Masa pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, salah satunya adalah membuat Anda harus belajar dan mengajar secara daring melalui kelas online.

Adanya fitur kelas online ternyata menimbulkan tantangan-tantangan baru. Beberapa di antaranya munculnya gangguan dan kebisingan di rumah, sulitnya berkonsentrasi, hingga jaringan internet yang kadang tidak stabil karena tidak adanya wifi repeater dirumah. Dibutuhkan cara yang tepat supaya bisa belajar atau mengajar dengan efektif secara online.

Mungkin Anda telah dalam kondisi prima ketika akan belajar atau mengajar secara daring, namun belum mengetahui cara tepat supaya bisa mempersiapkan diri secara matang di kelas online, baik itu mengajar maupun belajar.

Download Gratis:  Bank Soal SBMPTN, SIMAK UI, dll.

Untuk menjawab hal tersebut, artikel ini akan membahas berbagai cara yang wajib untuk disimak saat akan mempersiapkan kelas online. Beberapa di antaranya adalah:

1. Usahakan Online di Tempat yang Tenang dan Kondusif

Sebelum kelas online dimulai, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah dengan masuk di dalam ruangan yang tenang dan kondusif dengan pendingin udara. Jauhkan diri Anda dari gangguan lain dari hewan peliharaan, anak-anak atau orang tua saat Anda siap untuk belajar atau mengajar di kelas online.

Anda bisa meminta dukungan kepada orang tua agar jangan diganggu terlebih dahulu sebelum kelas dimulai. Dukungan dari orang tua dan keluarga terdekat dapat membuat Anda lebih tenang dan kondusif, khususnya saat Anda belajar atau sedang mengajar kelas secara online.

2. Pastikan Internet Sudah Terkoneksi dengan Baik

Hal yang seringkali dilupakan saat mempersiapkan kelas online adalah melihat konektivitas di dalam suatu ruangan. Ada ruangan yang memiliki koneksi yang lambat, meskipun berada di tempat yang sangat kondusif.

Sebelum mempersiapkan kelas online, ada baiknya bila Anda mengecek konektivitas internet dalam keadaan stabil dan tentunya berada di ruangan yang kondusif. Ini akan membuat Anda gampang dalam menyampaikan materi atau belajar secara online pada guru atau dosen Anda.

3. Persiapkan Catatan untuk Materi Penting

Khusus untuk belajar online, tidak mungkin bila Anda mengerti materi secara keseluruhan yang disampaikan oleh guru atau dosen. Maka dari itu sebelum kelas dimulai, Anda harus mempersiapkan catatan agar bisa menulis poin atau ide penting yang pantas untuk dicatat.

Anda bisa mencatat materi pelajaran, baik secara manual maupun digital. Bila ingin manual, maka persiapkan buku catatan saat sebelum kelas online dimulai. Apabila Anda lebih suka secara digital, Anda bisa menggunakan catatan seperti Sticky Notes, Evernote, Fair Note dan lain sebagainya.

4. Pastikan Online Sebelum Kelas Dimulai

Langkah yang tak kalah penting saat mengajar atau belajar secara daring adalah dengan sudah ready atau online sebelum kelas dimulai. Konektivitas internet yang gagal tersambung bisa saja terjadi, yang mengakibatkan Anda datang terlambat dan dimarahi oleh guru atau dosen Anda.

Khusus untuk pengajar, apabila Anda telat saat akan mempersiapkan kelas online, bisa-bisa Anda dianggap tidak profesional dan membuat siswa Anda meninggalkan kelas saat proses belajar-mengajar sedang berlangsung.

Cara termudah agar bisa bersiap untuk kelas online adalah kunjungi situs belajar yang diberikan minimal 10 menit sebelum kelas berlangsung. Ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan siap dalam mengikuti kelas yang akan dilaksanakan.

5. Cari Kegiatan Lain Agar Bisa Konsentrasi

Mungkin kelas online akan terasa sangat membosankan, apalagi bila sudah menjadi suatu rutinitas di masa pandemi. Cara yang tepat sebelum kelas dimulai adalah dengan mencari kegiatan yang dapat menenangkan pikiran.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran sebelum kelas online, beberapa di antaranya seperti mendengarkan musik, menonton streaming konten kreator favorit, bermeditasi atau kegiatan lain yang Anda senangi. Pikiran yang tenang akan membuat Anda lebih gampang berkonsentrasi baik saat belajar maupun mengajar.

Baca Juga: 5 Cara Belajar Efektif Yang Mudah Diterapkan

Penutup

Setelah mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan kelas online, kini saatnya Anda juga harus mengetahui cara yang tepat agar tidak bosan ketika belajar atau mengajar di rumah.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan selalu be yourself, yang artinya carilah gaya mengajar atau belajar online yang kamu senangi. Di samping itu Anda juga bisa meluangkan hobi yang disukai supaya bisa mengajar atau belajar dengan maksimal.

Hal terakhir dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk bersosialisasi. Mempersiapkan materi bahan ajar atau belajar online sangat menguras tenaga dan pikiran. Maka dari itu tetaplah terhubung dengan teman terdekat supaya pikiran dapat kembali segar.

Itulah beberapa cara mempersiapkan kelas online, semoga Anda bisa bisa tetap optimal saat mengajar atau belajar khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Selamat mencoba!