Home Mahasiswa Belajar

Baca Panduan Ini Sebelum Verifikasi UKT UNJ

4499
BAGIKAN

Tim UNJkita.com mengucapkan selamat untuk kalian yang lulus SNMPTN 2016 di UNJ. Tahap Berikutnya adalah tahap yang cukup penting yaitu tahap verifikasi akademik dan UKT UNJ yaitu uang kuliah tunggal. Kenapa penting? penting sob terutama verifikasi UKT, karena tahap ini akan menentukan berapa nilai yang harus kamu bayar tiap semester untuk kuliah di UNJ. Saya harap Rekan-rekan baca baik-baik dan seksama y.

Data yang diperoleh dari salah satu peserta yang lolos SNMPTN 2016 Golongan pembayaran UKT memiliki 8 golongan. Kemunginkan setiap prodi memiliki nilai yang berbeda – beda.

Biaya Kuliah UKT UNJ
Data Golongan UKT salah satu prodi di UNJ

Sebisa mungkin kamu harus memilih golongan yang sesuai dengan kemampuan finansial orang tua kamu. Sebaiknya kamu mengisi verifikasi ini bersama dengan kedua orang tua agar golongan yang dipilih tepat dengan kemampuan keluarga.

Buat perbandingan saja Biaya Kuliah Saya dulu Reguler tahun 2009 untuk prodi di FMIPA berkisar 1,2jt-2jt/semester dan non reguler 2jt-3jt/semester.  Angkatan 2011 di FMIPA Reguler 1,7jt/semester dan Non Reg 2,7jt/semester Biaya Kuliah salah satu prodi di FE  tahun 2010 Reguler 1,9jt/ Semester dan non reg 3,6jt/semester. beberapa tahun ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan semenjak UKT diberlakukan. Padahal inflasi nasional per tahunya berkisar 5-10% saja.

Untuk Kamu yang berkemampuan Ekonomi menengah dan Kebawah wajib memilih golongan V kebawah, jika kamu lihat pada panduan alur verifikasi UKT UNJ pada gambar 2.12 , memang alurnya agak merepotkan namun  lelah-lelahnya hanya sekali ini saja, karena buah hasilnya akan kamu rasakan hingga 4 tahun kedepan.

Alur UKT UNJ
gambar 2.12

Berkas yang disiapkan

Karena itu untuk mendapatkan golongan UKT dibawah gol 5 kamu perlu mempersiapkan Berkas-berkas berikut:

  • Pas foto calon mahasiswa
  • Scan KTP Ayah dan KTP Ibu (jika Ayah dan/atau Ibu masih hidup)
  • Scan slip saji Ayah dan slip gaji Ibu (jika Ayah dan/atau Ibu bekerja)
  • Scan keterangan penghasilan Ayah dan Ibu dari RT/RW (jika Ayah dan/atau Ibu adalah
    wiraswasta)
  • Scan Kartu Keluarga (KK)
  • Scan tagihan PBB terbaru (jika rumah milik sendiri atau milik bersama keluarga lain)
  • Scan tagihan Listrik 3 bulan terakhir.
    • Tagihan listrik Prabayar dapat diperoleh online pada laman PLN disini atau PLN terdekat.
    • Tagihan listrik Token dapat diperoleh online pada laman PLN disini atau PLN terdekat.
  •  Scan STNK Motor dan mobil (jika memiliki motor dan/atau mobil)
  • Surat pernyataan komitmen pembiayaan wali (jika mempunyai Wali)
  • Surat perjanjian kontrak (jika rumah mengontrak)
  • Surat pernyataan kebenaran data dengan tanda tangan 2 Tetangga serta RT dan RW

Harus Kritis

Kamu wajib kritis ketika melalui proses ini, karena ketika kamu telah memberikan berkasnya pihak UNJ tetap yang menentukan kamu layak di golongan berapa.

Jika hasilnya tidak sesuai dan memberatkan kamu dan keluarga kamu bisa melakukan Sanggahan dan melakukan wawancara langsung dan bertatap muka dengan pihak UNJ. Ketika proses wawancara ada baiknya kamu TETAP didampingi orang tua atau pihak advokasi mahasiswa.

Karena berdasarkan panduan yang diberikan kampus tidak ada survei lapangan di alur verifikasi, jadi kemampuan pembayaran kamu akan ditentukan oleh dokumen-dokumen saja. Segera Persiapkan dokumen kamu dengan teliti dan jujur.

“Kemampuan pembayaran kamu akan ditentukan oleh dokumen-dokumen saja”

Selain itu  kamu harus mengetahui hak-hak Kamu ketika telah membayar UKT UNJ, jangan sampai ditengah perjalanan kuliah, kamu diminta melakukan pembiayaan yang bukan menjadi kewajiban.

Sudah siap untuk verifikasi? Jika Sudah silahkan mengunjungi web ini penmaba.unj.ac.id untuk proses verifikasi.

Bantuan Pengisian Sistem UKT UNJ

Bagi calon mahasiswa atau orang tua calon mahasiswa yang merasa kesulitan dalam pengisian Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal (http://siukat.unj.ac.id/), pustikom unj menyediakan bantuan untuk pengisian kalian bisa bertanya melalui:

  • Email ke siukat@unj.ac.id
  • Telpon ke nomor 0822-1055-9649 / 0822-1039-8162 (09.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 17.00 WIB)

Atau bisa datang langsung ke Pustikom UNJ di alamat:
Gedung D, Kampus A UNJ, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur
(09.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 17.00 WIB)

 

Itu saja beberapa panduan yang bisa tim unjkita berikan. Selamat berjuang, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu melakukan verifikasi UKT Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik y, jangan sampai kamu gak jadi kuliah di UNJ karena tak mampu membayar UKT.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.