lowongan kerja

Jika kita lihat daftar di atas beasiswa masih menjadi info yang paling di cari di UNJkita. Saat ini semakin banyak beasiswa yang bisa diperoleh Mahasiswa UNJ, salah satu yang baru adalah Beasiswa Aktivis Nusantara Dompet Dhuafa.

Tahun 2016 UNJKita mengambil langkah kerjasama dengan Studen Job Indonesia untuk meningkatkan kualitas & kuantitas info lowongan kerja yang terbaik bagi pembaca setia UNJkita.

Diskusi Online Rubrik

Rubrik atau Ruang Terbuka UNJKita adalah wadah diskusi online yang diadakan secara rutin dan berkelanjutan melalui platform aplikasi whatsapp guna berbagi inspirasi, ilmu dan pengalaman bersama alumni dan mahasiswa UNJ Inspiratif. Disini kita bisa mendapatkan berbagai info menarik sesuai tema mingguannya.

Poster Rubrik Perdana Oktober 2016

Sampai saat ini Rubrik telah di laksanakan sebanyak 2 kali dan grup whatsapp selalu penuh 256 orang setiap rubrik diadakan.

Media Partner

Selama tahun 2016, UNJ Kita telah berperan sebagai media partner untuk 137 event Universitas ataupun Lembaga. Sebanyak 27 kampus seluruh Indonesia baik PTN maupun PTS telah menjalin kerjasama dengan UNJKita. 10 Kampus terbesar selain UNJ yang cukup sering menjalin kerjasama adalah :

  1. Universitas Indonesia
  2. Binus University
  3. Politeknik Negeri Jakarta
  4. Universitas Brawijaya
  5. Institut Teknologi Bandung
  6. Universitas Katolik Parahyangan
  7. Institut Pertanian Bogor
  8. Institut Teknologi Sepuluh November
  9. Universitas Padjajaran
  10. Perbanas Institute

Kemudian kami juga telah menjalin kerjasama strategis dalam rangka menyebarluaskan informasi di UNJKita serta mengembangkan jaringan kampus UNJ dengan beberapa lembaga diantaranya :

  1. Student Job Indonesia
  2. Young on Top
  3. PT. Digital Baca Nusantara (Baca)
  4. Baca Berita Indonesia (BaBe)

Jika kamu punya acara yang bisa di kerjasamakan dengan kami silahkan langsug menuju halaman media partner yang berada di menu paling atas pada tampilan dekstop dan menu paling bawah pada tampilan mobile.

Galang Dana Upgrade Server 2017

Tahun 2016 Server UNJKita banyak mengalami down dan tidak mampu menopang derasnya manusia yang mengakses. Atas dasar itu tim UNJKita bercita-cita untuk meningkatkan kualitas servernya untuk kenyamanan para pembaca.

Jika Ketika pertama kali didirikan november 2015 UNJKita didanai dari hasil patungan para Founder dan Co Founder. Untuk biaya server selama 2017 para founder selama desember 2016 melakukan penggalang dana melalui kitabisa dan berhasil mengumpulkan Rp. 1.587.654. Dana yang terkumpul mampu menutupi 3/4 biaya server UNJKita di tahun 2017. Saat ini dampak dari upgrade server pembaca UNJKita naik 3x lipat dari rata-rata pembaca per hari di tahun 2016. Alhamdulillah.

 

Banyak prestasi yang kita torehkan bersama di tahun 2016. Kita harapkan di tahun 2017 banyak rekor baru yang kita buat dan memberikan dampak positif yang lebih luas. Mari Saling Menginspirasi melalui UNJKita.com 🙂

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.