Home Mahasiswa Hiburan

6 Tipe Manusia Pengguna Facebook

1300
BAGIKAN

Saat ini facebook adalah negara (digital) dengan jumlah penduduk terbesar no 3 di dunia. 500 juta penduduk facebook jelas lebih banyak dari negara Indonesia yang berada di angka 200 juta jiwa. Secara umum penduduk facebook bisa kita golongkan menjadi 6 kelompok besar, yaitu:

Family Man

Keluarga Gajah

Tipe ini menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan keluarga, sanak saudara, dan teman-teman. Makhluk tipe ini biasanya sangat selektif soal Approve pertemanan data pribadi, dan biasanya akun tersebut di setting privasi hanya akun-akun yang sudah berteman saja yang bisa kepoin akunnya.

Game Holic

facebook_games

Facebook memiliki layanan hiburan berupa kumpulan game menarik. Tidak sedikit game facebook yang cukup terkenal seperti Poker, Ninja Saga, counter SWAT, dll. Satu game pemainya bisa mencapai 1 juta orang.

Game di facebook juga cukup beragam mulai dari yang berat seperti peperangan hingga yang ringan seperti tetris dan Pacman.Gak heran banyak pengguna facebook yang memanfaatkan fasilitas game.Penasaran? cek disini

Pencari Informasi

Mencari Informasi

Biasanya orang menggunakan facebook juga dipengaruhi kegemaranya (hobi). Facebook memiliki bentuk akun halaman (Fan Page) yang dimiliki oleh suatu tokoh, komunitas, produk, dst. Facebook jadi salah satu cara mendapatkan info terbaru dari sesuatu yang kita gemari. Kalau kita senang sama dunia pendidikan biasanya kita akan mengikuti berbagai macam fan page pendidikan dan ikut serta didalam group yang rutin diskusi pendidikan.

Tukang Gosip & Ajang Pamer

selfie pamer diri

Mungkin tipe ini adalah tipe mayoritas di social media. Bagi mereka semua wajib update di social media, SOP segala macam kegiatan wajib diawali dengan foto kemudian upload di social media. Penyakit pamer di social media terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari hal simpel sekedar pamer jalan-jalan atau makan di restoran hingga yang pamer donasi, berbuat kebaikan atau ritual ibadah. Tipe ini bahaya sob perbaiki lagi niat kalo kamu termasuk didalamnya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dosen jurnalistik Dr Renee Barnes dan ahli psikologi Profesor Doug Mahar dari University of the Sunshine Coast, terungkap bahwa “Apabila di dunia nyata orang tersebut memiliki kepribadian tertutup, maka dengan berinteraksi di internet secara online akan lebih membantunya dan mengasyikkan karena mereka akan muncul sebagai sosok anonim,” jelasnya.

Guru Kehidupan

dai-sejuta-follower-Indonesia

Manusia tipe ini diwakili oleh akun-akun Ulama, ustadz, rohaniawan, dan tokoh publik. Mereka aktif di sosial media dengan tujuan berbagi ilmu dan memberikan pencerahan kepada orang lain. Akun tipe ini wajib kamu follow untuk mendapatkan ilmu baru dan menjadi tempat berdiskusi keilmuan.

Pedagang

jualan di facebook

Tipe ini termasuk minoritas di dunia facebook. Pedagang difacebook ada yang masih konvensional hingga modern. pedagang yang masih konvensional biasanya mereka mengganggu kita dengan men”tag” foto-foto dagangan mereka secara acak, Sehingga sering kali membuat risih orang yang disematkanya.

Pedagang modern di facebook sering di sebut internet marketer, mereka memiliki metode yang lebih soft, seperti bagi-bagi ebook gratis, dengan senang hati berbagi tips, dst. tapi tujuan initnya adalah mengambil data kita untuk di follow up kemudian hari. biasanya orang-orang yang sudah dikumpulkan oleh para internet marketer akan di golongkan pada beberapa kelompok, mana yang sudah bisa kita ajak beli produk, mana yang masih haris di panas-panasin.hehe

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.