Home Agenda

Yuk Ramaikan Webinar Pengenalan Forum Indonesia Muda

850
BAGIKAN

Halo Fimers !, Nanti malam FIM (Forum Indonesia Muda) akan melaksanakan Webinar lho ! Mau tau apa itu webinar? Webinar sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yakni Web dan Seminar, disingkat menjadi webinar. Nah yang dimaksud dengan web adalah jaringan internet atau penggunaan teknologi internet. Sedangkan seminar, tentu semua sudah faham yakni pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan tertentu. Jadi Webinar dapat diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet.

Mengenai mekanisme webinar, seperti yang dijelaskan dari laman Wikipedia, layaknya semua seminar atau pertemuan pada umumnya tentu dibutuhkan ruang khusus. Yang membedakan adalah ruang seminar konvensional kini dirubah menjadi sarana digital yakni sebuah software atau layanan webinar. Setelah itu, setiap anggota yang ingin bergabung dengan webinar tersebut masuk pada jaringan webinar tersebut melalui perangkat onlinenya masing-masing. Dari sini setiap anggota webinar baik presentator maupun peserta akan mendapat output tidak hanya audio / suara namun juga visual tiap anggota. Semua ditampilkan dan dihubungkan oleh perangkat yang didukung koneksi internet.

Selanjutnya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah Webinar? Tidak seperti seminar offline yang membutuhkan banyak keperluan untuk menyelenggarakannnya, Webinar hanya memerlukan 2 hal wajib yakni koneksi internet dan perangkat komputer. Namun untuk menjalankannya, kualitas 2 hal tersebut harus sangat diperhatikan. Koneksi internet yang digunakan sebaiknya menggunakan internet broadband yang lebih stabil dan berkecepatan tinggi.

Ini sangat penting karena pada dasarnya webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Jika tidak, sudah barang pasti komunikasi selama webinar akan berjalan tidak maksimal seperti gambar tersendat serta suara patah-patah. Selain itu kualitas perangkat komputer yang digunakan juga harus diperhatikan, penggunaan perangkat audio seperti speaker, proyektor (jika menggunakan), serta performa mesin komputer harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Konsep webinar memang menjadi pilihan solutif untuk keperluan pertemuan di era digital seperti saat ini. Dimana banyak orang tidak selalu bisa berada disuatu tempat serta keterbatasan waktu, pertemuan via online bisa dilakukan.

Untuk itu FIM akan mengadakan Webinar untuk mengenalkan kepada FIMers semua tentang FIM tanpa harus berada dalam satu ruangan yang sama namun tetap dapat dijangkau.

Webinar tentang pengenalan Forum Indonesia Muda akan diisi oleh :

  • Pemateri    : Ivan Ahda (Koordinator FIM)
  • Moderator : Chika (FIM 17)

Jadi, pastikan kamu ikut Webinar pengenalan FIM malam ini di Youtube Webinar FIM dan pastikan jaringan internetmu lancar. Jika kamu mempunyai pertanyaan yang akan ditanyakan, silahkan mengisi terlebih dahulu form berikut : Form Pendaftaran Webinar FIM. Pengumpulan pertanyaan akan ditutup pada tanggal 22 februari 2016 pukul 15.00. Setiap pertanyaan akan dijawab ketika webinar berlangsung.

Sampai Jumpa Semua!

Baca Juga : Alumni dan Mahasiswa UNJ berbagi Kiat Sukses Daftar Forum Indonesia Muda 18

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.