Home Berita

UNJ Saksi Bisu Perayaan International Volunteer Day for Indonesia 2015

1065
BAGIKAN

unjkita.com – Inspirasi itu ternyata bisa didapatkan dimana saja. Salah satunya mendapatkan inspirasi dengan menghadiri perayaan International Volunteer Day for Indonesia 2015 di Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 5 Desember lalu.

Perayaan International Volunteer Day for Indonesia 2015 diprakarsai oleh IVH (Indonesia Volunteering Hub) sebuah wadah pemberdayaan terhadap relawan Indonesia serta menjadi pusat informasi kegiatan sosial kemasyarakatan yang membutuhkan relawan. Inisiasi Indonesia Volunteering Hub dilatarbelakangi oleh beberapa pengalaman kerelawanan yang telah dilakukan oleh para inisiator, salah satunya Putri Agustina (Alumnus UNJ Fakultas Ekonomi 2010).

“Peserta yang hadir sekitar 105 peserta, dan respon mereka alhamdulilah positif banget sama acara ini. Ternyata banyak yang ingin tahu baik yang belum ataupun telah terlibat dalam kegiatan kesukarelawanan,” ungkap Putri saat diwawancarai oleh tim unjkita.com. Peserta yang hadir terdiri dari finalis lomba blog kesukarelawanan, mahasiswa Jurusan PLS FIP UNJ, dan rekan-rekan komunitas kesukarelawanan.

12347743_187322828283315_7347683507294679024_n

Salah satu rangkaian acara yang dipandu oleh inisiator gerakan Uniting as One, Dea Salsabila, adalah gelar wicara dengan tema “Civic Engagement through Youth Volunteering Opportunity”. Gelar wicara dilakukan bersama para ekspert di bidang kesukarelawanan pemuda, seperti Bapak Syafril perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Yeni Dwi Mulayaningsih dari Komunitas Taufan, Vande Leonardo dari Sobat Budaya, Raden Dicky Dermawan dari KOPHi, dan Unggul Sagena dari Relawan TIK Jakarta. Gelar wicara dimoderatori oleh Palupi Mutiasih, perwakilan Community Development Universitas Negeri Jakarta (ComDev UNJ).

“Kata kak Vande dari Sobat Budaya, nenek moyang kita bukanlah seseorang yang bodoh melainkan kaya akan pengetahuan. Mereka menciptakan budaya dan kearifan lokal yang menjadikan Indonesia penuh warna,” ujar Palupi yang menceritakan pengalamanya menjadi moderator saat gelar wicara beberapa hari yang lalu.

12348040_187323071616624_7796641532983928812_n

Perayaan International Volunteer Day for Indonesia 2015 diakhiri dengan memberikan penganugrahaan juara untuk peserta Lomba Blog Kesukarelawanan yang telah telah dilakukan sejak awal November 2015. Juara 1 diraih oleh Andi Nurdiana, Juara 2 diraih oleh Sitti Ghaliyah, dan juara 3 diraih oleh Meka. Adanya lomba blog kesukarelawanan ini untuk mengungkapkan cerita aktivitas kesukarelawanan agar memberikan inspirasi demi perbaikan Indonesia.

“Harapannya semoga kami bisa mengadakan commemoration IVD setiah tahunnya, lalu bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang telah hadir,” pungkas Putri.

Mahasiswa UNJ, yuk sama-sama meningkatkan partisipasi anak muda sebagai agen perubahan di masyarakat, dengan salah satu caranya, yaitu menjadi volunteer.

Komentar Kamu?