Mungkin ada di antara Anda yang tertarik untuk masuk jurusan teknik sipil, tetapi masih belum banyak mengetahui karier apa yang bisa ditekuni nantinya.

Tak sedikit yang menganggap bahwa seorang insinyur hanya mengurusi masalah pembangunan gedung, padahal prospek kerja teknik sipil sangatlah luas.

Teknik sipil sendiri adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, manufaktur, manajemen, dan konservasi dari berbagai fasilitas serta sistem.

Nantinya, penguasaan terhadap ilmu-ilmu tersebut ditujukan untuk mendukung kemajuan pedesaan dan perkotaan dari segi pembangunan.

Meskipun sama-sama berkaitan dengan pembangunan gedung, teknik sipil berbeda dengan arsitektur.

Jurusan teknik sipil lebih fokus pada pembuatan bangunan yang kokoh dan sesuai dengan lahan yang ada. Adapun jurusan arsitektur lebih berfokus pada desain bangunannya.

Prospek Kerja Jurusan Lainya dapat kamu baca kategori Prospek Kerja.

Hal-Hal yang Dipelajari di Bidang Teknik Sipil

https://lh5.googleusercontent.com/cOd_yO6CnqPysRkRHFx6vw_CADZDwjg5GZxMCrBF-jSUM-3tjVs9_xzsmh1BOpEQzS6_zjf7RGzcmp0mOExBk2oA_ESKfi0F_NQvIk3N58fvCRfbbQz9Se1vRZ-qNsXSUfSRFro

Agar lebih memahami prospek kerja teknik sipil, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dipelajari di jurusan ini.

Secara garis besar, jurusan teknik sipil terbagi ke dalam beberapa cabang ilmu terpisah. Berikut rincian lengkapnya.

Manajemen Konstruksi

Dalam manajemen konstruksi, Anda akan diberi bekal pengetahuan tentang cara menyelesaikan proyek konstruksi secara tepat waktu.

Hal-hal yang dipelajari di antaranya adalah membuat jadwal kerja, merancang anggaran biaya proyek, dan menghitung pengembalian modal.

Tak hanya itu, Anda juga akan belajar tentang tata cara mengurus perizinan bangunan, pengorganisasian pekerjaan di lapangan, memantau proyek konstruksi.

Beberapa hal yang secara tidak langsung terkait dengan konstruksi juga dipelajari, seperti pengetahuan tentang aspek hukum dalam membuat dokumen lelang.

Dengan fokus pada pengelolaan proyek secara menyeluruh, para manajer proyek pembangunan atau perusahaan konstruksi biasanya lahir dari cabang ilmu ini.

Prospek kerja teknik sipil untuk posisi tersebut mungkin sesuai dengan minat Anda sehingga memilih jurusan ini di bangku kuliah bisa jadi adalah keputusan yang tepat.

Struktur Bangunan

pexels-photo-936722.jpeg

Struktur bangunan sangat penting untuk dipelajari karena materi teknik sipil ini sangat berguna dalam proses pembangunan beragam infrastruktur.

Sebut saja jalan dan jembatan, bandara, dermaga, stadion, pelabuhan, rumah, gedung perkantoran, dan bangunan lainnya.

Cabang ilmu ini mempelajari tentang mekanika struktur, struktur kayu, struktur baja, hingga struktur beton.

Anda juga akan dibekali dengan materi tentang teknik dan perhitungan agar bangunan bisa berdiri kokoh dan mengalami kerusakan minimal ketika terjadi gempa atau bencana lainnya.

Selain itu, terdapat juga materi mengenai perencanaan profil dan pemodelan struktur bangunan dan infrastruktur lain sejak pembangunan fondasi sampai siap digunakan.

Geoteknik

Geoteknik merupakan cabang ilmu sipil yang mempelajari sifat dan struktur tanah yang akan digunakan untuk menopang bangunan yang didirikan di atasnya.

Terdapat materi yang mempelajari tentang fondasi, dinding penahan tanah, mekanika tanah, dan lainnya yang berkaitan dengan tanah.

Dalam mata kuliah teknik sipil ini, mahasiswa diajak untuk terlibat dalam investigasi lapangan tentang keadaan tanah, menelitinya di laboratorium, hingga merencanakan konstruksi.

Sederhananya, fokus cabang ilmu ini adalah menganalisis sifat tanah dan menentukan apakah struktur tanah yang ada di suatu tempat mendukung pembangunan gedung di atasnya.

Teknik Lingkungan

Pada cabang ilmu ini, Anda akan belajar mengenai isu-isu lingkungan.

Contohnya adalah polusi udara, polusi suara, pengelolaan sampah, pengolahan limbah, perencanaan sarana dan prasarana air bersih, serta kesehatan masyarakat.

Anda yang memilih untuk fokus pada cabang ilmu ini akan memiliki prospek kerja teknik sipil yang sedikit berbeda dengan cabang ilmu lainnya.

Informatika Teknik Sipil

Cabang ilmu teknik sipil yang satu ini terbilang paling baru di antara yang lainnya.

Bidang informatika teknik sipil mengajarkan penerapan komputer untuk melakukan perhitungan atau pemodelan suatu sistem dalam proyek pembuatan bangunan ataupun penelitian.

Informatika teknik sipil erat kaitannya dengan CAD (computer aided design) dan GIS (geographic information system).

Program CAD digunakan untuk membuat pemodelan struktur bangunan, sedangkan GIS sangat penting dalam melakukan studi air tanah air tanah maupun membuat pemodelan lingkungan.

Hidrologi

Cabang ilmu ini berkaitan dengan curah hujan, banjir, cuaca, debit air sungai, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan struktur sipil.

Sederhananya, hidrologi adalah ilmu yang berhubungan dengan air, seperti tekanan, sifat material, dan daya dorong.

Transportasi

Dalam cabang ilmu ini, Anda akan belajar mengenai pemodelan dan sistem transportasi, geometrik dan konstruksi jalan raya, konstruksi bandara, sampai rekayasa lalu lintas.

Prospek Kerja Teknik Sipil yang Menjanjikan

https://lh6.googleusercontent.com/oBj9ujJE_qNFMrTAbIlhPOTC-VdS7gODY-VjGqnvIT4XKUUUjE-d3Y6Q0cUPVCpv791i64QF8No0Jxg_oEmKT3v4D5cHeEt5X6uSH7Ca8vB4R7AChtgqA6kL-YbCrnzQ37ukeyU

https://pixabay.com/id/photos/topi-keras-keselamatan-topi-4274431/

Jika masih ragu apakah jurusan teknik sipil menjanjikan atau tidak, Anda perlu mengetahui bagaimana prospek kerja teknik sipil yang sebenarnya.

Setelah itu, Anda bisa menilainya sendiri. Jika dilihat dari sisi penghasilan, biasanya gaji teknik sipil bisa dibilang cukup kompetitif dengan profesi lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa teknik sipil bukanlah jurusan untuk laki-laki saja. Prospek kerja teknik sipil wanita juga sama menjanjikannya karena jurusan ini tidak membedakan gender.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap prospek kerja teknik sipil berikut ini.

Teknisi Sipil

Prospek kerja teknik sipil pertama yang akan dibahas adalah teknisi sipil. Profesi ini menerapkan ilmu perencanaan dan pengawasan konstruksi.

Orang yang bekerja pada posisi ini bertugas untuk membantu insinyur sipil pada saat mengerjakan proyek konstruksi.

Konsultan Konstruksi

Konsultan konstruksi memiliki peran sebagai pemberi saran, mulai dari ide desain hingga teknik pembangunan kepada klien.

Ada banyak proyek yang bisa ditangani, misalnya pembangunan gedung perkantoran, jalan tol, perencanaan saluran pipa, sistem kontrol air, dan lainnya.

Selain harus menguasai ilmu teknik sipil secara mendalam, seorang konsultan konstruksi juga dituntut untuk pandai berkomunikasi lantaran ia harus berhubungan dengan banyak orang.

Jika menekuni profesi ini, Anda harus mampu memberi masukan dan saran-saran yang bukan hanya tepat secara keilmuan, tetapi juga mudah dicerna oleh klien.

Insinyur Struktur

pexels-photo-1216589.jpeg

Prospek kerja teknik sipil berikutnya yang mungkin sesuai dengan minat Anda adalah insinyur struktur.

Hampir sama seperti konsultan, seseorang yang memiliki profesi ini memiliki tugas sebagai konsultan bagi kontraktor dan arsitek.

Setelah rancangan bangunan selesai dibuat oleh arsitek, insinyur struktur kemudian akan membuat estimasi bahan bangunan yang akan digunakan dan daya tahan bangunan tersebut.

Sebagai insinyur struktur, Anda juga harus berdiskusi dengan anggota tim lainnya tentang manajemen risiko dan hal-hal lain terkait struktur bangunan.

Sesekali, Anda juga harus terjun ke lapangan pada saat proyek sedang atau setelah tahap konstruksi selesai guna memastikan semua berjalan sesuai dengan prosedur.

Analis Kontrol Kualitas

Di bangku kuliah, mahasiswa teknik sipil sudah dibekali dengan cara menguji dan menentukan kualitas bahan baku atau produk tertentu yang akan digunakan untuk melancarkan proyek sipil.

Nah, prospek kerja teknik sipil yang menerapkan ilmu ini adalah analis kontrol kualitas. Analis juga sangat dibutuhkan untuk memeriksa kualitas komponen alat bangunan.

Posisi ini cukup penting supaya produsen alat-alat bangunan bisa menghasilkan produk terbaik dan sesuai dengan standar, terutama yang berkaitan dengan keamanan pembangunan.

Insinyur Sumber Daya Perairan

Tugas seorang insinyur sumber daya perairan lebih fokus terhadap pembangunan yang menggunakan sumber daya perairan secara optimal.

Ia juga dituntut untuk bisa menghindari kesalahan pembangunan yang berdampak pada pencemaran sumber-sumber air.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi prospek kerja teknik sipil yang menjanjikan di Indonesia.

Anda bisa bekerja di BUMN, menjadi PNS, pengawas konstruksi dan bangunan, surveyor kontrol bangunan, dan masih banyak lagi.

Sumber:

cekaja.com

.hotcourses.co.id

 

Persiapkan dirimu untuk lolos UTBK SBMPTN 2021 dengan belajar les privat (klik) dan latihan soal menggunakan buku strategi sukses UTBK 2021 (klik)