Home Alumni

Wawancara Eksklusif Bersama Ketua IKA UNJ Terpilih ; ”Seberapa Penting Forum Ikatan Alumni di Kampus?”

695
BAGIKAN

UNJKita.com – Ikatan Alumni sejatinya memiliki banyak peranan dalam dunia kampus dan pasca kampus. Lewat ikatan alumni, banyak kebermanfaatan yang bisa dirasakan baik bagi sesama alumni, mahasiswa, bahkan untuk almamaternya. Track record seorang alumni dalam dunia profesional mau tidak mau bisa memberi dampak bagi nama baik kampus lulusannya. Dan Universitas Negeri Jakarta sendiri terhitung sejak wisuda semester lalu memiliki 107.000-an alumni yang tersebar diseluruh Indonesia.

Namun dalam realitanya, UNJ sendiri yang memiliki Ikatan alumni bernama Ikatan Alumni UNJ (IKA UNJ) kebermanfaatannya masih kurang dirasakan oleh mahasiswa aktif. Hal tersebut berkaitan dengan informasi lapangan kerja dari alumni, beasiswa, dan hal-hal yang berkaitan dengan informasi pasca kampus. Sehingga banyak pihak mempertanyakan “Perlu atau tidaknya sebuah forum alumni di kampus UNJ ?”

Baca Juga : Juri Ardiantoro Terpilih Sebagai Ketua Umum IKA UNJ 2017-2020

Juri Ardiantoro, S.Pd, M.Si, PhD selaku ketua Ikatan Alumni (IKA) UNJ terpilih masa bakti 2017-2020 memiliki pandangan sendiri terkait forum alumni. Ditemui disela-sela Musyawarah Besar IKA UNJ 2017 lalu, ia berpendapat bahwa pertanyaan tersebut bermula dari kebermanfaatan forum alumni sendiri bagi mahasiswa. Menurutnya ukuran sederhana dibutuhkan atau tidaknya ikatan alumni adalah dikenalnya forum alumni oleh mahasiswa. Menurutnya, hal ini tentu tidak bisa lepas dari kebermanfaatan yang dirasakan oleh mahasiswa, alumni, bahkan kampus sendiri dengan adanya forum alumni.

“Penting atau tidaknya ikatan alumni menyangkut memelihara jaringan alumni yang besar untuk kebaikan bersama bagi mahasiswa dan alumni dan bahkan kampus. Dalam upaya mengupgrade kampus pihak kampus tidakk bisa melakukan sendiri, kampus perludukungan alumni dalam penguatan kualitas pendidikan. Kualitas itu butuh sarana yang kadang tidak ada di lingkungan kampus dan disini peran alumni diharapkan.” Papar beliau yang sempat menjabat sebagai ketua KPU RI periode 2016-2017

Wawancara Eksklusif Bersama Ketua IKA UNJ Terpilih, Juri Ardiantoro

Bagi sesama alumni sendiri, adanya forum ikatan alumni dapat mendorong persebaran informasi yang dibutuhkan pasca dunia kampus. Dengan dibangunnya komunikasi yang baik antar sesama alumni, tentu hal dapat mendorong individu-individu alumni saling berhubungan satu sama lain di dunia profesional. Dan disini lah database alumni-alumni sangat dibutuhkan demi pemetaan alumni-alumni yang sudah dihasilkan oleh kampus yang didirikan 53 tahun silam.

Dan dalam masyarakat luas UNJ dikenal luas dengan trademark kampus pendidikan. Ribuan pendidik dihasilkan tiap tahunnya di kampus hijau ini. Tentu sumbangsih besar menanti para lulusan UNJ dalam dunia kependidikan, bahkan tercatat 5 dari 12 rektor LPTK di Indonesia adalah lulusan UNJ. Tentu dengan adanya suatu wadah komunikasi alumni dapat membantu menjembatani usaha-usaha pembangunan pendidikan nasional hingga pada akhirnya alumni-alumni Universitas Negeri Jakarta dapat memberi peranan yang luas bagi masyarakat Indonesia terkhusus dalam bidang pendidikan.

Komentar Kamu?

BAGIKAN