Home Agenda

UNJ Tuan Rumah Konsolidasi Nasional BEM Seluruh Indonesia 2016

1474
BAGIKAN

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia mengadakan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) dari tanggal 4-6 Maret 2016 di kampus A Universitas Negeri Jakarta. Konsolnas ini dihadiri oleh 19 kampus dari seluruh Indonesia. Konsolnas ini bertujuan untuk merumuskan bersama langkah strategis dalam menanggapi berbagai isu di Indonesia.

Diawali dengan tilawah Al-quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian para peserta konsolnas disambut oleh Fajar Yulianto selaku Ketua Pelaksana, Bagus Tito Wibisono selaku Penanggung Jawab acara dan Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. H. Djaali yang didampingi oleh Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd selaku Wakil Rektor III. Setelah sambutan para peserta konsolnas yang diwakili oleh presiden mahasiswa,dihibur oleh teatrikal dari teman-teman Teater Zat dan Basis FBS UNJ.

Setelah penampilan teater, acara dilanjutkan dengan presentasi dari tim aksi BEM UNJ, yaitu Green Force yang menyampaikan tentang acara Sospol Adventure Camp yang akan dilaksanakan dibulan April nanti. Selanjutnya masuk ke agenda utama yaitu konsolnas yang dipimpin langsung oleh Koordinator Pusat BEM SI yaitu Bagus Tito Wibisono.

bagus bem unj
Bagus Tito Wibisono – Ketua BEM UNJ & Koordinator Pusat BEM SI memimpin jalannya Konsolnas BEM SI 2016

Kemudian presentasi dari Koordinator Forum Perempuan BEM SI yaitu STEI SEBI, pada tahun ini Forum Perempuan akan bergerak mengawal isu perempuan dan anak. Disambung pemaparan dari Koordinator Wilayah (korwil) yang diawali pemaparan dari BEM Se-Jabodetabek Banten (BSJBB) yang diwakilkan oleh PNJ selaku korwil. PNJ menjelaskan untuk keanggotaan kampus BSJBB belum dapat terdata kembali. Data terakhir yang ada menyebutkan sebanyak 24 kampus telah tergabung di BSJBB. Sedangkan kampus yang terdata mengikuti FP sebanyak 15 kampus. Di BSJBB sendiri terdapat tim media yang dipelopori oleh kampus STTNF. Kemudian wilayah Jawa Barat yang diwakilkan oleh UPI selaku korwil. Di Jabar sendiri terdapat 8 kampus yang terdata sebagai anggota. Selain itu akan menyusul 2 anggota yang akan bergabung. Dilanjutkan wilayah Jogjakarta-Magelang-Solo-Semarang-Purwokerto (Jogloseto) yang diwakilkan oleh UNY selaku korwil.

Data terakhir menyebutkan 18 kampus aktif sebagai anggota JOGLOSETO. Pada wilayah JOGLOSETO ini membagi isu menjadi dua regional: Jateng dan DIY. Selanjutnya wilayah Jawa Timur yang presentasi diwakilkan 7 oleh Universitas Brawijaya selaku korwil. Untuk daerah Bali hingga Nusa Tenggara presentasi diwakilkan oleh Universitas Mataram selaku korwil. Pada tahun ini wilayah BaliNusra memutuskan untuk fokus perekrutan anggota. Kemudian untuk wilayah Kalimantan Tenggara presentasi diwakilkan dari Univ Tanjungpura selaku korwil.

Setelah pemaparan dari masing-masing koordinator wilayah, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing koordinator isu. ITS sebagai koorsu maritim mengawalinya dengan memaparkan berbagai isu maritim seperti kebijakan kapal tidak boleh bongkar muat ditengah laut. Dilanjutkan dengan pemaparan dari YARSI sebagai koorsu kesehatan yang menyoroti masalah RUU pertembakauan, BPJS, APBN kesehatan dan pemerataan kuota tenaga kesehatan. Bahasan isu berikutnya adalah isu ekonomi yang akan dipaparkan oleh UNDIP sebagai koorsu ekonomi yang memaparkan isu terkait ekonomi internasional, berapa banyak hutang negara dan peningkatan industri dalam negeri. Pembahasan isu pertanian yang dipaparkan oleh IPB selaku koorsu pertanian.

Sementara itu IPB menyoroti tiga aspek, yaitu pertanian, kehutanan dan agraria. Disambung dengan pemaparan dari UGM sebagai koorsu lingkungan yang menyoroti seputar kebakaran hutan, sampah, reklamasi tanjung benoa. Setelah itu dilanjutkan dengan membahas isu pendidikan yang dipaparkan oleh UNS sebagai koorsu pendidikan. UNS memfokuskan isu seputar pendidikan tinggi seperti anggaran pendidikan tinggi, BOPTN dan UKT.

Kembali dilanjutkan di malam hari pemaparan disampaikan oleh ITB selaku koorsu energi dan migas yang membahas isu seputar freeport. Yang terakhir adalah UI sebagai koorsu korupsi yang menyoroti masalah seputar tindakan korupsi dan pelemahan kpk. Dan konsolnas diakhiri dengan pemaparan dari Telkom University sebagai koor media yang menjelaskan tentang alur publikasi yang akan dipublish di website BEM SI melalui satu pintu. Acara ini ditutup pada hari ini(6 Maret 2016) dengan kepulangan para peserta konsolnas BEM SI. Setelah Konsolnas, BEM SI akan mengadakan Rapat Kerja Nasional di Universitas Mataram. (ra)

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.