Home Konten Pilihan

Profil Akuntansi UNJ

4280
BAGIKAN

Buat kamu yang suka tantangan, detail, analitis, dan suka menghitung angka. Disini tempatnya… Akuntansi adalah sebuah program studi yang sangat erat berhubungan dengan angka dan hitung menghitung. hampir setiap hari kalian akan dihadapkan dengan pelajaran hitung menghitung. Sebagian orang, apabila sudah mendengar yang namanya hitungan pasti banyak deh yang tidak suka. namun hitung-hitungan Akuntansi tidak sesulit perhitungan dibidang sains seperti Fisika, Kimia dan Matematika kok. Sehari-harinya kita dihadapkan pada perhitungan jurnal, neraca, buku besar, rekonsiliasi bank, hutang piutang, konsolidasi, dan lain-lain yang semuanya berurusan dengan Uang dan Uang. Seru banget kan…?

Akuntansi UNJ terbagi menjadi 2 program studi yakni S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi dengan penjelasan lengkap masing-masing sebagai berikut :
Program Studi S1 Akuntansi

  1. Visi Program Studi:

Menjadi program studi yang memiliki kualitas ilmu akuntansi yang dikenalpada level nasional maupun Internasional serta menghasilkan lulusan yang memiliki  daya saing di pasar tenaga kerja dan berwawasan wirausaha.

  1. Misi Program Studi :
    A. Mengembangkan ilmu akuntasi yang mampu berkontribusi kepada para pemangku kepentingan dalam bentuk kajian penelitian dan pembaharuan ilmu akuntasi yang berbasis kompetensi.
    B. Menumbuh-kembangkan kemampuan Program Studi Akuntansi dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Jurusan Akuntansi yang berkualitas unggul.
    C. Meningkatkan peran program studi dalam pengembangan ilmu akuntansi sehingga akan lebih dikenal dan dihargai oleh seluruh lapisan masyarakat melalui rangkaian kegiatan yang menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.

 

  • Profil Lulusan

 Program Studi S1 Akuntansi menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang Akuntansi, Auditing dan Perpajakan dan mampu memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya diatas dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Akuntansi, Auditing, dan perpajakan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi, auditing dan perpajakan, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
  5. Mampu melakukan riset pada bidang pengetahuan Akuntansi, Auditing, dan perpajakan dan bertanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada dalam kegiatan riset bidang keahliannya
  • Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Ekonomi (SE).

  • Akreditasi Program Studi

Program Studi (S1) Akuntansi merupakan program Non Kependidikan kelima yang dibina oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program Studi S1 Akuntansi telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.055/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2015, tanggal 21 Februari 2015. SK BAN PT nomor 55 dengan masa berlaku sampai 21 Februari 2020.

Program Studi D3 Akuntansi

  1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan ahli madya dibidang akuntansi yang berakhlak mulia, berjiwa wirausaha, inovatif dan adaptif.

  1. Misi Program Studi
    A. Melaksanakan pendidikan  yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi yang berakhlak mulia dan berjiwa wirausaha.
    B. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas di bidang akuntansi dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
    C. Membudayakan tata kelola yang baik, bersih, transparan dan akuntabel.
    D. Menjalin kerja sama dengan program studi sejenis, pemerintah dan dunia usaha, sebagai mitra kerja sama dibidang pendidikan dan penelitian yang saling menguntungkan.
  • Profil Lulusan

Lulusan Program Studi D3 Akuntansi mempunyai kualifikasi Diploma, diharapkan dapat bekerja sebagai:

  1. Staff Accounting
  2. Staff Finance
  3. Staf Perpajakan
  4. Pegawai Negeri Sipil dibidang keuangan
  • Gelar Lulusan

Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi dari Program Studi Akuntansi D-III adalah Ahli Madya (A.Md.)

  • Akreditasi Program Studi

Program Studi Akuntansi (D-III) telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.026/BAN-PT/Ak.VI/Dpl-III/XII/2011, tanggal 8 Desember 2011 . SK BAN-PT Nomor 26 dengan masa berlaku sampai dengan 8 Desember 2016.

 Perkuliahan

Akuntansi unj memberikan berbagai mata kuliah yang harus ditempuh seperti : Akuntansi (Pengantar, Menengah & Lanjutan), Perpajakan, Auditing, Perbankan, Manejemen, Kewirausahaan, Ekonomi, dll.

dimana ada peredaran uang dan aktivitas ekonomi maka disitulah dibutuhkan seorang akuntan untuk melakukan pencatatan serta pemeriksaan.

Di Semester 7 prodi Akuntansi terbagi menjadi beberapa program konsentrasi (peminatan) yang terdiri dari Auditing, Perpajakan, Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Manajemen. Dari sini kita bisa melihat prospek kerja dari prodi ini yakni Auditor di Kantor Akuntan Publik, Konsultan Pajak, serta Akuntan Manajemen di Perusahaan. Kamu juga bisa menjadi Akuntan di kantor Pemerintahan.

Seluruh elemen dalam kehidupan bermasyarakat pasti berhubungan dengan uang dan uang. Maka tak heran dimana ada peredaran uang dan aktivitas ekonomi maka disitulah dibutuhkan seorang akuntan untuk melakukan pencatatan serta pemeriksaan. Mulai dari Yayasan, Kantor Pemerintahan, Perusahaan, Lembaga Sosial dan Nirlaba hingga usaha kecil dan menengah pasti berhubungan dengan akuntansi. Oleh karena itu tak heran Prodi ini mendapati peringkat ke-2 sebagai prodi terfavorit dalam SBMPTN 2015 dengan total peminat sebesar 3.053 calon mahasiswa dengan peluang masuk hanya 0,79%. Dan tak sedikit pula banyak mahasiswa lintas minat (Saintek) yang menyebrang juga ke Prodi Akuntansi unj ini.

Komentar Kamu?