Home Mahasiswa Belajar

6 Keunggulan Menjadi Guru Jebolan UNJ

7041
BAGIKAN

Fresh graduate asal UNJ memang agak sedikit berbeda nih, sobat! Bedanya, mereka memiliki beberapa kelebihan lho, jika mereka telah terjun ke dunia masyarakat sebagai guru. UNJ yang notabenenya sebagai penghasil dan pencetak guru-guru, ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan guru jebolan universitas lain! Gak percaya? Coba deh hubungi kakak-kakak tingkatmu yang sekarang sudah bekerja sebagai guru.

Beberapa kelebihan menjadi guru jebolan UNJ, diantaranya adalah:

Dicari-cari Banyak Sekolah

Jadwal-Job-Fair-Lowongan-Kerja

Bagi kamu yang sebentar lagi lulus dari UNJ, gak usah takut mencari pekerjaan. Karena mahasiswa UNJ yang telah mengantongi IPK Cumlaude, kamu siap-siap aja dicari oleh pekerjaan ya! Aamiin…. Semoga 🙂

Jadi, sebenarnya itu masih banyak sekolah yang membutuhkan SDM guru lho. Mindset mereka (pihak sekolah), UNJ salah satu universitas terbaik mencetak guru-guru berkualitas di Indonesia. Jangan heran, setelah kamu lulus –terutama yang bergelar S.Pd- akan dicari-cari oleh pihak sekolah untuk merekrutmu sebagai guru di sekolah tersebut. Keren ya?

Selain karena faktor IPK yang cumlaude, faktor lain yang membuat kita dicari-cari oleh banyak sekolah adalah faktor kenalan alias link. Penting banget nih, sebelum kamu menjadi alumni UNJ, kalau bisa banyakin link ya. Salah satu cara supaya “pekerjaan yang mencari kita” adalah karena link kita yang luas. Lalu? Tinggal kitanya saja nih yang membuktikan bahwa kita memang lulusan UNJ yang berkualitas.

Lebih Kreatif dan Melek Teknologi

pen-idea-bulb-paper

Mahasiswa UNJ (yang prodinya pendidikan) pasti dididik untuk menjadi guru-guru berkualitas yang kreatif dan melek teknologi. UNJ senantiasa memberikan bekal kepada setiap mahasiswa (kependidikan) bagaimana menjadi guru yang diidam-idamkan bangsa ini.

Ada beberapa mata kuliah yang memang harus diambil oleh mahasiswa UNJ demi menjadi guru yang berkualitas, seperti mata kuliah Desain Pembelajaran Sains, Keterampilan Mengajar, Pembuatan Media Pembelajaran dan masih banyak lagi. Mata kuliah itulah yang menjadi modal untuk menjadi seorang guru yang kreatif dan gak gagap sama teknologi.

Kelak, jika kamu berhasil lulus dari UNJ, semoga kamu menjadi salah satu guru jebolan UNJ yang berkualitas ya!

Gaul dan Kekinian Banget

bow-tie-businessman-fashion-man

Namanya juga UNJ, kampus negeri terbesar yang ada di tengah-tengah Kota Jakarta. Faktanya, banyak mahasiswa UNJ yang memang gaul dan kekinian banget. Gak percaya? Mampir deh ke UNJ! Bayangkan, kalau mereka (mahasiswa pendidikan) menjadi guru. Guru jebolan UNJ bakalan tetap gaul, misal seragam guru yang dipakai memliliki model yang agak berbeda dibandingkan seragam guru yang lain. Ada ajaaa gaya gaulnya deh.

Selain itu, guru jebolan UNJ juga kekinian banget. Mereka paham apa-apa saja yang lagi nge-tren saat ini. Lumayan banget, bisa tahu apa yang lagi nge-tren di kalangan siswa. Sehingga gak bakal jadi guru kuper deh!

Kuat Mental Alias Tahan Banting

PPG UNJ

Dari sembilan kampus terkenal di Indonesia, UNJ adalah kampus yang paling rendah standar pemberian nilai akademiknya oleh dosen kepada mahasiswa. Maksudnya, susah banget mendapatkan nilai yang terbaik dari dosen-dosen UNJ. Tenang, kita bisa ambil sisi positifnya ya. Sisi positifnya, mahasiswa UNJ jadi punya mental yang kuat alias tahan banting lho! Kebal dengan berbagai situasi alias mampu bertahan dikala badai menerjang.

Oia, jebolan PPG (Pendidikan Profesi Guru) UNJ juga keren banget! Sebelum menjadi guru, mereka diprogramkan melakukan pengabdian di daerah-daerah pelosok yang tersebar di seluruh Indonesia. Bayangkan, jika mereka telah lulus dari PPG UNJ, mereka akan menjadi guru jebolan UNJ yang tahan banting banget. Menghadapi situasi pendidikan serunyam mungkin, ataupun menghadapi siswa-siswi yang super bandel, pasti bisa ditangani deh.

Gajinya Gede

Rupiah

Sudah banyak nih guru jebolan UNJ yang menjadi PNS, nah jangan ditanya berapa nominal gajinya yaaaa. Kita yang sebagai fresh graduate jebolan UNJ juga gak perlu khawatir. Bagi kamu yang mendapatkan rezeki menjadi guru di sekolah swasta, gajinya lumayan lho. Kok bisa? Karena pihak sekolah/ yayasan melihat almamater kita, UNJ! Entah kenapa guru jebolan UNJ dipercaya untuk mengajar siswa-siswi di sekolah tersebut. Karena kepercayaan itulah, mungkin saja kamu akan mendapatkan gaji yang gede.

Bagaimana jika mendapatkan rezeki di sekolah negeri? Oo.. berarti yaa kamu akan mendapatkan gaji guru honorer sesuai kebijakan gaji dari pihak sekolah.

Paham Psikologi Siswa

Siswa IndonesiaDi UNJ selain diajarkan bagaimana melihat perkembangan seorang perserta didik, diajarkan bagaimana membuat pembelajaran di kelas yang menyenangkan, dan masih banyak hal lagi, kita juga diajarkan tentang psikologi siswa lho! Semua mahasiswa prodi pendidikan UNJ pasti mengampu mata kuliah psikologi perkembangan deh. Ya kan?

Nah, hal tersebut merupakan bekal untuk menjadi guru kelak nanti. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional kita salah satu pendekatan guru dalam proses pembelajaran adalah pendekatan psikologis. Oleh sebab itu, guru jebolan UNJ pasti sudah mengetahui dan memahami perkembangan siswa sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Tuh kan keren banget ya menjadi guru jebolan UNJ!

 

Sobat UNJKita.com kita dipersiapkan untuk membangun Indonesia di masa yang akan datang nih! Masih semangat kan? Genggam erat cita-citamu untuk menjadi guru jebolan UNJ yah!

 

Komentar Kamu?