Home Agenda

Yuk Support Robotic Club UNJ di Ajang Kontes Robot Indonesia

1241
BAGIKAN

Temen- temen pasti tau dong ajang pengembangan kreativitas dalam bidang Robotika yang setiap tahun diadakan?  Yap KRI, Kontes Robot Indonesia adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diadakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Ristek dan Dikti.

Dalam pelaksanaan nya KRI terdiri dari 5 divisi, yaitu:

  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI),
  2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) beroda,
  3. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki,
  4. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan
  5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Robotic Club Universitas Negeri Jakarta akan mengikuti kontes robot Indonesia dengan kategori lomba:

  1. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki

Tim dari Robotic Club UNJ dengan nama GREEN FORCE yang beranggotakan Briyan Priyo (PT Elka 13), Fariz M Kasyfi (D3 Elka 13) dan Yusuf Maulana (PT Elka 14)

Green Force ini nantinya akan memadamkan api yang di berada pada salah satu dari 4 ruangan yang telah di design. Robot ini di lengkapi dengan sensor yang akan mendeksi jarak karena setiap ruangan mempunyai jarak yang berbeda.

Metode pemadaman api dengan menggunakan extuingizer atau kipas pemadam. Extuingizer atau kipas pemadam tersebut berada di kanan robot, kedudukannya akan diatur oleh motor servo sehingga extinguizer dapat memadamkan api dan posisi estinguizer dapat bergerak kearah-arah yang dapat dijangkau oleh motor servo.

GREEN FORCE akan menghadapi 25 peserta dari universitas lainnya.

ROBOT Green Force
Robot Green Force – Tim Robotics Club UNJ
  1. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda

Tim dari Robotic Club UNJ dengan Nama GREEN TEA yang beranggotakan  Ahmad Umar Muchtar (PT Elka 13), Badrut Tamam (PT Elka 13) dan Adit (PT Elka 14).

Metode perlombaan KRPAI beroda dan KRPAI berkaki pada  dasarnya sama, namun pada KRPAI beroda di akan ada tantangan untuk menyelamatkan Boneka, kemudian robot membawa boneka ke titik start.  GREEN TEA  akan menghadapi 31 peserta dari universitas lainnya.

Pemenang KRPAI Beroda Dan Berkaki akan di tentukan oleh banyak nya poin yang di peroleh.

Robot Green Tea
Robot Green Tea – Tim Robotics Club UNJ
  1. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)

Tim dari Robotic Club dengan nama GREEN SET-R yang beranggotakan Aulia Rachma S. (PT Elektro 13), Ardikha Abdillah (D3 Elka 13), Yusuf Nugraha (D3 Elka 13), M. Endar H.S (D3 Elka 15), Indah Kusuma N (D3 15), Ferdy Triyuandika (D3 15). Pada tahun ini KRSTI bertemakan “Tari Topeng Betawi”

Strategi robot di bagi menjadi 2 zona kemudian di nilai perpoint, point terbanyak akan mamanangkan kontes ini. GREEN SET-R  akan menghadapi 11 peserta dari universitas lainnya.

Robot Green Set-R
Robot Green Set-R – Tim Robotics Club UNJ
  1. Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI)

Tim dari Robotic Club dengan nama ECO GREEN yang beranggotakan Ana Hanifah (PT Elektro 13), Anggi Rachmad (PT Elka 12), Aulia Pratama (D3 Elka 13), Abdullah Hajis (PT Elka 12), Ilham Sakti W (D3 Elka 15) dan Setya Adji (PT Elka 13).

Pada KRAI kita membuat 2 buat robot yaitu Robot Eco  dan Robot Hybrid, Robot Eco  akan  di gerakan oleh angin yang di tiupkan oleh Robot Hybrid. Tantangan pada KRAI adalah Robot dapat memanjat tiang dan memasang propeller yang di bawa oleh robot Eco.  ECO GREEN   akan menghadapi 17 peserta dari universitas lainnya.

Robot Eco Green
Robot Eco Green – Tim Robotics Club UNJ

Pemenang  pada Robot KRAI di hitung dari perolehan Point tertinggi.

Kontes Robot Indonesia Regional II akan dimulai tanggal 28-30 April 2016, pertandingan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2016

Teman-Teman Boleh datang langsung  ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk memberikan Dukungan, atau Live Streaming Melalui Web www.kri2016.upi.edu

Robotic Club  UNJ

Salam Robotika

Oleh : Ana Hanifah – Pendidikan Teknik Elektro  FT UNJ 2013.

 

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.